7 CIRI CIRI KEHAMILAN YANG SEHAT & NORMAL

Ketahui 7 ciri ciri kehamilan yang sehat & normal ini agar mampu mengantisipasi berbagai risiko yang mungkin terjadi. Kandungan yang normal & sehat tidak bisa dilepaskan dari satu hal penting, yaitu calon ibu juga harus dalam kondisi sehat. Hal ini erat kaitannya dengan berapa berat badan ideal sang ibu, asupan nutrisi yang seimbang dan juga rutinitas dalam berolahraga.

Apakah Anda dan janin dalam kandungan sudah yakin dalam keadaan sehat sehat saja? Untuk mengetahui hal tersebut, coba Anda kenali 7 ciri ciri kehamilan yang sehat dan normal sebagaimana telah dilansir oleh laman Health Me Up ini.

Kondisi Tekanan Darah & Kadar Gula

Dua hal ini menjadi parameter yang sangat penting dalam menentukan kondisi ibu hamil yang sehat. Mungkin saja pada beberapa calon ibu akan ada sedikit terjadi peningkatan tekanan darah atau terjadi peningkatan kadar gula tapi hal tersebut bisa dikatakan normal.

7 ciri ciri kehamilan yang sehat & normal

7 ciri ciri kehamilan yang sehat & normal
(Image: helathline.com)

Yang perlu diwaspadai adalah sebuah perubahan yang cukup drastis pada tekanan darah & kadar gula ini. Karena keadaan ini bisa memicu pre-eclampsia yang memungkinkan seorang ibu hamil harus melahirkan dini atau bayi prematur. Jika seorang ibu hamil tidak mengalami perubahan yang drastis pada keduanya makan kemungkinan besar kehamilannya normal dan sehat.

Rahim & Plasenta

Agar janin yang berada di dalam kandungan Bunda tetap aman, maka plasenta serta rahim calon ibuharus selalu dijaga kesehatannya. Plasenta ini harus melekat pada bagian dinding rahim. Karena pelepasan plasenta ini biasanya mengarah pada risiko keguguran. Gejala awalnya biasanya mengalami pendarahan yang disertai nyeri yang hebat pada perut bagian bawah.

Sedangkan flek atau spotting yang normal & tidak berbahaya pada wanita hamil muda hanya mengeluarkan bercak berwarna kecoklatan dan tidak disertai nyeri, demam atau gejala lainnya. Pastikan Anda memantau hal ini dengan pemeriksaan USG.

Pertumbuhan Janin

Ibu hamil harus rutin memantau kondisi bayi dalam perutnya. Hal ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan melalui USG. Apabila seorang calon ibu memiliki ciri ciri kekurangan oksigen di dalam rahimnya, maka kondisi itu sebaiknya benar benar diwaspadai. Bisa saja keadaan ini menjadikan fungsi plasentanya terganggu sehingga ibu & janinnya akan mengalami masalah kesehatan.

Mintalah jadwal USG pada dokter Anda agar berat janin, panjangnya dan kondisinya di dalam kandungan selalu dipantau dengan baik sesuai dengan usia kehamilan Bunda, sehingga jika terdapat kejanggalan bisa segara diatasi.

Berat Badan Calon Ibu

Dokter biasanya merekomendasikan kenaikan bobot badan antara 11 hingga 16 kilogram selama menjalani kehamilan, tergantung berapa Body Mass Index Anda saat sebelum hamil. Namun apabila calon ibu sudah memiliki kekurangan atau kelebihan berat badan sejak sebelum hamil, dokter akan memberi rekomendasi  khusus selama menjalani masa kehamilan. Jangan pernah melakukan diet tanpa rekomendasi dokter di saat hamil, karena jika salah, bayi Anda malah bisa kekurangan asupan nutrisi yang seharusnya diberikan.

 

Kadar Hormon

Hormon pr0gesteron seorang wanita dapat mencapai kadar 400 mg pada saat hamil. Fungsi hormon yang satu ini adalah untuk menjaga sang ibu dari siklus haid. Sementara itu, hormon estr0gen juga bereran penting untuk membentuk jaringan rahim wanita hamil agar dapat menampung janin di dalam perutnya. Periksakan juga untuk hal ini ke dokter Anda.

Ukuran Lingkar Perut

Dokter idealnya akan rutin mengukur perut ibu hamil agar dapat memantau perkembangan janin yang dikandungnya. Dokter juga selalu akan memastikan perkembangan kesehatan sang calon bayi di dalam perut ibu. Dokter memiliki standar sendiri dalam mengukur perut Bunda dan ini bisa mejadi tanda tanda kehamilan yang normal.

Pergerakan janin

Selain memeriksa ukuran perut, pergerakan janin yang ada di dalam kandungan juga biasanya akan diperiksa oleh dokter. Dalam usia kehamilan antara minggu ke 6 & ke 10, biasanya seorang wanita hamil akan merasakan pergerakan pada janinnya. Pergerakan ini dianggap sebagai salah satu ciri bayi sehat & juga menerima asupan oksigen yang cukup. Lihat juga: 50 Fakta Penting Bayi Baru Lahir Ini Wajib Diketahui Calon Bunda.

Itulah 7 ciri ciri kehamilan yang sehat & normal. Tentu saja semuanya akan sangat mudah dijalani jika Anda rutin memeriksakan diri ke dokter atau bidan serta mengikuti rekomendasinya. Apabila Anda menemukan ada hal yang tidak wajar saat hamil, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan bidan atau dokter ya!

Tags: Ibu Hamil

Related Post "7 CIRI CIRI KEHAMILAN YANG SEHAT & NORMAL"

INGIN MELAHIRKAN NORMAL SETELAH OPERASI CAESAR? INI SYARATNYA!
Ingin melahirkan normal setelah operasi caesar? 4
3 PERKEMBANGAN BAYI TRIMESTER PERTAMA KEHAMILAN
3 fase atau tahap perkembangan bayi trimester
4 EFEK POSITIF MUSIK KLASIK UNTUK IBU HAMIL
4 Efek musik klasik untuk ibu hamil