TANDA KEHAMILAN KOSONG & PENYEBABNYA

Kenali tanda kehamilan kosong & penyebabnya agar tidak salah mengerti jika mendengar ada seorang wanita yang sedang hamil namun tiba – tiba saja perutnya kembali kempis. Mitos ditengah masyarakat sering menghubungkannya dengan kenaehan atau hal ghaib. Tahukah Anda bahwa hal tersebut bisa dijelaskan oleh ilmu kedokteran, hal ini disebut dengan kehamilan kosong.

Bagaimana tanda kehamilan kosong ini dan apa yang menjadi penyebabnya? Kehamilan kosong atau yang dalam istilah medis dinamakan blighted ovum adalah suatu keadaan ketika seorang perempuan merasa bahwa dirinya sedang hamil, namun yang sebenarnya tidak terdapat janin di dalam kandungannya. Wanita yang mengalami hamil kosong ini mengalami tanda wanita hamil sebagaimana kehamilan wanita yang normal pada umumnya. Seperti mual & muntah, pembesaran pay’udara, terlambat haidnya, bahkan waktu dipastikan dengan menggunakan alat test kehamilan pun reaksinya menunjukan tanda positif karena plasentanya juga menghasilkan hormon kehamilan, yaitu  hormon human chorionic ganodatropic (HCG) yang terdeteksi oleh alat tes kehamilan.

tanda kehamilan kosong & penyebabnya

Tanda wanita hamil kosong & penyebabnya
(Image: growingyourbaby.com)

Tanda wanita hamil kosong dengan lebih jelas baru dapat diketahui sesudah dilakukan USG transvag!nal oleh dokter yang baru bisa dilakukan jika usia kehamilannya sudah memasuki usia 6 hingga 7 minggu. Penyebab kehamilan kosong ini terjadi karena janin yang sebelumnya sudah terbentuk tidak bisa berkembang dengan sempurna sehingga kandungannya hanya berupa kantong yang berisikan cairan. Jika ada seorang ibu hamil yang sudah dipastikan mengalami kehamilan kosong oleh pemeriksaan dokter kandungan, langkah selanjutnya yang biasa diambil adalah segera melakukan kuretase, yaitu mengeluarkan hasil konsepsi dari dalam rahim.

Ada beberapa yang jadi penyebab kehamilan kosong, yakni terdapat kelainan kromosom di dalam proses perubahan sel telur & sel sper-ma, mengalami infeksi rubella, adanya infeksi TORCH, kelainan imunologi, memiliki sakit kencing manis ataupun diabetes melitus yang tak terkontrol serta usia suami istri yang semakin tua & semakin banyak juga jumlah anaknya.

Berikut ini beberapa saran & tips untuk mencegah terjadinya kehamilan kosong, diantaranya:

  • Jagalah selalu kebersihan diri dan kebersihan lingkungan.
  • Lakukanlah imunisasi agar dapat menghindari terjangkitnya diri Anda dari virus rubella.
  • Pastikan bahwa ibu dalam kondisi yang benar-benar sehat saat merencanakan program kehamilan.
  • Lakukanlah pemeriksaan kromosom di laboratorium.
  • Periksakan selalu kondisi kehamilan secara rutin pada dokter kandungan.
  • Bagi calon ayah direkomendasikan untuk menghentikan kebiasaan mero-koknya & hiduplah sehat saat prakonsepsi. Lihat juga: 7 Ciri Ciri Kehamilan Wanita Yang Sehat Dan Normal.

Itulah sekilas tanda kehamilan kosong dan penyebabnya yang paling sering terjadi. Sebaiknya ke 6 saran di atas dilakukan oleh setiap ibu hamil agar agar masa kehamilannya berjalan lancar. Semoga tanda wanita hamil kosong yang disebutkan diatas tidak dialami oleh Anda, konsultasikan pada dokter jika Anda merasakan sesuatu yang kurang baik dengan kandungan Anda.

Tags: Ibu Hamil

Related Post "TANDA KEHAMILAN KOSONG & PENYEBABNYA"

INGIN MELAHIRKAN NORMAL SETELAH OPERASI CAESAR? INI SYARATNYA!
Ingin melahirkan normal setelah operasi caesar? 4
3 PERKEMBANGAN BAYI TRIMESTER PERTAMA KEHAMILAN
3 fase atau tahap perkembangan bayi trimester
4 EFEK POSITIF MUSIK KLASIK UNTUK IBU HAMIL
4 Efek musik klasik untuk ibu hamil