JANIN USIA 7 BULAN: POSISI, GERAKAN, TIPS & VIDEO

Sekarang janin usia 7 bulan berada dalam kandungan Bunda atau ia sudah bersama Bunda selama 28 minggu lamanya. Perkembangan si calon bayi pun terjadi dengan cukup cepat. Dari fase zygote, fase embrio hingga janin, semuanya telah dijalani janin 7 bulan di dalam kandungan Bunda.

 

Perubahan bentuk fisik dari janin juga terjadi dengan drastis. Dari yang awalnya tampak tak ubahnya sebagai organisme sel tunggal, berubah menjadi gumpalan sel, kemudian menjadi organisme kecil & yang terakhir berwujud sebagai bayi manusia. Di minggu ke 28 atau janin usia 7 bulan ini tampak seperti apa ya?

 

Dilansir dari web baby2see.com, dijelaskan bahwa janin 7 bulan dalam kandungan Bunda sudah berwujud sebagai bayi manusia. Ekor yang dulunya dimiliki embrio pada saat usia kandungan masih belasan minggu telah hilang selamanya. Proporsi anatomi si kecil juga semakin membaik. Ukuran kepalanya sekarang tidak lebih besar dari badannya & kaki janin pun tidak lebih panjang dari tangannya. Bagian alis, bulu mata & rambut tumbuh pada wajah dan juga kepala janin. Meskipun rambutnya mulai tumbuh di minggu sebelumnya, namun rambut janin usia 7 bulan ini tampak lebih menutupi bagian kulit kepala si kecil.

Janin Usia 7 Bulan: Posisi, Gerakan, Tips & Video

Image: crosswalk.com

Gigi susu janin 7 bulan juga sudah tumbuh pada gusi mungilnya. Semuanya berkat pertumbuhan jaringan tulang dan juga otot pada bayi, yang didukung dengan asupan protein & kalsium dari Bunda.

Janin usia 28 minggu juga sudah punya indra yang hampir lengkap. Seperti indra perasa, penglihatan & pendengarannya bisa berfungsi serta digunakan oleh janin. Dia sudah bisa mengenali suara-suara yang terdengar di luar rahim, si kecil juga sudah mengetahui perbedaan yang terdapat di antara suara itu. Dia pun kini bisa lebih peka terhadap cahaya, meskipun retinanya baru saja terbentuk.

 

Salah satu perkembangan yang pesat dalam tubuh janin usia 28 minggu ini terjadi pada sistem saraf pusatnya, terutama pada bagian otak. Dan bagian otak bayi yang mengalami perkembangan paling pesat tersebut adalah yang bertugas mengelola proses penyampaian informasi di bagian organ pendengaran & penglihatan. Jutaan sel-sel saraf barunya juga mengisi seluruh bagian otak di usia ini.

 

Pada akhir bulan ke 7 ini, calon bayi Bunda sudah mampu mengenali & membedakan suara Bunda dan suara anggota keluarga lain. Kelopak matanya sudah ditumbuhi bulu mata juga telah mampu membuka & menutup. Hebatnya lagi, bola mata calon buah hati Bunda sudah dapat berfungsi untuk melihat. Bila Bunda berdiri di tempat yang cukup terang, dia bisa melihat siluet berbagai benda di sekitar tubuh Bunda. Menakjubkan bukan?

 

Janin usia 28 minggu ini beratnya belum setengahnya dari berat badan nanti saat dia lahir ke dunia, namun berat badan buah hati Bunda akan berkembang dengan pesat. Hingga pada usia 7,5 bulan atau usia 30 minggu, panjang janin sudah mencapai sekitar 26,5 cm dan beratnya sudah mencapai 1,4 kg. Tengkorak janin masih sangat tipis & halus, serta mulai berkembang & membentuk alur juga liukan seperti otak orang de-wasa.

 

Tips Kehamilan 7 Bulan

Memasuki usia kehamilan di trimester ketiga ini, tepatnya memasuki usia 7 bulan, Bunda perlu memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi lain untuk janin dalam kandungan Bunda. Makanan yang baik untuk kehamilan 7 bulan atau awal trimester ketiga ini tidak lagi sama dengan asupan makanan untuk kehamilan trimester kedua seperti telur, alpukat & yogurt. Memasuki usia kehamilan 7 bulan ini, dalam laman huffingtonpost.ca dijelaskan bahwa Bunda sebaiknya mengganti konsumsi dengan banyak makan pepaya, kacang & lemak ikan.

 

Buah pepaya punya banyak kandungan vitamin C, folat, potasium & serat. Selain itu, mengonsumsi buah pepaya di trimester ketiga ini akan membantu mengurangi rasa mulas yang akan Bunda dapatkan saat kehamilan memasuki usia 7 bulan. Saat akan memakan pepaya, pilihlah buah pepaya yang benar-benar telah matang, karena getah buah pepaya yang belum matang dapat menyebabkan terjadinya kontraksi pada perut Bunda.

 

Mulai memasuki usia kehamilan 7 bulan ini umumnya para calon ibu akan merasa sedikit tidak nyaman ketika tidak beraktivitas. Karenanya, mengonsumsi camilan bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengalihkan perhatian. Camilan kacang-kacangan seperti kacang almond, walnut, pistachio atau kacang menta bisa menjadi pilihan tepat bagi Bunda karena kacang-kacangan ini memiliki kandungan lemak baik yang cukup banyak & juga sumber protein untuk janin.

 

Selain kacang & pepaya, Bunda perlu juga memenuhi kebutuhan minyak ikan di masa hamil. Bunda bisa mengonsumsi enam ons ikan tuna tiap minggunya. Penting juga untuk diperhatikan agar tidak melebihi batasan ini, karena dikhawatirkan ikan laut bisa saja tercemar mercury yang bahaya bagi bayi. Lihat juga: 16 Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil, Penting!!

 

Video Gerakan Janin 7 Bulan

Memantau gerakan janin 7 bulan ini sangat penting untuk mendeteksi ketidaknormalan pada bayi Bunda. Biasanya, pada janin usia 7 bulan, pergerakannya sudah mulai sering terjadi, seakan akan dia bisa menendang-nendang perut Bunda. Perhatikan jika tiba-tiba janin Bunda mendadak tidak aktif bergerak lagi seperti biasanya, karena mungkin saja itu bisa menjadi tanda dia mengalami gangguan kesehatan.

 

Lain lagi jika dia tidak begitu aktif bergerak saat usia kehamilan memasuki minggu ke-36 hingga menjelang lahiran, Bunda tidak perlu khawatir. Sebab pergerakan janin di usia tersebut memang akan sedikit melambat seiring dengan pertumbuhannya di dalam kandungan. Berikut ilustrasi video gerakan janin 7 bulan dalam kandungan:

 

Posisi Janin 7 Bulan

Bunda tidak perlu khawatir jika hasil USG menunjukkan bahwa posisi bayi 7 bulan dalam kandungan Bunda kepalanya belum dibawah, karena letak atau posisi janin 7 bulan ini masih terlalu dini untuk disebut sungsang, hal itu karena posisi bayi 7 bulan dalam kandungan masih dapat berubah-ubah.

 

Perlu Bunda ketahui, bahwa selama masa kehamilan, janin dalam kandungan akan berputar dan sering mengubah posisi. Barulah setelah usia kehamilan antara 32-36 minggu bayi akan menetap karena sebagian tubuhnya sudah mulai memasuki panggul.  Oleh sebab itu, jika posisi janin 7 bulan Bunda menurut hasil USG kepalanya masih di atas tidak perlu khawatir, kemungkinan bayi untuk kembali ke posisi normal (bagian kepalanya di bawah) masih memungkinkan. Lakukanlah kegiatan seperti biasanya, cukup istirahat, konsumsi makanan yang mencukupi kebutuhan gizi serta perbanyak posisi sujud. Lihat juga: 7 Ciri Kehamilan Bunda Sehat & Normal.

 

Nah itulah beberapa informasi terkait janin usia 7 bulan dalam kandungan Bunda. Semoga di usia kehamilan 7 bulan ini Bunda dan si kecil dalam kandungan tetap sehat, hindari stres dan aktifitas berat yang menimbulkan kecapekan ya serta mulai banyak membaca dan menggali informasi tentang persiapan persalinan.

Tags: Bayi Dalam Kandungan Ibu Hamil

Related Post "JANIN USIA 7 BULAN: POSISI, GERAKAN, TIPS & VIDEO"

JADWAL USG KEHAMILAN UNTUK PERIKSA KANDUNGAN
Pastikan Bunda mengetahui jadwal USG kehamilan untuk
MANFAAT BABYMOON BAGI IBU HAMIL & WAKTU YANG PAS
Apa pentingnya serta apa manfaat babymoon bagi
17 TANDA TANDA MAU MELAHIRKAN SUDAH DEKAT
Bagaimana tanda tanda mau melahirkan sudah dekat