MANFAAT UBI UNGU UNTUK MPASI BAYI

Manfaat ubi ungu untuk MPASI tidak perlu diragukan lagi. Setelah 6 bulan, bayi Anda tidak hanya membutuhkan asupan nutrisi dari ASI saja. Melainkan si buah hati juga perlu mendapatkan nutrisi terbaiknya dari Makanan Pendamping ASI ( MPASI ) yang kaya akan kandungan gizi. Tentunya, hal ini bertujuan untuk dapat mendukung daya tahan tubuh si kecil agar ia tak mudah sakit & ia juga bisa tumbuh & berkembang secara optimal.

Perlu Bunda ketahui, bahwa pada masa tumbuh kembangnya, pada bayi terdapat sekitar 70% sel imun yang dibentuk di dalam saluran pencernaannya. Namun, secara fisiologis ternyata saluran pencernaan bayi Anda belum bekerja secara sempurna sehingga belum cukup maksimal di dalam menjalankan sistem imunnya. Oleh karena itu, bayi Anda sangat rentan mengalami berbagai macam masalah pencernaan. Disamping itu, agar mampu menyerap gizi & asupan makanan yang dikonsumsinya, tentu sangat diperlukan sebuah sistem pencernaan bayi yang sehat. Ini juga harus didukung dengan cara mengonsumsi makanan yang dapat membantu sistem pencernaan bayi Anda menjadi lebih sehat.

Manfaat ubi ungu untuk MPASI bayi

Image: republika.co.id

Dr. Julistio Djais, SpA(K), Kes seperti dikutip pada laman vemale.com menjelaskan bahwa MPASI penting untuk mendukung proses perkembangan saluran cerna karena mampu mengembangkan sistem kekebalan di dalam tubuh yang paling besar. Sistem saluran cerna bayi yang imatur juga perlu untuk terus dikembangkan. Hal ini agar kemampuan digestive pada tahun pertama anak jadi lebih baik.

Bunda bisa memberikan ubi ungu sebagai MPASI pada si buah hati. Manfaat ubi ungu untuk MPASI sangat luar biasa, hal tersebut mengingat bahwa ubi ungu mempunyai semua sumber gizi yang sangat dibutuhkan oleh si buah hati. Ubi ungu sendiri termasuk salah satu makanan lokal yang tergolong superfood sebab mengandung betakaroten & antosianin.

Ubi ungu bisa Anda jadikan pilihan untuk MPASI bayi karena tidak hanya memiliki kandungan zat gizi yang lengkap serta seimbang, namun juga memiliki kandungan antioksidan alami berupa antosianin & betakaroten.

Menariknya lagi, ternyata ubi ungu mengandung pigmen berwarna ungu yang sangat bermanfaat sebagai anti-oksidan, zat anti kanker, serta juga anti-bakteri. Bunda tentu bisa membuat sendiri ubi ungu ini sebagai MPASI. cara membuatnya cukup campurkan saja ubi ungu ini dengan susu, bisa susu yang diperah dari ASI ataupun dari susu bubuk full cream yang biasa diminum si kecil. Dari situ buah hati Anda sudah mendapatkan karbohidrat juga asupan serat yang cukup. Baca juga: Contoh Jadwal Makan MPASI Pada Bayi 6 Bulan.

Namun perlu di ingat, usahakan agar Bunda merebus ubi ungu ini hingga benar-benar matang & membuat teksturnya jadi sehalus mungkin ya sebelum ia benar-benar Anda berikan kepada buah hati. Tunggu apalagi, pastikan manfaat ubi ungu untuk MPASI ini dirasakan juga oleh buah hati Anda.

Related Post "MANFAAT UBI UNGU UNTUK MPASI BAYI"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa