17 TANDA TANDA MAU MELAHIRKAN SUDAH DEKAT

Bagaimana tanda tanda mau melahirkan sudah dekat pada akhir masa kehamilan? Sebagian besar wanita hamil, khususnya yang baru saja akan punya momongan pertama kali biasanya agak cemas dalam mengenali bagaimana tanda tanda persalinan sudah dekat. Kehamilan yang normal biasanya berlangsung antara 38 sampai 42 minggu lamanya, namun hanya lima persen bayi yang lahirannya sesuai jadwal.

Sebagian Bunda yang sudah pernah hamil serta melahirkan sebelumnya saja kadang masih bingung untuk dapat mendeskripsikan apa saja tanda tanda akan melahirkan. Ini dikarenakan banyak tanda tanda melahirkan yang mudah disalah artikan. Misalnya saja pada saat merasa ada kram di perut, ini merupakan tanda kontraksi atau hanya efek dari makan bakso pedas semalam? Apakah ini adalah air ketuban yang pecah ataupun hanya urin?

Saat usia kehamilan Anda sudah memasuki trimester akhir, biasanya ibu hamil akan mengalami beberapa gejala atau tanda tanda mau melahirkan. Namun tidak semua wanita paham dan mengetahui dengan persis tanda tanda melahirkan bayinya sudah dekat. Akibatnya banyak calon ibu yang malah panik duluan disaat mendapati hal-hal tidak biasa saat hamil tua. Jadi, Bunda berikut ini tanda tanda akan melahirkan yang umumnya dialami para calon ibu yang bisa dijadi patokan bahwa Bunda akan melahirkan dalam waktu dekat.

tanda tanda mau melahirkan sudah dekat

Image: sheknows.com

Posisi Bayi Sudah ‘Melorot’

Seperti yang dilansir laman newhealthadvisor.com, sekitar 2 atau 4 minggu sebelum melahirkan, Anda akan merasakan posisi bayi seakan melorot. Posisi kepala janin semakin turun ke bagian panggul. Hal ini jugalah yang akan membuat jadi lebih sering ingin pipis atau buang air kecil. Frekuensi ingin buang ari kecil yang semakin sering dari biasanya merupakan tanda tanda mau melahirkan yang mudah dikenali.

Kram Perut

Tanda tanda melahirkan semakin dekat waktunya membuat punggung bagian bawah Bunda biasanya akan terasa sakit pada saat trimester akhir. Salah satu yang jadi penyebabnya adalah bobot bayi Anda yang makin berat. Selain itu, sebagian Bunda juga akan merasakan nyeri ataupun kram perut yang ringan dan pendek. Kram ini dinamakan dengan kontraksi Braxton Hicks.

Persendian Tubuh Terasa Lebih Lentur

Tubuh Anda akan memproduksi hormon yang dinamakan dengan relaksin yang dapat membuat ikatan sendi Anda terasa lebih lunak. Sehingga persendian tubuh jadi terasa lebih lentur. Ini sebenarnya merupakan cara alamiah untuk membuat sendi panggul Anda memberi ruang yang cukup agar bayi nantinya lebih mudah keluar. Para calon ibu biasanya akan mengenali salah satu tanda tanda mau melahirkan yang satu ini.

Sering Buang Air Besar

Tanda tanda mau melahirkan lainnya adalah meningkatnya frekuanesi BAB, bahkan mengalami diare. Hormon-hormon yang diproduksi tubuh untuk mempermudah proses jalannya persalinan juga bisa berpengaruh pada sistem pencernaan. Sehingga Bunda mungkin akan lebih sering untuk buang air besar atau sebagian Bunda malah mengalami diare. Cara terbaik untuk dapat mengatasi hal ini adalah dengan cara minum cukup air putih.

Di awal proses kelahiran, tubuh Bunda akan mengeluarkan prostaglandin, ini merupakan senyawa yang terdapat di dalam kelenjar ke-lamin pria & wanita). Senyawa inilah yang  bisa membuat uterus berkontraksi & melunakkan serta melebarkan serviks. Namun perlu diketahui juga bahwa prostaglandin ini menjadi tanda tanda melahirkan sudah dekat karena bisa menstimulasi isi perut & menyebabkan seringnya Anda buang air besar bahkan diare.

Kemungkinan Berat Badan Turun

Di akhir masa kehamilan, berat badan Bunda mungkin akan berhenti bertambah atau malah ada yang turun. Tidak usah panik jika hal itu terjadi. Meskipun berat badan turun karena tubuh Anda semakin aktif & sering buang air besar, namun bayi dalam kandungan kemungkinan beratnya masih akan terus bertambah. Namun tentu saja tidak semua calon ibu mengalami tanda tanda mau melahirkan yang satu ini.

