16 MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL & NUTRISI PENTINGNYA

16 makanan sehat untuk ibu hamil & nutrisi yang penting bagi janin ini seharusnya Bunda tidak lewatkan untuk dipenuhi.  Kehamilan tentu saja punya dampak pada kesehatan fisik serta mental seorang calon Bunda. Untuk itu, dibutuhkan berbagai  asupan gizi yang memadai dari makanan yang dikonsumsi, baik untuk kesehatan sang ibu hamil dan juga guna memelihara tumbuh kembang si janin yang berada di dalam kandungannya.

Sebaiknya calon Bunda tidak sembarangan mengonsumsi makanan, apalagi junk food. Pilihlah makanan makanan yang mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan Bunda dan janin. Berikut contoh 16 makanan sehat untuk ibu hamil & nutrisi penting yang terkandung didalamnya untuk kesehatan janin serta kesehatan calon ibu.

Sayuran Hijau

Sayuran yang memiliki daun hijau tua seperti halnya daun bayam dan kangkung merupakan beberapa sumber nutrisi penting seperti zat besi, folat, serat & juga vitamin C. Kehamilan akan membuat seorang wanita menjadi kurang akan zat besi. Asupan sayur sayuran seperti bayam dapat membantu seorang calon  ibu untuk mengatasi terjadinya kekurangan zat besi tersebut.

Makanan sehat untuk ibu hamil

Image: lindanieuws.nl

Selain itu, serat pada sayuran dapat membantu seorang calon ibu untuk mencegah terjadinya sembelit. Disamping itu, kandungan vitamin C pada sayuran berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi seorang ibu hamil. Sedangkan kandungan folatnya sangat diperlukan untuk proses tumbuh kembang si bayi yang berada di dalam kandungan.

Nasi Merah

Nasi merah ini cukup kaya dengan kandungan serat, zat besi serta vitamin B. Selain itu, nasi merah juga terbukti cukup rendah indeks glikemiknya & mampu membantu para ibu hamil agar dapat merasakan kenyang lebih lama. Kelompok vitamin B ini merupakan nutrisi ibu hamil yang sangat penting & diperlukan untuk menjaga kesehatan pada sistem saraf & produksi sel-sel darah merahnya. Pada saat sedang hamil, volume darah calon ibu biasanya akan bertambah sedikitnya 40 persen.

Strawbery

Buah beri yang rasanya asam manis ini seringkali disebut sebagai salah satu makanan super karena punya kandungan antioksidan, folat, serat & vitamin C. Antioksidan yang rutin dikonsumsi sebelum & selama kehamilan tentu sangat bermanfaat dalam membantu melindungi bayi Anda dari resiko terjangkit penyakit diabetes tipe 2 atau obesitas.

Ada juga penelitian yang mengaitkan fungsi antioksidan ini dengan penurunan risiko preeklamsia dan juga mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi yang cukup serius yang terjadi pada saat hamil. Memang masih diperlukan cukup banyak studi ilmiah untuk dapat mendukung penelitian tersebut. Namun tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk menambah asupa nutrisi ibu hamil ini dengan mengonsumsi buah strawberi yang rasanya enak dan segar untuk menjaga kesehatan bayi dalam kandungan.

Minyak Ikan

Penting bagi para calon ibu untuk selalu mendapatkan asupan 2 porsi ikan yang cukup kandungan asam lemak omega 3-nya. Asam lemak yang seperti ini dibutuhkan untuk perkembangan mata juga juga sistem saraf janin. Sumber penting asam lemak omega 3 ini terdapat dalam ikan salmon. Jika harganya ternyata cukup mahal, Anda bisa juga memilih makan ikan kembung sebagai alternatifnya.

Namun British Nutrition Foundation telah mengingatkan para ibu hamil agar sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi ikan, karena dikhawatirkan terdapat kandungan polutan yang akan membahayakan kandungan. Lihat juga: Tabel Berat Badan Ibu & Janin Yang Normal Setiap Minggunya.

Pisang

Buah merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil yang memiliki kandungan potassium yang dibutuhkan untuk mengatasi penahanan cairan yang sering membuat kaki ibu hamil jadi bengkak & kram. Pisang juga mempunyai kandungan serat & gula yang dirilis dengan perlahan sehingga akan membuat para ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Serat pada pisang juga sangat baik untuk dapat mencegah sembelit. Jadi, sebaiknya calon ibu jangan melewatkan pisang untuk camilan sehat selama hamil. Harganya terjangkau dan mudah didapat juga bukan?

Daging Merah

Daging merah tanpa lemak menjadi makanan sehat untuk ibu hamil karena menjadi sumber zat besi yang dibutuhkan agar para calon ibu agar tidak terkena anemia. Daging merah juga menjadi salah satu sumber protein. Yang harus Bunda hindari saat hamil adalah mengkonsumsi hati, karena hati diketahui memiliki kandungan retinol yang lumayan tinggi. Retinol ini merupakan bentuk vitamin A yang dinilai para ahli berbahaya untuk calon bayi.

Buah Kiwi

Kiwi merupakan salah satu buah yang punya kandungan vitamin C lebih tinggi jika dibandingkan buah jeruk sekalipun. Buah kiwi menjadi nutrisi ibu hamil yang baik karena kaya akan antioksidan serta kaya kandungan folat. Keduanya memang sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Ubi

Ubi memang enak disantap walaupun caranya hanya dengan dibakar ataupun hanya direbus. Ubi cukup kaya dengan kandungan antioksidan, vitamin B, C & serat. Selain itu, ubi juga menjadi sumber karbohidrat sehat dan membuat calon ibu akan merasa kenyang lebih lama. Serat yang terdapat pada ubi juga diperlukan para ibu hamil untuk mencegah terjadinya sembelit. Lihat juga: Ini Dia 4 Manfaat Luar Biasa Buah Melon Untuk Wanita Hamil.

Yoghurt

Yoghurt adalah makanan sehat untuk ibu hamil karena rendah lemak & kaya kandungan vitamin D atau kalsium. Seorang ibu hamil memerlukan sekitar 1000 mg kalsium per harinya. Kenapa? Sebab bayi membutuhkan banyak kalsium sebagai penunjang perkembangan tulangnya yang sehat.

Kacang Merah & Brokoli

Makanan sehat untuk ibu hamil ini sangat baik dikonsumsi untuk membantu perkembangan bayi Anda. Kacang merah bukan cuma mengandung banyak serat, namun juga zat besi. Nah, zat besi ini sangat penting sekali untuk perkembangan sel sel darah merah janin.

Bagaimana dengan brokoli? Brokoli diketahui mengandung banyak air dan juga vitamin B, yang mampu membantu mempertahankan serta membentuk sel-sel baru. Nutrisi ibu hamil ini juga berfungsi untuk mencegah bayi agar tidak lahir cacat.

Ayam & Telur

Makanan sehat untuk ibu hamil ini mampu memenuhi kebutuhkan protein pada ibu hamil. Asupan protein yang cukup dibutuhkan untuk menjaga jaringan otot calon ibu dan si bayi agar tumbuh dengan baik. Telur juga adalah salah satu asupan makanan sehat yang kaya dengan vitamin D dan penting dalam mempertahankan metabolisme yang sehat serta penyerapan nutrisi.

Namun meskipun sehat, sebaiknya Anda jangan terlalu sering atau terlalu banyak dalam mengonsumsi telur ini ya, seminggu 1-2 butir rasanya sudah cukup untuk Anda konsumsi.

Oat Atau Gandum

Gandum sangat kaya dengan kandungan karbohidrat kompleks, ini bisa membuat seseorang merasa kenyang. Dan ternyata, makanan sehat ini juga terbukti mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Jadi, para ibu hamil sebaiknya mengonsumsi oat ini sebagai makanan pokok pengganti nasi. Karena memang lebih sehat & rendah lemak, setidaknya disantap saat Anda sarapan.

Minyak Zaitun

Minyak ajaib yang satu ini merupakan nutrisi ibu hamil yang baik karena sangat kaya akan kandungan lemak tak jenuh dan juga vitamin E. Para ibu hamil bisa menambahkannya ke dalam salad ataupun sebagai pengganti dari minyak goreng.

Susu skim

Jenis susu yang satu ini sangat kaya akan kandungan protein. Selain itu, susu juga diketahui mengandung banyak kalsium serta vitamin B12. Semua itu merupakan nutrisi ibu hamil yang sangat dibutuhkan. Baca juga: 7 Tanda Ini Menjadi Bukti Bahwa Kehamilan Anda Normal & Sehat.

Itulah 16 makanan sehat untuk ibu hamil & nutrisi pentingnya. Ibu yang sehat tentu akan melahirkan bayi yang sehat juga. Makanan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Selama menjalani masa kehamilan, pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan-makanan sehat yang baik bagi perkembangan janin.

Tags: Ibu Hamil

Related Post "16 MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL & NUTRISI PENTINGNYA"

3 PERKEMBANGAN BAYI TRIMESTER PERTAMA KEHAMILAN
3 fase atau tahap perkembangan bayi trimester
4 EFEK POSITIF MUSIK KLASIK UNTUK IBU HAMIL
4 Efek musik klasik untuk ibu hamil
4 MANFAAT BUAH MELON UNTUK IBU HAMIL, LUAR BIASA!
4 manfaat buah melon untuk ibu hamil
13 OBAT BATUK UNTUK IBU HAMIL YANG AMAN & ALAMI
13 obat batuk untuk ibu hamil yang