21 CIRI CIRI ATAU TANDA TANDA KEHAMILAN MUDA

Kenali 21 ciri ciri atau tanda tanda kehamilan muda ini jika saat ini Anda sedang dalam program hamil & menantikan momongan. Untuk seorang istri, mengandung bayi & menjadi seorang ibu hamil merupakan salah satu moment dalam hidupnya yang selalu ditunggu-tunggu, meskipun ada diantara pasangan yang telah menikah namun menunda dulu kehamilannya dengan beberapa alasan tertentu.

 

Nah bagi Anda yang saat ini sedang menunggu kehadiran janin dalam kandungan dan belum sempat memeriksakan diri ke dokter, bidan atau menggunakan alat test kehamilan, mungkin 21 ciri ciri atau tanda tanda kehamilan muda berikut ini bisa membantu Anda agar lebih meyakinkan diri bahwa memang saat ini sudah mulai menjadi calon ibu. Yuk cek satu per satu beberapa tanda awal kehamilan berikut!

 

Terlambatnya Haid

Salah satu dari tanda awal kehamilan yang cukup jelas adalah jika Anda sudah telat mensturasi dari jadwal biasanya. Anda tentu mengetahui dengan pasti bukan berapa lama biasanya periode haid Anda dalam setiap bulannya. Apalagi jika siklus mencsturasi Anda termasuk yang teratur, maka akan lebih mudah lagi mengetahui keterlambatannya.

21 ciri ciri atau tanda tanda kehamilan muda

Ciri ciri kehamilan atau tanda tanda kehamilan muda
Image: 17h43.com

Namun perlu diketahui bahwa tidak setiap keterlambatan haid ini diartikan sebagai tanda awal kehamilan. Beberapa wanita kadang mengalami hal ini dikarenakan beberapa penyebab, yang paling sering terjadi adalah karena stres ataupun terlalu capek. Ada juga yang telat haid karena melakukan diet terlalu ketat atau memiliki gangguan hormonal dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, jika Anda mengalami terlambat mensturasi, segera periksakan diri ke bidan, dokter ataupun memakai alat tes kehamilan untuk memastikannya.

 

Perubahan Fisik Tertentu

Bukan hanya di bagian perut saja yang tampak makin membesar yang menjadi ciri ciri wanita hamil. Apalagi jika baru hamil muda, bagian perut tentunya belum terlihat membesar. Namun beberapa bagian lainnya dari tubuh seperti bagian bokong, paha, dada dan juga lengan biasanya akan sedikit mengalami pembengkakan. Ini menjadi ciri ciri wanita hamil muda yang bisa dikenali oleh diri sendiri. Anda bisa melihat dan merasakan beberapa perubahan di bagian tubuh tersebut.

 

Merasakan Gejala Seperti PMS

Anda tentu sudah sering merasakan bagaimana gejala PMS yang biasa datang setiap bulannya. Misalnya seperti perut kembung, nyeri pada pinggang, nyeri pada pay’udara, bahkan pada beberapa orang selera makannya cenderung meningkat. Nah, ciri ciri wanita hamil muda juga salah satu seperti itu, namun tentu saja darah haidnya tidak keluar, hanya gejalanya saja yang dirasakan. Lihat juga: 21 Tips & Cara Cepat Hamil Untuk Pengantin Baru.

 

Dada Menjadi Bengkak

Mengalami nyeri atau sering merasakan kesemutan pada pay’udara adalah salah satu ciri ciri orang hamil yang paling umum terjadi. Pada awal kehamilan atau hamil muda, dada Anda akan lebih berisi dan jika diperhatikan tampak berubah bentuk dikarenakan secara alami tubuh akan melakukan persiapan untuk memproduksi ASI.

 

Dada Lebih Lembut

Selain itu pay`udara Anda juga bisa berubah menjadi lebih lembut & lebih sensitif dari awal kehamilan hingga beberapa bulan berikutnya. Memang tidak semua wanita mengalami ciri ciri orang hamil seperti ini, apalagi jika Anda sebelumnya telah menggunakan KB.