Mulut Rahim Akan Mulai Membuka

Karena tubuh Bunda sedang menyiapkan diri untuk menghadapi persalinan, maka mulut rahim juga akan menipis & mulai membuka. Proses bukaan yang satu ini tidak akan terjadi dengan cepat tanpa adanya kontraksi. Sebaiknya untuk segera menghubungi dokter agar mengetahui apakah Bunda sudah akan segera bersalin atau masih belum.

Tanda tanda akan melahirkan yang paling jelas adalah pembukaan rahim Anda dari mulai fase 1 hingga 10. Fase tersebut ditandai dengan beberapa cm dari ukuran pembukaan mulut rahim seperti pada pembukaan pertama, mulut rahim Anda akan terbuka sebesar 1 cm & seterusnya hingga pembukaan ke 10 sehingga bisa dilewati oleh kepala bayi.

Cairan Keputihan Kental

Beberapa minggu sebelum Anda melahirkan, keputihan yang keluar bisa menjadi lebih kental dari biasanya. Hal ini biasa terjadi pada Anda yang hamil tua dan sudah dekat menuju ke persalinan, meskipun tidak semua calon ibu mengalami tanda tanda melahirkan yang satu ini.

Keluar Lendir Berdarah

Tanda tanda mau melahirkan lainnya adalah Bunda akan mengalami keluarnya lendir yang lengket & bercampur darah. Hal tersebut disebabkan leher rahim Anda dalam proses pembuka.

Selama masa kehamilan, serviks Anda akan menutup & disumbat oleh lendir. Ini merupakan cara alami untuk melindungi janin dalam kandungan dari infeksi. Tapi disaar Anda akan melahirkan, serviksnya akan melebar & melunak. Dan hal inilah yang menyebabkan semua penyumbatnya dikeluarkan.

Ketika pembuluh darah pecah saat serviks terbuka, akan muncul bercak darah. Manurut Dr. Grabowski, apabila hal tersebut terjadi, proses kelahiran Anda bisa terjadi di dalam kurun waktu beberapa jam, hari atau minggu kemudian dikarenakan itu adalah tanda bahwa serviks telah mengalami perubahan.

Apabila gejala ini telah dialami, segeralah ke rumah sakit atau klinik bersalin terdekat dengan membawa semua perlengkapan yang sudah disiapkan ya Bunda.

Semakin Sering Mengalami Kontraksi

Kontraksi ini merupakan salah satu dari tanda tanda mau melahirkan semakin dekat yang paling jelas. Kontraksi yang dirasakan makin kuat & sakit serta akan berlangsung lebih lama dari sebelumnya. Rasa sakitnya tidak hilang sekalipun Anda sudah berubah posisi, bisa menjalar dari area punggung bagian bawah kemudian ke perut bagian bawah & bisa juga menjalar hingga ke kaki.

Ketuban Pecah

Pecah ketuban atau keluarnya air ketuban ini bisa menjadi tanda tanda persalinan sudah dekat. Hanya saja tidak semua ibu hamil mengalami hal ini sebelum tahu bahwa dirinya akan melahirkan. Hanya sekitar 15-25 persen saja calon ibu yang gejala akan melahirkannya tersebut diawali dulu dengan pecahnya air ketuban. Keluarnya air ketuban ini mungkin tidak langsung banyak, bisa jadi cuma sebatas rembesan, karena kepala bayi biasanya akan menghalangi air ketuban untuk keluar di dalam jumlah yang banyak. Apabila gejala ini terjadi, maka segera saja ke rumah sakit, bidan atau klinik bersalin untuk mendapatkan penanganan segera.

Dilansir dari laman parents.com, sekitar 80 persen wanita dapat langsung melahirkan di dalam kurun waktu 12 jam pasca pecah ketuban. Dan jika bayi tidak dapat lahir dalam kurun waktu 12 jam tersebut, biasanya perlu dilakukan induksi untuk dapat mengurangi risiko terjadinya infeksi. Bunda harus peka dengan tanda tanda mau melahirkan yang satu ini.

Nyeri Pada Selangkangan

Salah satu tanda tanda akan melahirkan yang sudah dekat adalah Anda akan merasakan nyeri di bagian selangkangan. Disamping itu, Anda juga akan lebih sering buang air kecil maupun air besar, sakit perut & sering buang angin. Hal tersebut disebabkan oleh tekanan dari kepala bayi yang turun ke area rangka tulang pelvis.

Sakit Punggung Yang Hebat

Ketika akan melahirkan, panggul & tulang belakang Anda mungkin akan terasa sakit. Penyebab dari hal tersebut adalah pergeseran atau pergerakan janin Anda yang menekan tulang belakang.

Sepertiga ibu hamil mengalami tanda tanda persalinan sudah dekat yang dinamakan dengan ‘back labor’ ini, yaitu pada rasa sakit di bagian punggung rasanya sangat menyiksa. Wanita hamil biasanya akan sering merasakan sakit punggung selama masa kehamilannya. Namun jika rasa sakit itu sudah terasa sangat menyiksa & tak tertahankan, ini bisa menjadi salah satu dari tanda tanda mau melahirkan sudah sangat dekat. Lihat juga: 3 Syarat Persalinan Normal Setelah Sebelumnya Operasi Caesar.

