JADWAL USG KEHAMILAN UNTUK PERIKSA KANDUNGAN

Pastikan Bunda mengetahui jadwal USG kehamilan untuk periksa kandungan agar kondisi janin selalu terpantau. Teknologi kedokteran sekarang semakin canggih & membuat Kita semakin mudah memeriksakan kesehatan, terutama saat Anda sedang hamil. Seperti IUGR atau Intra uterine growth retardation (gangguan pada janin selama kehamilan) bisa diketahui dengan anamnesis, yaitu pemeriksaan kondisi ibu.

Dan yang di masa kini sudah tidak asing lagi jika Kita mendengar para ibu hamil melakukan pemeriksaan USG kehamilan dan juga pemeriksaan CTG (alat untuk dapat menghitung pola dari denyut bayi dalam kandungan dengan kontraksi rahim).

“Contohnya, apabila janin kekurangan oksigen maka terdapat gambaran berupa denyut jantung janin dalam kandungan yang terganggu,” kata Dr Irvan Adenin SpOG(K), seorang Konsultan Fetomaternal di RSAB Harapan Kita Jakarta kepada laman Vemale.com.

jadwal USG kehamilan untuk periksa kandungan

Image: momwoot.com

Dr. Ivan juga menjelaskan bahwa hadirnya alat USG kehamilan merupakan salah satu temuan yang luar biasa dan sangat bermanfaat di dalam dunia kedokteran. Terobosannya setara dengan penemuan antibiotik. USG kehamilan mengubah paradigma di dalam praktek kedokteran sehari-hari. “Kelainan bawaan pada bayi yang bisa dideteksi dengan memakai USG saat periksa kehamilan adalah pertumbuhan janin terhambat (PJT) sampai prediksi terjadinya preeklampisia,” tambahnya.

Lalu kapan USG kehamilan ini dilakukan? Dr. Ivan menjelaskan minimal tiga kali selama mengandung Anda sebaiknya periksa kehamilan dengan USG. Pertama pada saat trisemester pertama (tepatnya pada minggu 6-24). Tujuan periksa kehamilan dengan USG di trimester pertama ini untuk mengetahui berapa usia kehamilan Anda secara akurat. Perlu Bunda ketahui, haid terakhir tidak bisa menjadi patokan yang akurat bagi usia kehamilan.

USG yang kedua dilakukan pada saat usia kehamilan 18 hingga 24 minggu. Di masa kehamilan trimester kedua ini, tepat bagi Anda untuk mengetahui ada atau tidaknya kecacatan janin. Di minggu ini juga bisa dilakukan teknik measure blood flow to the uterus (tekanan aliran darah ke dalam rahim) untuk bisa melihat risiko terjadinya gangguan tumbuh kembang janin & risiko preeklamsia.

USG yang ketiga, yaitu di minggu 32 hingga 34 untuk dapat memastikan manifestasi pertumbuhan janin Anda. Di periode ini, apabila kondisi pembuluh darah calon ibu sudah menyempit sejak masa sebelum hamil, barulah akan muncul manifestasi gangguan. Hal tersebut karena di usia kehamilan awal, belum muncul kebutuhan besar besaran dari janin dalam kandungan sehingga kehamilan Anda akan nampak baik-baik saja.

Tetapi pada minggu ke 33-34, pertumbuhan bayi dalam kandungan tengah mencapai kecepatan maksimal & janin Anda membutuhkan nutrisi di dalam jumlah banyak. Apabila pembuluh darah ke rahim Anda menyempit, ibu hamil biasanya akan mulai mengalami berbagai keluhan, diantaranya seperti sesak napas, dan gangguan pada pertumbuhan janin bisa terdeteksi. Lihat juga: Ini Dia 7 Tanda Kehamilan Yang Normal & Sehat.

Nah itulah 3 jadwal USG kehamilan untuk periksa kandungan. 3x ini untuk minimal dan pada kondisi normal saja ya Bun, adapun untuk lebih lengkapnya Bunda bisa langsung tanya kepada dokter yang melakukan USG untuk jadwal selanjutnya saat periksa kehamilan. Karena kondisi kandungan setiap Bunda mungkin berbeda, dan itu hanya bisa diketahui oleh dokter yang memeriksa. Biasakan untuk banyak bertanya pada dokter agar bisa mengetahui gambaran kondisi si kecil dalam kandungan.

Tags: Bayi Dalam Kandungan Ibu Hamil

Related Post "JADWAL USG KEHAMILAN UNTUK PERIKSA KANDUNGAN"

MANFAAT BABYMOON BAGI IBU HAMIL & WAKTU YANG PAS
Apa pentingnya serta apa manfaat babymoon bagi
17 TANDA TANDA MAU MELAHIRKAN SUDAH DEKAT
Bagaimana tanda tanda mau melahirkan sudah dekat
8 MAKANAN BUAT IBU HAMIL BIAR BAYI PINTAR & CERDAS
Ada beberapa makanan buat ibu hamil biar