BAD MOOD AYAH BERDAMPAK NEGATIF PADA PERKEMBANGAN ANAK

Menurut penelitian, bad mood ayah berdampak negatif pada perkembangan anak. Mungkin diantara Kita masih banyak orang sering berpikir bahwa Ibu merupakan sosok yang memiliki porsi besar dalam memberi pengaruhnya dalam perkembangan & pertumbuhan pribadi anaknya. Tapi jangan lupa juga bahwa Ayah ternyata memegang peranan penting di dalam pertumbuhan anak, bahkan mungkin lebih besar dari yang Anda bayangkan.

Seperti yang pernah dijelaskan oleh Ronald P. Rohner, Ph.D., seorang direktur Center for the Study of Parental Acceptance & Rejection di University of Connecticut, ia mengatakan bahwa kurangnya kasih sayang seorang ayah, bentuk penerimaan dan juga penolakan yang dilakukan seorang ayah bisa memberikan dampak buruk bagi perkembangan anak.

bad mood ayah berdampak negatif pada perkembangan anak

Bad mood ayah berdampak negatif pada perkembangan anak

Banyak penelitian ilmiah telah membuktikan ternyata kasih sayang & penolakan dari seorang ayah maupun ibu dapat memberikan pengaruh pada sikap, stabilitas emosi, rasa percaya diri serta berpengaruh pembentukan karakter anak, baik itu dalam sisi positif maupun negatif.

Mungkin belum banyak orang yang sadar bahwa ternyata sikap seorang ayah bisa memberikan pengaruh negatif secara psikologis, bahkan di dalam masalah lebih besar lagi, anak-anaknya bisa mengalami gangguan karakter, mengalami penyimpangan sosial, kenakalan dan juga ada yang berujung pada penyalahgunaan obat-obatan.

Begitu juga sebaliknya, jika seorang ayah bersikap baik & positif kepada anak, kemungkinan besar hal tersebut mampu meningkatkan perkembangan pada terbentuknya karakter sang anak. Dalam penelitian lainnya yang dilakukan di Michigan State University, membuktikan bahwa bukan hanya sikap seorang ayah saja yang penting di dalam hidup anak-anaknya, kesehatan mental seorang ayah ternyata lebih kuat juga dampaknya pada perkembangan anak.

Banyak pria (ayah) mungkin memang perlu berusaha keras untuk belajar lebih sabar untuk bisa mengendalikan emosinya, karena bagaimana pun juga peran seorang ayah di depan anak bisa berpengaruh pada perkembangan & juga pertumbuhan anak nantinya. Baca juga: Studi Ilmiah; Bayi Lebih Cerdas Apabila Dekat Dengan Ayah.

Terbukti bad mood ayah berdampak negatif pada perkembangan anak. Jadi mulai sekarang berusalah untuk tidak menunjukkan mood yang jelek di depan anak, apalagi sampai bersikap lebih jauh, terlebih lagi jika anak masih kecil dan butuh kasih sayang yang besar, karena dampak buruk perilaku sang ayah akan panjang hingga mempengaruhi karakter anak sampai ia de-wasa nanti.

Related Post "BAD MOOD AYAH BERDAMPAK NEGATIF PADA PERKEMBANGAN ANAK"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang
BUNDA, STOP DONGENG PRINCESS (PUTERI) BAGI ANAK!
Bunda, stop dongeng princess (puteri) bagi anak