 

Cepat Merasa Lelah

Pada awal masa kehamilan, kebanyakan wanita akan merasa mudah lelah meskipun tidak melakukan aktifitas yang berat. Rasanya hanya ingin diam & bermalas malasan saja. Ciri ciri orang hamil seperti ini umum terjadi dikarenakan tubuh seorang wanita secara alami melakukan penyesuaian diri dengan kehadiran ‘makhluk’ baru di dalam rahimnya. Meningkatnya produksi hormon progesteron juga sering dikaitkan dengan tanda awal kehamilan yang satu ini. Selain itu penyebab lainnya yang membuat seorang wanita hamil muda mudah lelah ini bisa juga disebabkan menurunnya kadar gula darah serta tekanan darah yang sering dialami ibu hamil.

 

Mengalami Mual Mual (Morning Sickness)

Mual merupakan tanda tanda kehamilan muda yang paling banyak dialami wanita. Rasa mual ini dapat terjadi dikarenakan meningkatnya produksi hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) di dalam tubuh. Meningkatnya hormon yang satu ini memberikan sebuah efek pedih di dalam lapisan perut sehingga bisa menimbulkan rasa mual.

 

Umumnya rasa mual di pagi hari seperti ini akan berkurang dan hilang pada saat usia kandungan memasuki trimester 2 kehamilan. Namun perlu dicatat bahwa tidak semua wanita mengalami ciri ciri kehamilan yang satu ini. Ada juga sebagian calon ibu yang tidak mengalami mual sama sekali selama kehamilan, ada  yang mengalaminya di pagi hari saja, ada juga yang mengalaminya bukan hanya pagi hari. Ada juga yang cukup parah mengalami mual ini sampai susah sekali untuk makan, ada juga yang ringan, ada yang mengalaminya sepanjang kehamilan serta ada yang di trimester pertama saja. Pengalaman setiap Bunda berbeda beda tentang hal ini.

 

Sensitif Terhadap Bau Tertentu

Selain sering merasa mual, ibu hamil juga pada umumnya sering  merasa lebih sensitif pada aroma-aroma atau bau-bau tertentu. Anda mungkin akan merasa tidak enak pada beberapa macam bau, terutama saat mencium aroma menu makanan tertentu. Bahkan saking tidak kuatnya, bau tertentu dapat membuat seorang ibu hamil muda jadi merasa mual dan muntah!

 

Sebagian ahli medis menduga bahwa ciri ciri kehamilan seperti ini terjadi secara alamiah agar wanita yang sedang hamil tidak sembarangan memilih makanan, sehingga tubuhnya otomatis melindungi bayi dalam kandungannya dari berbagai jenis zat yang berbahaya. Apakah tanda tanda kehamilan muda seperti ini Anda alami juga?

 

Sering Moody

Wanita hamil biasanya mempunyai mood yang begitu cepat berubah, seperti mudah bosan, mudah marah & mudah nangis merupakan hal biasa yang sering dialami calon ibu, apalagi saat awal kehamilan, bahkan hingga trimester akhir.

 

Bisa saja di dalam satu waktu seorang wanita hamil merasa bahagia, tapi dalam beberapa waktu kemudian ia malah menjadi marah sekali pada suaminya hanya karena masalah yang kecil & sepele. Tidak perlu merasa khawatir dengan sering dan cepatnya perubahaan mood seperti ini, sebab termasuk normal saja. Ciri ciri orang hamil yang moody terjadi karena perubahan hormon secara drastis yang terdapat di dalam tubuhnya.

 

Aerola Menghitam

Selain bagian dada yang tampak lebih berisi atau membengkak, tanda awal kehamilan muda lainnya adalah area aerola atau area di sekitar puting warnanya berubah menjadi tampak lebih gelap.

 

Sakit punggung

Biasanya, mungkin saja Anda selama ini tidak pernah punya masalah atau mengalami yang namanya sakit punggung. Namun ternyata sekarang, punggung di bagian bawah ternyata pegal, sakit atau terasa nyeri. Beberapa wanita mengalami ciri ciri orang hamil seperti ini sejak awal kehamilan, meskipun lazimnya sering sakit pinggang & punggung ini dialami saat kehamilan sudah memasuki trimester akhir dan intensitasnya semakin sering saat sudah mendekati persalinan.

 

Spoting Atau Muncul Flek

Bercak darah atau flek ini dapat muncul sebelum waktu haid yang akan datang, biasanya hal seperti ini terjadi antara 8 sampai 10 hari sesudah terjadinya ovulasi. Bercak darah berwarna kecoklatan ini muncul karena implantasi, yaitu atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Wanita hamil muda, terutama pada saat trimester pertamanya banyak yang mengalami ciri ciri wanita hamil yang satu ini.

 

Jangan khawatir selama keluarnya flek tidak disertai dengan nyeri yang hebat pada perut bagian bawah, demam ataupun warnanya merah seperti darah segar, karena hal ini sering terjadi. Jika Anda mengalami gejala seperti ini seiring dengan keluarnya flek, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

 

Mengalami Kram Perut

Munculnya bercak darah atau spoting biasanya juga diikuti juga oleh kram perut. Kram yang dialami pada saat masa kehamilan akan terjadi secara teratur pada sebagian wanita. Dan kram ini juga akan terus dialami sesekali hingga kehamilan Anda memasuki trimester kedua, karena di usia kehamlilan ini posisi uterusnya telah berada ditengah & telah disangga oleh panggul.

 

Pusing & Sakit Kepala

Gangguan seperti sering pusing & juga sakit kepala merupakan ciri ciri orang hamil yang dialami oleh kebanykan calon ibu dikarenakan faktor fisik, misalnya saja seperti rasa lelah, mual, rasa lapar & juga tekanan darah rendah. Sedangkan yang memicu emosional yaitu seperti karena adanya perasaan tegang & juga depresi. Selain itu karena meningkatnya pasokan darah dari jantung ke seluruh tubuh juga dapat mengakibatkan pusing ketika Anda berubah posisi.

 

Sering Meludah

Tanda tanda kehamilan yang satu ini juga sering terjadi karena adanya pengaruh perubahan dari hormon estrogen, hal tersebut biasanya terjadi di saat awal kehamilan hingga akhir trimester pertama. Jangan khawatir, kebiasaan tersebut akan menghilang setelah usia kehamilan Anda masuk trimester kedua. Lihat juga: 6 Cara Menghitung Masa Subur Wanita Dengan Mudah.

 

Temperatur Basal Tubuh Naik

Apabila Anda hamil, biasanya suhu basal pada tubuh juga akan meningkat. Kondisi yang seperti ini akan berlangsung dari awal kehamilan sampai melahirkan nanti. Jangan heran jika ibu hamil lebih cepat merasa gerah atau berkeringat lebih banyak.

 

Ngidam

Tanpa adanya alasan yang jelas, mendadak seorang wanita sangat ingin memakan makanan tertentu, bahkan mungkin yang sebelumnya bukan merupakan panganan favoritnya. Atau bisa saja terjadi sebaliknya, wanita yang hamil muda tiba-tiba merasa tidak suka bahkan benci dengan menu makanan tertentu, yang padahal selama ini menjadi menu favoritnya. Ciri ciri kehamilan seperti ini dialami sebagian calon ibu sejak awal masa kehamilannya.

 

Sering Sembelit

Sembelit pada seorang wanita hamil dapat terjadi akibat adanya peningkatan hormon progesteron. Hormon tersebut selain dapat mengendurkan bagian otot-otot rahim, juga memiliki dampak pada kendurnya otot bagian dinding usus sehingga bisa menyebabkan terjadinya sembelit ataupun susah BAB. Tapi keuntungan lainnya dari keadaan seperti ini adalah proses penyerapan nutrisi akan lebih baik di saat hamil.

