10 PENYEBAB TELAT HAID & DATANG BULAN TIDAK TERATUR

Setidaknya ada 10 penyebab telat haid & datang bulan tidak teratur yang harus para wanita ketahui. Karena orang banyak yang berpikiran jika sudah telat datang bulan, maka itu merupakan ciri ciri kehamilan & mengira itu menjadi kabar baik bagi pasangan yang sedang menjalani program hamil. Namun hal tersebut sekaligus juga menjadi rasa khawatir tersendiri bagi para wanita yang sedang menunda untuk tidak hamil dulu atau menunda kehamilannya. Jadi Anda tidak perlu langsung panik jika mengalami telat datang bulan, apalagi jika saat ini sedang menunda kehamilan.

Ada beberapa diantara penyebab terlambat datang bulan ini yang merupakan gejala penyakit tertentu & Anda harus segera memeriksakannya ke dokter serta ada juga penyebab terlambat datang bulan yang tidak berbahaya. Berikut ini adalah 10 penyebab telat haid yang harus diketahui dan ini juga yang sering menjadi penyebab haid tidak teratur datangnya.

10 penyebab telat haid & datang bulan tidak teratur

Image: toirahruv.com

Berat badan turun drastis

Penurunan berat badan pada seorang wanita yang terjadi secara drastis bisa mengganggu pada kelancaran sirklus mensturasi mereka. Hal tersebut disebabkan sel te’lur wanita tidak mampu untuk berovula-si dengan baik, karena penurunan dari bobot tubuh secara drastis tersebut membuat tubuh seorang wanita tidak mempunyai banyak hormon estro-gen di dalamnya. Ini sering jadi penyebab terlambat datang bulan ataupun membuat haid tidak teratur.

Berat badan naik secara drastis

Selain karena penurunan berat badan, ternyata peningkatan berat badan yang terjadi secara drastis juga bisa menjadi menjadi penyebab menstruasi tidak teratur.

Olahraga secara berlebihan

Olahraga yang dilakukan seorang wanita berlebihan juga diketahui secara medis sebagai salah satu penyebab siklus menstruasi tidak teratur pada seorang wanita. Jadi, sebaiknya Anda berolahraga dengan teratur serta jangan terlalu memaksakan tubuh sendiri secara berlebihan dalam berolahraga.

Sering stres

Apabila Anda termasuk wanita yang sering stres, baik itu disebabkan pekerjaan, rutinitas harian yang membuat jenuh & berulang terus seperti kemacetan sehingga membuat stres dan lainnya atau karena masalah tertentu, maka ada bagian tertentu otak Anda yang fungsinya mengatur siklus haid akan terkena dampaknya. Bagian otak tersebut dinamakan dengan dengan hipotalamus yang ternyata merupakan bagian yang begitu sensitif sekali dengan akibat dari stres.

Jika stress tidak dimanage dengan baik & Anda tidak bisa lepas darinya, maka ini bisa menjadi penyebab telat haid ataupun siklus menstruasi tidak teratur.

Ada masalah dengan tiroid

Kelenjar tiroid seorang wanita yang terletak di bagian leher, selain memiliki fungsi untuk dapat mengatur proses metabolisme tubuh juga memiliki fungsi untuk mengatur beberapa sistem tubuh lainnya. Oleh karenanya, pada saat kelenjar tiroid seseorang bermasalah, sedikit banyak akan berdampak juga terhadap siklus haid. Ini juga dapat menjadi penyebab telat datang bulan ataupun membuat siklus haid tidak teratur pada wanita.

Gangguan pada ovar!um

Gangguan pada ovar!um seperti Polycystic Ovary Symptom atau yang disingkat PCOS bisa menganggu terhadap siklus mensturasi Anda. Hal itu karena PCOS sendiri merupakan masalah pada ketidakseimbangan hormon estrogen, proges-teron & juga testos-teron yang mampu menurunkan ovu-lasi. Hal ini dapat menjadi penyebab terlambat datang bulan meskipun Anda tidak hamil ataupun membuat haid Anda jadi tidak teratur.

