5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA

Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak. Tentu setiap anak selalu suka permainan. Bentuk dari permainan yang beraneka macam akan membantu untuk meningkatkan kecerdasan si buah hati. Maka, penting bagi Bunda untuk mengetahui panduan di dalam memilih mainan bagi anak. Pilihlah mainan anak yang tidak bukan cuma membuatnya terhibur, tetapi juga yang mampu membantu meningkatkan kecerdasan buah hati Anda.

Banyak berbagai permainan ataupun mainan yang bisa menstimulasi perkembangan otak anak, baik yang tradisional ataupun mainan modern. Salah satu jenis mainan yang punya manfaat yang luar biasa bagi perkembangan anak Anda adalah puzzle. Berikut adalah 5 manfaat bermain puzzle bagi anak yang perlu Anda ketahui. Yuk, Kita simak penjelasannya!

5 manfaat bermain puzzle bagi anak balita

Image: ohbaby.co.nz

Mainan Puzzle Dapat Meningkatkan Daya Ingat Anak

Puzzle merupakan permainan dengan cara menyusun gambar. Pada permainan yang satu ini anak Anda dilatih untuk mengingat sebuah bentuk gambar, kemudian menyusunnya kembali dengan tepat. Proses ini juga akan membantu anak Anda untuk mengingat & menyusun kembali bentuk dari puzzle.

Mainan Puzzle Mampu Melatih Kesabaran Anak

Menggabungkan potongan-potongan dari puzzle membutuhkan kesabaran khusus pada seorang anak. Bermain puzzle juga menuntut anak Anda untuk lebih sabar & mau berlatih untuk dapat berproses agar mencapai satu tujuannya.

Mainan Puzzle Dapat Melatih Motorik Anak

Anak dengan usianya yang masih balita sedang berlatih dalam menggerakkan motorik-motorik halusnya. Saat ia bermain puzzle, anak secara otomatis akan berlatih untuk dapat mengatur antara gerakan matanya dan tangannya. Gerakan motorik halus seperti ini akan membantu meningkatkan ketrampilan anak yang lainnya, seperti kemampuan dalam hal menulis.

Bermain Puzzle Melatih Anak Mengenal Bentuk

Balita masih terus berlatih dalam mengenal berbagai bentuk & juga warna benda di sekitarnya. Nah Bunda, permainan puzzle ini dapat membantu anak dalam berlatih mengenal bentuk, warna dan juga gambar yang terdapat pada puzzle.

Bermain Puzzle Melatih Kemampuan Anak Dalam Menyelesaikan Masalah

Permainan puzzle akan membantu buah hati Anda untuk berlatih menyelesaikan sebuah masalah. Puzzle termasuk jenis permainan teka-teki. Saat anak bermain puzzle, ia diminta untuk menyusun kembali semua potongan puzzle. Hal tersebut membantu mengembangkan kemampuan anak Anda dalam memecahkan masalah. Baca juga: Manfaat Bermain Bagi Kesehatan & Kecerdasan Si Kecil.

Bunda, demikian 5 manfaat bermain puzzle bagi anak. Awalnya Anda dapat memberikan si kecil sebuah puzzle dengan potongan-potongan yang sedikit & bentuknya yang lebih besar. Setelah anak Anda terbiasa, Bunda dapat memberikan sebuah puzzle lainnya yang lebih rumit.

Related Post "5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang
BUNDA, STOP DONGENG PRINCESS (PUTERI) BAGI ANAK!
Bunda, stop dongeng princess (puteri) bagi anak
BAD MOOD AYAH BERDAMPAK NEGATIF PADA PERKEMBANGAN ANAK
Menurut penelitian, bad mood ayah berdampak negatif