TABEL BERAT BADAN JANIN & IBU HAMIL MINGGU KE MINGGU

Tabel berat badan janin & ibu hamil yang normal ini mungkin dibutuhkan oleh para Bunda untuk mengetahui seperti apa perkembangan berat badan bayi dalam kandungan serta panjang atau tinggi janinnya. Mungkin saja dulu sebelum Anda menikah ataupun sebelum menjalani masa hamil, Anda yang memiliki berat badan normal ataupun agak sedikit di atas dari batas normal merasa senang di saat berat badannya tetap stabil ataupun mungkin mengalami sedikit penurunan karena hal itu membuat Anda tampak langsing dan menarik.

Namun sebaliknya, jika di saat sedang hamil ternyata berat badan Anda kurang atau berat badan bayi dalam kandungan Anda yang kurang, malah akan membuat Anda merasa agak khawatir bukan? Lantas berapa sih sebenarnya kenaikan berat badan ibu hamil yang normal dari minggu ke minggu selama menjalani kehamilan? Dan berapakah berat janin dalam kandungan Anda dalam kondisi normalnya?

Tabel berat badan janin & ibu hamil

Image: conlatatca.vn

Sebenarnya untuk menghitung atau mengetahui berapa normalnya kenaikan berat badan ibu hamil, Anda harus berpatokan pada berat badan Anda disaat sebelum hamil, apakah Anda termasuk ke dalam kategori wanita yang kurus, ideal, gemuk ataupun bahkan obesitas. Jadi sebelum mengetahui berapa idealnya berat badan Anda di usia kehamilan saat ini, sebaiknya hitung terlebih dulu Body Mass Index (BMI) Anda dengan menggunakan rumus berikut ya:

Kenaikan berat badan saat hamil

Rumus BMI untuk hitung kenaikan berat badan saat hamil

Keterangan:

  • Apabila BMI kurang dari 18,5 kg, maka Anda termasuk wanita yang kurus, kenaikan berat badan yang ideal ketika masa hamil adalah sekitar 12,5-18 kg.
  • Apabila BMI antara 18,5 – 24,9 kg, maka Anda termasuk wanita yang normal, kenaikan berat badan yang ideal ketika masa hamil adalah sekitar 11,5 – 16 kg.
  • Apabila BMI antara 25 – 29,9 kg, maka Anda termasuk wanita yang gemuk, kenaikan berat badan yang ideal ketika masa hamil adalah sekitar 7 – 11,5 kg saja.
  • Apabila BMI 30 kg ataupun lebih, maka Anda termasuk wanita yang obesitas, kenaikan berat badan yang ideal ketika masa hamil adalah sekitar 5 – 9 kg saja.

Nah berikut ini merupakan tabel berat badan janin & ibu hamil yang normal juga tinggi bayi Anda sesuai dengan perkembangannya di usia kehamilan Anda dari minggu ke minggu.

Tabel Kenaikan berat badan saat hamil

Tabel Kenaikan berat badan saat hamil

 

Untuk Bunda yang terlalu kurus saat hamil, Kami sarankan untuk melakukan beberapa hal ini:

  • Makanlah 5-6 kali sehari dengan porsi kecil ataupun sedang.
  • Selalu membawa camilan seperti biskuit/cracker, es krim, cokelat, buah-buahan seperti mangga, pisang, apel, roti isi selai & minuman segar yang berkalori seperti jus buah. Konsumsilah kapanpun & sesering Anda ingat atau inginkan.
  • Tambahkanlah sedikit susu full cream atau margarin pada nasi Bunda.
  • Minumlah susu yang lhusus diperuntukan bagi ibu hamil, misalnya 2 gelas dalam sehari.
  • Tetaplah mengonsumsi vitamin masa hamil Anda jika sebelumnya sudah diberikan oleh dokter, terutama yang mengandung zat besinya untuk mencegah anemia.
  • Rutinlah kontrol ke dokter kandungan Anda sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Apabila Anda memiliki berat badan yang berlebih di saat hamil & ingin melakukan diet sebaiknya harus berkonsultasi lebih dulu dengan dokter, jangan sampai bayi Anda jadi kekurangan asupan nutrisi karena kesalahan diet yang Anda lakukan. Lihat juga: 7 Ciri Kehamilan Anda Sehat & Normal.

Itulah tabel berat badan janin & ibu hamil yang normal di masa kehamilan yang harus Bunda ketahui. Pastikan juga bahwa Anda selalu menjaga kenaikan berat badan dengan asupan makanan sehat yang baik bagi diri sendiri & kandungan, melakukan olahraga yang baik untuk ibu hamil secara teratur.

Tags: Ibu Hamil

Related Post "TABEL BERAT BADAN JANIN & IBU HAMIL MINGGU KE MINGGU"

8 MAKANAN BUAT IBU HAMIL BIAR BAYI PINTAR & CERDAS
Ada beberapa makanan buat ibu hamil biar
23 PANTANGAN MAKANAN YANG DILARANG UNTUK IBU HAMIL
Perhatikan selalu tentang 23 pantangan makanan yang
INGIN MELAHIRKAN NORMAL SETELAH OPERASI CAESAR? INI SYARATNYA!
Ingin melahirkan normal setelah operasi caesar? 4