Ada penyakit kronis

Penyakit kronis tertentu yang dialami wanita seperti penyakit celiac juga mampu menjadi penyebab terlambat datang bulan. Penyakit celiac ini merupakan penyakit yang biasanya ditandai dengan terjadinya intoleransi gluten.

Akibat KB

Pemakaian alat kontra-sepsi diketahui bisa menimbulkan efek terhadap telat datang bulan. Hal tersebut karena beberapa jenis dari alat kontr-asepsi atau KB terutama seperti KB suntik bisa mengacaukan hormon yang terdapat di dalam tubuh Anda, begitu juga dengan IUD ataupun pil KB.

Bahkan seorang wanita yang sudah berhenti KB bisanya sering mengalami telat datang bulan cukup lama & harus bersabar beberapa bulan jika iingin memiliki anak karena masih terdapat pengendapan sisa dari KB tersebut di dalam tubuh, biasanya hingga 6 bulan. Jika lebih dari 6 bulan setelah lepas KB ternyata Anda masih sering mengalami keterlambatan haid, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Mengalami menopause dini

Menopause adalah suatu kondisi yang biasanya dialami oleh seorang wanita pada usianya yang sudah lebih dari 40 tahun. Namun jika menopause tersebut dialami seorang wanita di bawah usia tersebut, maka bisa menjadi penyebab terlambat datang bulan yang cukup lama ataupun menjadi penyebab siklus haid tidak teratur.

Kehamilan

Untuk yang satu ini tidak perlu penjelasan panjang lebar, karena memang salah satu tanda tanda kehamilan muda pada seorang wanita adalah mengalami telat datang bulan. Nah, jika Anda mengalami terlambat mensturasi selama satu bulan atau lebih namun hasil test alat kehamilannya negatif, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter dan jangan menganggap remeh hal ini agar segera diketahui apa penyebab telat haid yang Anda alami & segera ditangani oleh dokter.

Perlu diketahui bahwa yang dimaksud siklus haid normal pada seorang wanita berlangsung tiap 23 hingga 35 hari, itu berarti apabila siklus haid Anda terjadi dalam setiap 23 hari hingga setiap 35 hari atau boleh kapanpun siklusnya selama ada di antara periode tersebut serta terus terjadi seperti itu di setiap bulannya, maka Anda termasuk wanita dengan siklus haid yang normal. Jika periode haid seorang wanita diluar 23-35 hari, baik itu lebih cepat atu lebih lambat, maka itulah yang dinamakan siklus haid tidak teratur. Lihat juga: Tips Cepat Hamil Meski Haidnya Tidak Teratur.

Itulah 10 penyebab telat haid & datang bulan tidak teratur. Infeksi, trauma serta pengaruh dari obat-obatan tertentu juga sering menjadi penyebab lain pada siklus menstruasi tidak teratur. Hormon tentunya menjadi pemegang peran yang sangat penting dalam mengatur siklus haid Anda. Oleh karenanya, jagalah kesehatan hormon diri sendiri dengan pola hidup sehat & asupan makanan bergizi agar haid tidak teratur tak terjadi pada Anda.

Tags: Ibu Hamil

Related Post "10 PENYEBAB TELAT HAID & DATANG BULAN TIDAK TERATUR"

13 OBAT BATUK UNTUK IBU HAMIL YANG AMAN & ALAMI
13 obat batuk untuk ibu hamil yang
KELUAR FLEK SAAT HAMIL MUDA, BERAPA LAMA NORMALNYA?
Keluar flek saat hamil muda, berapa lama
TABEL BERAT BADAN JANIN & IBU HAMIL MINGGU KE MINGGU
Tabel berat badan janin & ibu hamil
6 CARA MENGHITUNG MASA SUBUR WANITA
Ada 6 cara menghitung masa subur wanita