CARA AGAR BAYI TIDUR NYENYAK TANPA DIBEDONG

Bagaimana cara agar bayi tidur nyenyak tanpa dibedong? Bedong sebagaimana Kita ketahui merupakan salah satu cara tertua untuk dapat menenangkan bayi. Mungkin dikarenakan hal tersebut mengingatkan si kecil pada saat berada di dalam perut Bunda. Namun, ada 2 masalah penting berkaitan dengan metode tidur bayi dengan bedong tersebut.

Pertama, banyak bayi yang pada awalnya menikmati dibungkus seperti burrito itu, akhirnya memilih untuk melepaskan dirinya dengan cara meregang-regangkan kedua tangannya (ternyata, hal ini akan memperkuat bagian otot-ototnya) di usia 3 bulan. Kedua, dengan dibedong memang akan menenangkan sang bayi, namun jangan biarkan dia selalu dalam keadaan seperti itu pada sepanjang malamnya. Bagaimana pun juga, terlalu sering ataupun terlalu lama membedong bayi bisa berpengaruh pada pertumbuhan sendi di pinggulnya.

cara agar bayi tidur nyenyak tanpa dibedong

Image: today.com

Lantas bagaimana cara agar bayi tidur nyenyak tanpa dibedong? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Bunda coba untuk membantu si kecil tidur tanpa harus memakai bedong.

Posisikan Diri Anda Sebagai Si Kecil

Bagaimana caranya saat Anda ingin tidur? Berbaring di dalam sebuah ruang kamar yang gelap, kamar yang penuh ketenangan, di balik sebuah kisi-kisi boks atau tidur sendiri? Atau apakah Anda merasa ingin dipeluk oleh pengasuh Anda? Jadi, kenalilah dulu keinginan bayi.

Buatlah Ritual Tidur

Misalnya dengan cara ditimang-timang, dinyanyikan sebuah lagu favoritnya atau sebelumnya mandi air hangat. Dari situ, si kecil akan belajar mengaitkan setiap aktifitas tersebut dengan tidur. Begitu Bunda memulai rutinitas seperti itu, ia tahu bahwa itulah waktu untuk tidur. Untuk dapat menghindari jebakan bahwa ‘ia hanya akan tidur jika Saya menimang-nimangnya’ misalnya, selalu pastikan bahwa Anda menciptakan juga beberapa hal yang berkaitan langsung dengan tidur. Anda & pasangan sebaiknya bisa bergantian dalam menidurkan anak. Jadi, si kecil terbiasa dengan ritual tidur dari masing-masing orang tua.

Buatlah Bayi Capek

Setelah makan & siap untuk tidur, letakkanlah ia dalam gendongan & kemudian berkeliling rumah. Begitu si kecil terlelap, bukalah gendongan kemudian taruh ia dalam boks. Cara seperti ini sangat membantu bagi si kecil yang tidak mau cepat-cepat untuk tidur.

Coba Ayun-Ayun Untuk Tidur

Si kecil tentu paling senang ‘diayun-ayun’ oleh Bunda, apakah ia berbaring pada dada Anda saat Anda sedang duduk di kursi goyang atau dengan ditimang-timang. Jika cara ini ternyata tidak berhasil juga, letakkanlah carseat di dalam mobil Anda & berkeliling kompleks hingga ia tertidur. Sesudah itu, barulah Anda taruh ia dalam boks.

Pasang Musik

Nyalakan CD lagu pengantar tidur favorit anak, atau rekamlah suara Anda yang sedang menyanyikan lagu tersebut. Pasanglah lagu-lagu ini hanya saat menjelang waktu tidur sehingga bayi akan belajar mengaitkannya dengan waktu tidur.

Hati-Hati Memilih Metode Tidur

Bayi harus tetap Anda dampingi saat tidur. Hindarilah metode tidur yang terbilang ‘keras’, seperti membiarkan ia menangis hingga tertidur, apalagi jika dilakukan kepada bayi Anda yang masih terlalu kecil. Hal tersebut bisa membuat ia merasa gelisah. Bayi pun akhirnya merasa takut tidur. Jadi, pilihlah metode tidur yang benar-benar sehat agar si kecil merasa senang & aman. Baca juga: 9 Tips Bayi Lelap Tidur Di Waktu Malam.

Nah itulah tentang bagaimana cara agar bayi tidur nyenyak tanpa dibedong. Semoga membantu Bunda agar tidak kesulitan lagi saat menidurkan si buah hati. Lakukan dengan lembut dan penuh kesabaran ya karena beberapa bayi memang butuh waktu lama untuk beradaptasi.

Related Post "CARA AGAR BAYI TIDUR NYENYAK TANPA DIBEDONG"

4 TIPS JIKA BAYI TIDAK MAU MENYUSU PADA IBU
4 tips jika bayi tidak mau menyusu
PENYEBAB BERAT BADAN BAYI TIDAK BERTAMBAH NAIK
Berat badan bayi tidak bertambah naik juga?
USIA BERAPA BAYI BOLEH TIDUR MEMAKAI BANTAL?
Usia berapa bayi boleh tidur memakai bantal?
17 NAMA BAYI TERPOPULER DI TAHUN 2017
Apa saja nama bayi terpopuler di tahun