INGIN MELAHIRKAN NORMAL SETELAH OPERASI CAESAR? INI SYARATNYA!

Ingin melahirkan normal setelah operasi caesar? 4 syarat ini penting untuk Bunda ketahui. Melahirkan secara normal memang menjadi impian bagi sebagian besar para ibu hamil. Namun benarkah seorang wanita bisa melewati persalinan dengan normal setelah sebelumnya ia menjalani proses melahirkan dengan jalan operasi cesar?

Jawabannya akan tergantung dengan masalah atau kodisi medis yang dihadapi. Mungkin Kita juga sering mendengar cerita para ibu yang mampu melahirkan dengan cara normal setelah ia sebelumnya melakukan operasi caesar. Proses kelahiran demikian ini disebut juga dengan istilah VBAC atau vagi-nal birth after c-section, yaitu proses persalinan secara normal setelah sebelumnya melakukan operasi cesar.

melahirkan normal setelah operasi caesar

Image: dailytelegraph.com.au

Risiko utama wanita dengan VBAC ini adalah pecah rahim, yaitu kondisi sayatan bekas operasi caesar-nya akan terbuka kembali saat melakukan persalinan. Dokter di saat ini lebih hati-hati sebelum mereka memberikan rekomendasi VBAC pada para calon ibu.

Untuk saat ini, kasus VBAC sendiri masih sedikit dilakukan. Akan teapi kebanyakan kasusnya kerap berlangsung sukses. Bukan hanya itu, bahkan tingkat keberhasilan VBAC juga antara 60 – 80 persen. Atau sekitar dua per tiga  ibu hamil yang sebelumnya sudah pernah melakukan persalinan dengan jalan operasi cesar sangat memungkinkan untuk melakukan VBAC. Namun tentu saja hanya dokter saja yang boleh menentukan hal tersebut. Ada 4 syarat seorang wanita yang ingin melahirkan normal setelah operasi caesar pada persalinan sebelumnya. Ini merupakan faktor medis yang biasa dijadikan pertimbangan para dokter sebelum calon ibu melakukan VBAC.

Apa jenis sayatan operasi caesar  Bunda?

Ada tiga macam sayatan yang sering digunakan di dalam operasi caesar, yaitu melintang rendah (sayatan pada saat operasi caesar dibuat dari sisi ke sisi pada bagian bawah rahim), sayatan seperti ini adalah jenis yang paling sering digunakan saat operasi caesar. Yang kedua adalah sayatan vertikal rendah (yaitu bagian atas & bawah yang dilakukan di bagian bawah rahim), dan yang ketiga adalah jenis sayatan tinggi vertikal atau disebut juga sayatan ‘klasik ​​(arahnya dari bagian atas ke bawah & dibuat di bagian atas dari rahim).

Sayatan jenis klasik ini adalah yang paling memungkinkan untuk pecah, jadi wanita yang memiliki bekas sayatan seperti ini biasanya disarankan dokter untuk tidak melakukan VBAC. Para calon Bunda yang akan melakukan persalinan VBAC adalah mereka yang mempunyai sayatan melintang rendah.

Apa alasan operasi caesar sebelumnya?

Apabila alasan Bunda melakukan operasi caesar adalah karena bayi yang dikandung berposisi sungsang ataupun karena detak jantungnya yang tidak teratur, maka Bunda memiliki peluang untuk melakukan persalinan VBAC tanpa terjadi komplikasi.

Namun apabila alasan Bunda melakukan persalinan caesar tersebut karena bagian leher rahim yang tidak melebar atau karena kepala bayi Anda yang tidak turun, maka kesempatan di persalinan berikutnya untuk melahirkan normal cukup rendah.

Seberapa sehat Bunda dan bayi?

Apabila kesehatan bayi Bunda ternyata tidak stabil atau mungkin memiliki komplikasi, maka dokter mungkin tidak akan merekomendasikan persalinan normal. Kondisi kesehatan Bunda juga tentu akan diperhitungkan. Memiliki diabetes & tekanan darah tinggi bisa membuat melahirkan normal setelah operasi caesar atau VBAC menjadi berisiko tinggi.

American College of Obstetricians & Gynecologists (ACOG) mensyaratkan kepada setiap dokter kandungan yang pernah melakukan Caesar untuk hadir di dalam setiap kelahiran VBAC. Dengan alasan tersebut, kelahiran di rumah sendiri juga tidak dianjurkan bagi para ibu yang ingin mencoba melahirkan normal setelah operasi caesar pada persalinan sebelumnya. Lihat juga: 7 Tanda Kehamilan Anda Saat Ini Normal & Sehat.

Berapa kali pernah melakukan caesar?

VBAC atau melahirkan normal setelah operasi caesar pada persalinan sebelumnya akan aman untuk para Bunda yang baru sekali saja melakukan operasi caesar. Meskipun ada beberapa ibu yang pernah beberapa kali melakukan persalinan dengan operasi caesar mau mencoba VBAC, namun akan sulit untuk menemukan seorang dokter yang mau menanganinya dikarenakan terlalu berisiko.

Itulah 4 syarat melahirkan normal setelah operasi caesar pada persalinan sebelumnya. Sebelum Bunda siap untuk melakukan VBAC, sangat penting bagi Bunda untuk menyadari beberapa risiko yang menyertainya. Perlu diingat pula bahwa VBAC ini dapat meningkatkan risiko terjadi komplikasi, misalnya seperti terjadinya rahim endometritis ataupun disebut peradangan sementara, kondisi ini merupakan iritasi yang bisa terjadi pada lapisan rahim & menyebabkan timbulnya berbagai luka baru dikarenakan pecahnya rahim. Akan tetapi, kabar baiknya adalah munculnya komplikasi tersebut cukup jarang terjadi. Bahkan, sebuah penelitian ilmiah mengenai VBAC paling besar yang pernah dilakukan membuktikan bahwa risiko terjadinya komplikasi yang serius selama VBAC ini hanya 1 berbanding 2.000.

Tags: Ibu Hamil

Related Post "INGIN MELAHIRKAN NORMAL SETELAH OPERASI CAESAR? INI SYARATNYA!"

8 MAKANAN BUAT IBU HAMIL BIAR BAYI PINTAR & CERDAS
Ada beberapa makanan buat ibu hamil biar
23 PANTANGAN MAKANAN YANG DILARANG UNTUK IBU HAMIL
Perhatikan selalu tentang 23 pantangan makanan yang
3 PERKEMBANGAN BAYI TRIMESTER PERTAMA KEHAMILAN
3 fase atau tahap perkembangan bayi trimester