 

Positif Tes Kehamilan

Hasil uji ataupun tes kehamilan yang menunjukkan tanda positif merupakan tanda tanda kehamilan muda yang jelas. Kadang kedua garis pada TP terlihat jelas, kadang salah satu garisnya samar, keduanya membuktikan hal yang sama, yaitu Anda hamil.

 

Gunakan TP ini di pagi hari pada saat Anda buang air kecil pertama kali, agar hasilnya lebih jelas, karena produksi hormon HCG-nya lebih banyak diwaktu pagi sehingga mudah terdeteksi oleh alat tes-nya. Akurasi TP ini umumnya mencapai 98%, asalkan alatnya tidak rusak, Anda bisa meyakini hasilnya. Ada juga alat TP dengan sensitifitas yang lebih tinggi sehingga bisa digunakan kapanpun, tidak perlu harus di pagi hari untuk cepat mengetahui tanda tanda kehamilan Anda, tentunya memiliki harga berbeda dari yang biasa. Lihat juga: 7 Do’a Agar Cepat Hamil Untuk Muslim.

 

Lebih Sering Buang Air Kecil

Pada saat seseorang hamil, maka janin yang mulai tumbuh di dalam rahimnya akan semakin menekan bagian kandung kemih, ini menyebabkan frekuensi buang air kecilnya juga akan semakin bertambah. Kandung kemih ibu hamil juga lebih cepat penuh dengan urine sehingga keinginan untuk buang air kecilnya akan jadi lebih sering. Meskipun pada umumnya yang mengalami hal ini pada saat trimester akhir kehamilan, namun ada juga beberapa calon ibu yang mengalaminya sejak awal masa kehamilan.

tanda tanda & ciri ciri kehamilan muda

Ciri ciri kehamilan atau tanda tanda kehamilan wanita
(Image: mysouthernhealth.com)

Ada Kantung Janin

Pemeriksaan dengan USG dapat menunjukkan titik kecil berupa kantung janin di dalam perut? Selamat! itu merupakan tanda awal kehamilan yang sangat jelas & tidak perlu diragukan lagi. Jagalah perkembangan bayi Anda hingga tiba waktunya persalinan.

 

Itulah 21 ciri ciri atau tanda tanda kehamilan muda yang bisa Anda lihat atau rasakan sendiri. Tapi tentunya tidak semua calon ibu akan mengalami semua gejala kehamilan tersebut, ada yang hanya mengalami sebagian gejala kehamilan tersebut, ada yang mengalami dan merasakan semuanya, dan ada juga yang tidak mengalaminya sama sekali sehingga ia tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil muda, sehingga setelah beberapa bulan perutnya membesar baru menyadari kehamilannya. Oleh karena itu jika Anda sedang menunggu kehadiran momongan, jangan mengabaikan gejala gejala kehamilan di atas, terutama yang pertama, jika sudah terlambat haid segera cek dengan TP atau memeriksakan diri ke bidan atau ke dokter agar kandungan Anda bisa dijaga sedini mungkin.

Tags: Ibu Hamil

Related Post "21 CIRI CIRI ATAU TANDA TANDA KEHAMILAN MUDA"

6 CARA MENGHITUNG MASA SUBUR WANITA
Ada 6 cara menghitung masa subur wanita
6 CIRI KEPUTIHAN SAAT HAMIL YANG NORMAL & BAHAYA
Kenali keputihan saat hamil yang normal &
TANDA KEHAMILAN KOSONG & PENYEBABNYA
Kenali tanda kehamilan kosong & penyebabnya agar
7 CIRI CIRI KEHAMILAN YANG SEHAT & NORMAL
Ketahui 7 ciri ciri kehamilan yang sehat