8 MAKANAN BUAT IBU HAMIL BIAR BAYI PINTAR & CERDAS

Ada beberapa makanan buat ibu hamil biar bayi pintar yang bisa dikonsumsi, karena memiliki anak yang cerdas tentu merupakan impian semua orang, bukan hanya wanita atau seorang ibu hamil. Untuk memiliki anak yang cerdas, asupan makanan seorang ibu hamil ternyata juga dapat mempengaruhinya. Apabila seorang ibu hamil tidak mengkonsumsi asupan makanan dengan kandungan nutrisi yang tepat, misalnya seperti zat besi, asam folat, vit D dan lain lain, maka terdapat kemungkinan mereka melahirkan bayi yang yang mengalami lemah mental serta memiliki masalah perilaku juga.

Berikut ini adalah beberapa makanan buat ibu hamil biar bayi pintar dan cerdas yang bisa Anda konsumsi selama menjalani kehamilan sebagaimana dilansir oleh boldsky. Pastikan Bunda tidak melewatkan asupan makanan ini.

Ikan

Beberapa jenis ikan seperti ikan salmon, tuna, mackerel & lain-lain kaya dengan kandungan asam lemak omega-3. Ini penting untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan. Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa para ibu hamil yang makan kurang dari 2 porsi ikan per minggunya melahirkan anak dengan IQ rendah jika dibandingkan dengan anak-anak yang dilahirkan dari ibu yang makan setidaknya 2 porsi ikan per minggunya.

makanan buat ibu hamil biar bayi pintar

Makanan ibu hamil muda agar anak cerdas
(Image: kalbe.com.kh)

Telur

Telur kaya akan kandungan asam amino kolin, yang membantu perkembangan otak serta meningkatkan memori pada bayi. Para ibu hamil harus makan telur yang mampu menyediakan setengah dari jumlah harian kolin yang direkomendasikan bagi para ibu hamil. Telur juga diketahui memiliki kandungan protein serta kandungan zat besi yang mampu meningkatkan bobot atau berat badan lahir bayi. Bobot lahir yang rendah juga erat kaitannya dengan menurunnya IQ bayi. Lihat juga: Tabel Berat Badan Janin Normal Dari Minggu Ke Minggu.

Yoghurt

Tubuh Anda bekerja keras dalam pembentukan sel-sel saraf bayi yang terdapat dalam rahim Anda. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki asupan protein tambahan. Anda harus rajin makan makanan yang kaya kandungan protein seperti yoghurt. Yoghurt juga diketahui mengandung kalsium yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Bayam, Ayam Tanpa Lemak & Kacang-kacangan

Ketiga makanan ini kaya akan kandungan zat besi yang membuat bayi Anda menjadi lebih pintar. Zat besi juga membantu untuk mengirimkan oksigen kepada sel-sel otak bayi Anda selama dalam kandungan. Anda juga bisa meminta suplemen zat besi ini kepada dokter kandungan. Contoh makanan yang kaya akan zat besi misalnya kacang-kacangan, daging ayam & sereal.

Blueberry

Buah-buahan seperti halnya blueberry, tomat & kacang merah kaya akan kandungan antioksidan & penting untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Buah ini menjadi makanan buat ibu hamil biar bayi pintar karena akan melindungi jaringan otak bayi dalam kandungan serta membantu dalam perkembangannya.

Vitamin D

Asupan vitamin D juga penting bagi perkembangan otak bayi. Sebuah penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa seorang calon ibu yang tingkat vitamin D-nya kurang dari normal selama menjalani kehamilan berpotensi melahirkan bayi dengan kekuatan otak yang rendah. Anda harus selalu mendapatkan asupan vitamin D termasuk dari paparan sinar matahari pagi.

Yodium

Kekurangan yodium selama masa kehamilan, apalagi pada 12 minggu pertama dapat menyebabkan IQ yang rendah pada anak-anak yang dilahirkan. Bunda harus selalu mengonsumsi garam beryodium selama menjalani kehamilan. Sumber yodium lainnya selain garam ada pada ikan laut, tiram, yoghurt telur dan lain lain, semuanya merupakan makanan ibu hamil muda agar anak cerdas dan pintar.

Asam folat

Asam folat sangat penting dalam proses pembentukan sel-sel otak bayi Anda. Sebuah penelitian ilmiah membuktikan bahwa ibu hamil yang menerima asupan asam folat pada 4 minggu sebelum & 8 minggu setelah kehamilan mempunyai peluang 40 persen risiko lebih rendah melahirkan bayi autis. Sumber asam folat ini misalnya sayuran yang berdaun hijau seperti bayam dan lain-lain.

Anda juga bisa meminta suplemen asam folat ini bersama dengan vitamin B12 pada dokter atau bidan. Makanan yang mengandung asam folat ini merupakan makanan ibu hamil muda agar anak cerdas dan lebih baik lagi jika sudah sering dikonsumsi sejak dalam program kehamilan. Liat juga: 23 Pantangan Makanan Ibu Hamil & Alasannya.

Nah Bunda silahkan konsumsi berbagai makanan buat ibu hamil biar bayi pintar dan cerdas tersebut, Anda juga sebaiknya selalu berkonsultasi secara rutin dengan dokter atau bidan agar kesehatan Bunda dan bayi selalu terpantau dan agar mendapat tambahan suplemen yang dibutuhkan. Tentu saja selain asupan nutrisi yang tepat, Bunda juga harus memperhatikan pendidikan bayi sejak dalam kandungan serta berbagai faktor lainnya seperti lingkungan, mengelola stres dengan baik juga berbagai hal positif lainnya dari kedua calon orang tua.

Tags: Bayi Dalam Kandungan Ibu Hamil

Related Post "8 MAKANAN BUAT IBU HAMIL BIAR BAYI PINTAR & CERDAS"

23 PANTANGAN MAKANAN YANG DILARANG UNTUK IBU HAMIL
Perhatikan selalu tentang 23 pantangan makanan yang
INGIN MELAHIRKAN NORMAL SETELAH OPERASI CAESAR? INI SYARATNYA!
Ingin melahirkan normal setelah operasi caesar? 4
3 PERKEMBANGAN BAYI TRIMESTER PERTAMA KEHAMILAN
3 fase atau tahap perkembangan bayi trimester