Kontraksi Rahim

Apabila memang sudah waktunya, Anda biasanya akan mengalami kontraksi berturut turut selang 5 menit & tidak hilang dalam waktu 1 jam. Tapi kontraksi palsu juga bisa saja terjadi, jadi sebaiknya Bunda lebih jeli & tidak terkecoh. Jika kontraksi itu hanya terasa sejenak kemudian hilang dengan sendirinya, maka mungkin itu bukan pertanda Anda akan melahirkan.

Kay Johnson, seorang bidan & perawat bersertifikasi di Atlanta menjelaskan bahwa biasanya kontraksi Anda rasakan serta menjadi tanda tanda persalinan sudah dekat sekali adalah kontraksi yang seolah-olah Anda merasakan ada sabuk ketat yang mengikat mulai dari daerah punggung serta menyebar hingga ke area bagian depan perut.

Mengenali tanda tanda akan melahirkan tersebut sangat penting bagi para ibu hamil untuk bisa memastikan dalam melakukan antisipasi serta mendapatkan penanganan yang tepat ketika akan melahirkan. Beberapa tanda tanda akan melahirkan lainnya yang melengkapi tanda di atas di saat hamil tua jelang lahiran adalah seperti berikut:

Perut Terasa Mengeras

Perut ibu hamil yang terasa mengeras ini disebabkan oleh calon bayi yang mulai turun ke arah mulut rahim. Disamping itu, rasa mulas yang dirasakan sebagian calon ibu juga membuat perutnya jadi terasa semakin keras.

Gerakan Janin Melambat

Sesaat sebelum merasakan nyeri persalinan, gerakan bayi dalam kandungan Anda akan terasa melambat. Hal itu terjadi karena saat itu janin sedang mengatur posisi kelahirannya. Bunda yang sering merasakan gerakan bayi selama kehamilan akan mengetahui tanda tanda persalinan sudah dekat yang satu ini.

Kondisi psikologis tidak stabil

Sebagian calon ibu yang sudah mulai dekat waktunya pada waktu persalinan terkadang berubah emosinya yang bisa di bilang tidak stabil, gejolak-gejolak energi yang berlebihan ataupun memiliki keinginan untuk bisa menyendiri. Ini wajar saja sebab fase melahirkan tentu membutuhkan kesiapan secara fisik dan juga mental. Namun tanda tanda persalinan sudah dekat yang satu ini tidak dialami semua calon ibu, jika tetap tenang dan selalu mendapat dukungan orang orang sekitar, hal seperti ini bisa dihindari.

Bentuk Tubuh Berubah

Secara alami, dalam hitungan hari atau minggu akan terjadi bentuk tubuh ibu hamil, perubahan pada hormon di saat akan melahirkan yang menjadi penyebabnya. Misalnya bagian tulang kema-luan yang melebar & membuat dasar panggulnya semakin lunak untuk mempermudah jalan lahir bagi janin. Pay-udara Bunda juga tampak bertambah besar karena ASI-nya yang sudah mulai diproduksi.

Saat hamil tua, kita memang harus lebih hati-hati & menjaga diri. Pastikan juga Anda sudah tahu kapan tanggal perkiraan lahiran. Selain itu, selalu pastikan bahwa suami selalu siaga ataupun sudah menyiapkan kontak bidan, klinik atau rumah sakit yang bisa dihubungi saat darurat. Lihat juga: Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan.

Meskipun terasa berat, sebagian besar wanita pasti merasa sangat bahagia ketika hamil. Detik-detik menunggu kehadiran si kecil merupakan moment yang paling membahagiakan sekaligus mendebarkan. Anda juga sebaiknya banyak bertanya kepada para Bunda yang lain yang sudah berpengalaman tentang tanda tanda melahirkan ini, karena pengalaman masing masing yang berbeda akan menjadi masukan yang berharga bagi Anda nantinya.

Semoga tanda tanda mau melahirkan di atas bisa menjadi pengetahuan tambahan bagi Anda. Tetap rajin berkonsultasi ke dokter & selalu mengonsumsi makanan bergizi serta multivitamin yang diberikan dokter atau bidan ya agar sang bayi Anda mendapat asupan terbaik.

Tags: Ibu Hamil

Related Post "17 TANDA TANDA MAU MELAHIRKAN SUDAH DEKAT"

8 MAKANAN BUAT IBU HAMIL BIAR BAYI PINTAR & CERDAS
Ada beberapa makanan buat ibu hamil biar
23 PANTANGAN MAKANAN YANG DILARANG UNTUK IBU HAMIL
Perhatikan selalu tentang 23 pantangan makanan yang
INGIN MELAHIRKAN NORMAL SETELAH OPERASI CAESAR? INI SYARATNYA!
Ingin melahirkan normal setelah operasi caesar? 4