4 PENYEBAB ANAK KURUS & BERAT BADANNYA SUSAH NAIK

Ada 4 penyebab anak kurus & berat badannya susah naik yang harus diwaspadai para orang tua. Pertumbuhan anak tentu sangat penting untuk diperhatikan. Jika tidak, hal tersebut bisa memicu masalah serius lainnya. Pertumbuhan seorang anak yang baik akan menunjang juga pada kecerdasan anak.

Tumbuh kembang seorang anak bisa dilihat dari bobot tubuh yang dimilikinya. Apakah sudah cukup ideal atau malah sebaliknya. Jika tubuh anak Anda tidak ideal, seperti terlalu gemuk atau mungkin tampak terlalu kurus, bisa saja hal ini menjadi indikasi suatu penyakit pada anak.

Nah Bunda, jika buah hati Anda terlalu kurus padahal berbagai asupan nutrisi & gizinya terpenuhi, maka bisa jadi karena ada sesuatu yang berbahaya. Berikut ini adalah 4 penyebab anak kurus & berat badannya susah naik meskipun asupan gizinya baik.

4 penyebab anak kurus & berat badannya susah naik

Image: www.beingtheparent.com

Mengalami Alergi Makanan

Sistem kekebalan tubuh pada setiap anak berbeda-beda. Bahkan beberapa alergi ternyata bisa menyebabkan penyerapan nutrisi makanan yang dikonsumsi sehingga tidak bisa terserap dengan baik. Misalnya saja anak alergi pada protein gluten yang bisa menyebabkan rusaknya lapisan usus sehingga tidak mampu menyerap gizi dengan baik.

Adanya Infeksi

Infeksi di dalam tubuh bisa menyebabkan tubuh anak Anda tidak bisa tumbuh dengan baik. Infeksi ini bisa jadi karena adanya bakteri ataupun virus yang berbahaya. Misalnya saja infeksi pada paru-paru yang bisa menyebabkan TBC. Infeksi ini apabila dibiarkan akan membuat buah hati Anda menjadi kurus karena tubuhnya tidak mampu menyerap nutrisi dengan baik.

Makan Asal Banyak

Salah satu tugas Bunda adalah menjaga asupan nutrisi si buah hati agar terpenuhi dengan baik. Namun, sebagian orangtua menganggap dengan selalu makan banyak maka kebutuhan nutrisi anaknya dapat terpenuhi. Sayangnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Makan asal banyak tidak cukup membuat anak Anda tumbuh dengan ideal. Perlu pertimbangan asupan nutrisi yang tepat agar buah hati Bunda tumbuh dengan baik.

Punya Masalah Kesehatan

Masalah kesehatan lainnya seperti diare & cacingan bisa menyebabkan tubuh anak Anda menjadi kurus. Diare membuat tubuh anak tidak mampu menyerap nutrisi penting secara baik sehingga menyebabkan tubuhnya menjadi kurus. Lihat juga: Tanda-Tanda Anak Yang Cacingan.

Bunda, demikian 4 penyebab anak kurus & berat badannya susah naik meskipun makannya sudah cukup. Segera periksakan buah hati Bunda ke dokter anak jika ia terlalu kurus meskipun makannya banyak dan asupan nutrisinya sudah cukup agar segera diketahui masalahnya.

Related Post "4 PENYEBAB ANAK KURUS & BERAT BADANNYA SUSAH NAIK"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang
4 PENYEBAB BAYI TIDAK BISA TIDUR NYENYAK
Bunda, ada 4 penyebab bayi tidak bisa