4 MANFAAT IKAN UNTUK MPASI BAYI, TIPS & RESEP

Bunda, ketahui 4 manfaat ikan untuk MPASI bayi agar tidak ragu memberikannya pada si kecil. Banyak diantara para ahli kesehatan & juga dokter anak yang percaya bahwa kesehatan anak tergantung pada apa saja yang dikonsumsinya sejak masih balita. Asupan gizi yang seimbang dan juga makan makanan yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan bayi tentu menjadi kunci kuatnya daya tahan tubuh anak dari serangan penyakit dan membantu perkembangan fisik juga otaknya.

Di samping harus rajin mengonsumsi sayur, buah & biji-bijian, satu hal lagi yang penting menjadi asupan makanan untuk anak di usia awal perkembangannya adalah konsumsi ikan. Tapi, para orang tua lebih suka menambahkan daging sapi atau ayam ke menu MPASI si kecil karena lebih mudah diolah dibanding ikan yang amis dan memiliki banyak duri. Padahal, makan ikan sejak dini untuk bayi memiliki banyak keuntungan. Misalnya 4 manfaat ikan untuk MPASI berikut ini.

4 manfaat ikan untuk MPASI bayi resep

4 manfaat ikan untuk MPASI bayi

Meningkatkan kecerdasan bayi

Sebuah studi populer yang pernah dilakukan pada tahun 90-an membuktikan bahwa bayi yang mengkonsumsi makanan yang mengandung DHA tinggi, terbukti memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. Salah satu dari sumber makanan yang kaya akan kandungan DHA alami adalah ikan, khususnya ikan cod.

Meningkatkan daya fokus balita

Selain mampu meningkatkan kecerdasan, kandungan DHA & juga omega-3 pada ikan juga bermanfaat untuk dapat meningkatkan fokus & daya kreatif pada balita.

Memperkuat sistem imun balita

Lemak tak jenuh yang terdapat di dalam ikan ini berkaitan dengan sistem imun yang mengonsumsinya. Sistem imun tubuh balita menjadi lebih kuat sehingga anak Anda tidak mudah sakit & lebih aktif.

Mencegah eksim pada balita

Eksim yang membuat sekujur tubuh gatal-gatal mampu ditangkal dengan mengonsumsi ikan salmon atau ikan tuna sebelum bayi Anda berusia 9 bulan. Konsultasikan hal ini lebih dahulu dengan dokter anak langganan Bunda ya karena kondisi setiap anak biasanya berbeda.

Tips Memberikan Ikan Untuk MPASI Bayi

Meskipun ikan ini sangat baik untuk tumbuh kembang bayi, namun tidak semua anak bisa di berikan langsung MPASi berupa ikan. Beberapa bayi mungkin akan mengalami alergi sehingga sangat penting bagi Anda membuat jurnal guna mencatat menu makanan untuk dapat mengidentifikasi alergi yang terjadi pada si kecil.

Awasi Kemungkinan Alergi

Apabila keluarga si kecil termasuk Bunda & Ayah memiliki riwayat alergi (tidak harus selalu alergi ikan) atau riwayat asma, berikan sedikit ikan dulu saat si kecil mengonsumsi untuk pertamakalinya.

Pemberian ikan untuk MPASI bayi bisa Bunda lanjutkan apabila si kecil tidak mengalami alergi. Ikan air tawar dan beberapa ikan laut seperti salmon, sarden ataupun tuna baik dikenalkan pada balita karena kandungan merkurinya yang rendah. Berbeda dengan seafood lain seperti kerang, cumi-cumi atau udang, ini sebaiknya Bunda kenalkan jika si kecil sudah berusia 1 tahun. Jika tidak yakin, Bunda sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter anak.

Berikan MPASI Yang Berbeda Selang Tiga Hari

Ketika buah hati Anda mulai diperkenalkan dengan jenis makanan yang semi padat atau padat, kenalkanlah si kecil dengan jenis makanan sebanyak-banyaknya termasuk juga ikan, agar disaat mereka bertambah usianya, lidah si kecil sudah terbiasa dengan berbagai jenis makanan & tidak pilih-pilih makanan. Saat Bunda memberikan jenis MPASI yang berbeda, para ahli menyarankan untuk membuat selang per 3 hari dulu sebelum berlanjut lagi ke jenis makanan berikutnya.

Masak Ikan Hingga Matang

Pastikan Anda untuk memproses ikannya sampai benar-benar matang untuk dapat menghindari serangan bakteri ataupun virus yang mungkin terdapat pada daging ikan. Saat memberikan ikan untuk MPASI bayi pada pertama kalinya, tawarkan daging ikan yang porsi kecil terlebih dahulu, sambil Anda apakah muncul tanda-tanda alergi pada bayi atau tidak.

Hindari Ikan Kalengan

Hindari memberikan ikan olahan dalam kaleng, pilihlah ikan segar yang Anda masak sendiri agar kualitas serta kesegaranya terjaga. Ikan olahan kalengan umumnya sudah mendapat tambahan beragam pengawet & pewarna makanan yang tentunya tidak bagus untuk si kecil.

Satu Jenis Ikan Satu Waktu

Berikanlah satu jenis ikan di dalam satu waktu agar mereka bisa mengenali rasa, aroma dan juga teksturnya dengan baik. Ikan yang memiliki daging bertekstur lembut layaknya ikan salmon, tuna & trout merupakan pilihan tepat bagi si buah hati. Lihat juga: 5 Resep MPASI Bayi Sederhana & Bergizi.

Bayi bisa mulai mengkonsumsi ikan sejak usia 6 bulan atau ketika ia mulai mengkonsumsi makanan padat. Pilihlah ikan yang memiliki kandungan banyak minyak, misalnya seperti tuna, ikan sarden, ikan salmon atau halibut. Ikan yang paling direkomendasikan adalah ikan salmon karena rendah akan kandungan merkuri. Berikut adalah video contoh resep MPASI ikan salmon yang bisa Anda coba

Nah itulah 4 manfaat ikan untuk MPASI bayi, beberapa tips dan juga video contoh resepnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk para Bunda dalam menyiapkan menu MPASI sehat bergizi untuk si kecil ya! Tentu saja yang paling baik adalah selalu berkonsultasi dengan dokter anak langganan si kecil terlebih dulu jika memang dibutuhkan.

Tags: bayi sehat Merawat Bayi

Related Post "4 MANFAAT IKAN UNTUK MPASI BAYI, TIPS & RESEP"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa