BOLEHKAH MEMIJAT BAYI MEMAKAI MINYAK ZAITUN?

Bolehkah memijat bayi memakai minyak zaitun? Sejak zaman dulu, memijat bayi merupakan salah satu hal yang sangat cukup populer. Hal tersebut mengingat bahwa si kecil juga perlu mendapat pijatan agar tubuhnya semakin merasa nyaman, otot-ototnya akan semakin lemas & pertumbuhan serta tumbuh kembangnya semakin baik. Biasanya, di saat memijat bayi, para orang tua akan memakai minyak zaitun ataupun minyak alami lain saat melakukan proses pemijatan. Hal itu bertujuan agar kulit bayi tetap halus & lembut, penggunaan minyak zaitun tersebut juga bertujuan agar bayi Anda merasa nyaman & tidak merasa sakit selama pemijatan.

Namun, apakah benar penggunaan minyak zaitun ketika memijat bayi ini aman untuk kesehatan kulit bayi? Dan bolehkah memijat bayi memakai minyak zaitun? Dikutip dari web asiantown.net, penggunaan minyak zaitun ketika memijat bayi sebenarnya sangat tidak disarankan. Para ahli kesehatan di University of Manchester menjelaskan bahwa minyak zaitun ini bisa saja membuat kulit bayi Anda mengalami iritasi, sakit & bahkan berisiko menyebabkan eksim atau berbagai masalah kulit lainnya.

Bolehkah memijat bayi memakai minyak zaitun?

Image: quarantasettimane.com

Para ahli juga mengungkapkan bahwa pemakaian minyak zaitun dan minyak alami lainnya bisa saja merusak sistem pelindung alami pada kulit si kecil. Ketika pelindung kulit tersebut rusak, dikhawatirkan akan membuat si buah hati menjadi mudah terserang oleh berbagai masalah & penyakit. Hal tersebut juga sangat dikhawatirkan bisa membuat kulit bayi Anda mengalami infeksi.

Dr Alison Cooke, seorang ahli kesehatan dari Royal College of Midwives menjelaskan bahwa memang minyak alami seperti zaitun sebenarnya sangat baik bagi kesehatan kulit. Namun saat diaplikasikan pada kulit bayi Anda yang masih sangat sensitif, hal ini dikhawatirkan dapat membuat kulit bayi Anda mudah mengalami iritasi & infeksi.

Dr Alison juga menambahkan bahwa banyak orang yang memakai minyak zaitun untuk melakukan pijat pada bayinya. Namun, mereka tidak pernah berpikir seperti apa dampaknya untuk kesehatan kulit bayinya di masa depan. Minyak yang terurai jadi asam lemak secara berkala bisa membuat struktur pelindung kulitnya menjadi rusak. Jika hal seperti itu terjadi, tentu akan sangat berbahaya & bisa menyebabkan timbulnya berbagai risiko masalah kulit.

Disamping itu, Dr Carol Bedwell juga menyarankan agar para orang tua menggunakan air saja ketika melakukan pijat bayi. Air diyakini lebih baik & lebih sehat di kulit bayi dibanding dengan minyak zaitun atau yang sejenisnya. Untuk orang de-wasa, penggunaan minyak zaitun memang akan sangat baik & punya banyak manfaat, namun jika hal tersebut diberikan pada anak-anak, terlebih pada mereka yang masih bayi, karena itu bisa saja berubah jadi berbahaya. Baca juga: 11 Teknik Pijat Bayi Untuk Bunda Pemula.

Terjawab sudah pertanyaan tentang bolehkah memijat bayi dengan minyak zaitun ini. Meskipun demikian, Bunda tidak perlu terlalu khawatir. Para ahli kesehatan akan terus melakukan penelitian ilmiah lanjutan tentang hal ini. Para ahli juga menjelaskan jika pemakaian minyak zaitun tersebut selama tidak berlebihan & masih dalam batas wajar, maka tidak terlalu berbahaya untuk kesehatan kulit bayi.

Related Post "BOLEHKAH MEMIJAT BAYI MEMAKAI MINYAK ZAITUN?"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa