4 CARA MENGATASI PERUT GATAL SAAT HAMIL

Bagaimana cara mengatasi perut gatal saat hamil? Sebelum menjawab pertanyaan ini, Bunda harus tahu dulu tentang penyebab perut gatal pada ibu hamil. Menjalani kehamilan memang salah satu momen yang menyenangkan. Perubahan yang terjadi dalam diri seorang wanita yang hamil sering membuat terkejut. Salah satunya perubahan yang cukup sering dialami saat hamil antara lain perut & payudara yang tambah membesar, kaki mengalami bengkak hingga gatal di beberapa bagian tubuh.

Yang sering menjadi keluhan ibu hamil lainnya adalah bagian perut yang gatal. Penyebab perut gatal pada ibu hamil ini biasanya adalah karena pemuaian kulit. Hal tersebut karena area perut secara alami akan tambah membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan Bunda. Perubahan tersebut disebabkan oleh hormon pada masa hamil yang juga menjadi salah satu sebab gatal di bagian perut. Yuk, simak 4 cara mengatasi perut gatal saat hamil di bawah ini.

cara mengatasi perut gatal saat hamil

Tips mengatasi perut gatal saat hamil
(Image: www.schweigerderm.com)

Gunakan minyak zaitun

Gatal pada kulit perut ibu hamil bisa disebabkan oleh kulit kering atau kulit yang memuai, manfaatkanlah minyak zaitun dengan mengoleskannya di area yang gatal. Minyak zaitun ini membantu Bunda untuk melembabkan kulit perut yang kering dan membantu untuk membuat nyaman kulit yang gatal.

Hindari mandi air panas

Kulit perut ibu hamil yang sedang mengalami pemuaian ini biasanya kering & jadi hilang kelembabannya. Maka hindarilah mandi dengan air memakai hangat yang cenderung panas. Meskipun rasanya akan lebih nyaman, sebaiknya bunda hindari mandi dengan memakai air panas. Selesai mandi, sebaiknya selalu oleskan lotion pada seluruh tubuh, termasuk di area tubuh yang sering terasa gatal.

Kompres dengan es batu

Tubuh Bunda terasa panas dan kulit menjadi gatal, istirahatlah di tempat yang teduh & nyaman, kemudian kompreslah bagian tubuh yang terasa gatal dengan memakai es atau air es yang telah dimasukkan ke dalam wadah. Diamkan dulu sejenak sampai rasa gatalnya  hilang.

Gunakan baju yang tepat

Ibu hamil kebanyakan mudah berkeringat, maka pilihlah pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Gunakan baju yang nyaman dan agak longgar, kain yang berbahan katun mampu menyerap keringat dengan lebih baik. Lihat juga: 23 Makanan Yang Buruk Untuk Kehamilan.

Itulah beberapa cara mengatasi perut gatal saat hamil. Jika beberapa tips tersebut sudah dilaksanakan namun tetap saja Bunda merasa gatal, apalagi sampai menimbulkan ruam, sebaiknya segera periksakan ke dokter ya.

Related Post "4 CARA MENGATASI PERUT GATAL SAAT HAMIL"

5 GERAKAN SENAM HAMIL 7 BULAN UNTUK CALON IBU
5 gerakan senam hamil 7 bulan ini
JANIN USIA 7 BULAN: POSISI, GERAKAN, TIPS & VIDEO
Sekarang janin usia 7 bulan berada dalam
JADWAL USG KEHAMILAN UNTUK PERIKSA KANDUNGAN
Pastikan Bunda mengetahui jadwal USG kehamilan untuk
MANFAAT BABYMOON BAGI IBU HAMIL & WAKTU YANG PAS
Apa pentingnya serta apa manfaat babymoon bagi