MANFAAT BOTOL SUSU BAYI & KAPAN MULAI MENGGUNAKANNYA

Botol susu bayi merupakan sebuah alat bantu pertama untuk buah hati Bunda yang merasakan susu formula. Lalu apakah penggunaan botol susu ini efektif? Jawabannya adalah sangat tepat. Pemeberian susu formula untuk si kecil memang tidak boleh terlalu berlebih. Tetap saja ASI yang Bunda berikan selalu menjadi yang nomor satu, namun dengan seiring berjalannya waktu, bayi juga juga harus diajari untuk mulai mengkonsumsi makanan pendamping selain ASI. Nah, inilah alasannya kenapa botol susu sangat efektif jika digunakan sebagai pengganti ibu.

Botol susu bayi ini biasanya dirancang dengan bentuk hampr sama disetiap model & mereknya. Fungsi & tata cara penggunaannya juga pastinya sama. Bentuk & bahan yang digunakan untuk botol inilah yang mampu mengkamuflase bentuk serta rasa pada saat menyusu ASI.

Manfaat Botol Susu Bayi & Kapan Mulai Menggunakannya

Image: 91lai.com

Bagian ujung dari botol dibuat agar semirip mungkin dengan bentuk dari puting susu ibu. Hal ini berfungsi untuk dapat menstimulasi mulut si kecil bahwa yang apa ia rasakan sama dengan saat ia sedang menyusu langsung kepada ibunya. Ditambah lagi pada botol diisi dengan susu hangat, ini akan menambahkan hawa yang sama pada saat si Bayi sedang menyusu langsung.

Nah, pada masa awal pengenalan botol susu tersebut kepada si Bayi, mungkin akan terjadi penolakan. Namun ada juga bayi yang langsung mau. Jangan menyerah mencoba ya Bun, lakukan dengan lembut dan perlahan saja.

Tetap lakukan berulang-ulang supaya buah hati Bunda mau mencoba. Karena, ini merupakan salah satu cara Bunda juga untuk dapat memperkenalkan susu formula pada bayi. Selain itu, susu formula juga sanggup menunjang kebutuhan nutrisi pada saat bayi mulai tumbuh & berkembang.

Kapan Bayi Mulai Menggunakan Botol Susu

Sebagian Bunda mungkin akan bertanya-tanya, kapan seharusnya si kecil mulai belajar untuk minum susu dengan memakai botol? Apa nanti efeknya kepada bayi yang masih belum terbiasa memakainya?

Para pakar kesehatan menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada patokan yang khusus kapan bayi Anda harus beradaptasi dengan memakai dot dan susu formula. Hal tersebut karena kondisinya tentu akan selalu berbeda bagi setiap bayi.

Jennifer Shu, dokter anak di Atlanta – Georgia, mengatakan bahwa anak-anak akan mulai melakukan adaptasi pada saat disusui di minggu pertama hingga dengan minggu ke 6. Bagaimana tanda-tandanya jika bayi sudah mulai mampu menyusu dengan baik? Jawabannya adalah pada saat bayi sudah dapat menemukan letak puting milik ibunya. Jadi, bayi Bunda bisa menyusu tanpa harus memasukkan puting Bunda ke dalam mulutnya.

Jika si kecil sudah mulai siap untuk dapat minum susu dengan menggunakan botol susu bayi, si kecil akan menampakkan ciri-ciri tertentu. Diantaranya, dia hanya akan menyusu sebentar saja, kemudian akan dilepaskan. Hal seperti itu akan terjadi berkali-kali. Disamping itu, bayi yang sudah siap untuk menyusu dengan botol susu akan lebih sering menolak disusui oleh Bunda. Nah, jika bayi sudah memiliki tanda-tanda seperti ini, bunda seharusnya lebih sensitif ya.

Kenapa Bunda harus mengetahui hal tersebut dengan baik? Mungkin saja ada beberapa alasan yang sangat mendesak. Salah satunya seperti karena kesibukan Bunda. Misalnya saja di pagi hari masih bisa menyusui, mungkin di waktu siang harinya tidak bisa karena bekerja. Saat inilah si kecil akan menggunakan botol susu bayi untuk minum susu, baru pada malam harinya Bunda akan menyusuinya kembali. Namun, jangan memaksa si kecil untuk minum susu dengan botol ya jika memang belum waktunya.

Tags: Merawat Bayi Perkembangan Bayi Perlengkapan Bayi

Related Post "MANFAAT BOTOL SUSU BAYI & KAPAN MULAI MENGGUNAKANNYA"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa