7 TIPS & CARA MENGASAH KECERDASAN BAYI

7 cara mengasah kecerdasan bayi ini sangat simple untuk Bunda lakukan. Bayi Anda yang baru lahir mempunyai 100 milyar neuron di otaknya & di tahun pertamanya neuron-neuron ini akan mulai aktif serta saling terhubung satu sama lain. Agar neuron tersebut bisa aktif serta anak Anda tumbuh dengan memiliki otak yang cerdas, Bunda harus terus menerus mengasahnya.

Bagaimana cara meningkatkan kecerdasan otak si kecil sejak ia masih bayi dengan cara yang menyenangkan. Nah, berikut ini ada 7 tips mengasah kecerdasan bayi yang bisa Anda praktekkan sendiri dengan cukup mudah.

Buat waktu tidur & waktu makan jadi menyenangkan

Apabila bayi Anda sering menangis ataupun rewel saat makan atau saat menjelang tidur, maka hal tersebut bisa menumbuhkan pola negatif atau tidak baik pada perkembangan otak buah hati Anda. Oleh sebab itu, sebisa mungkin buatlah agar waktu tidur & makan menjadi aktifitas menyenangkan serta bebas dari pertengkaran. Bunda bisa saja mendongeng sebelum tidur ataupun bermain sambil makan. Baca juga: Tips Mudah Mengatasi Bayi Rewel Saat Tidur.

7 cara mengasah kecerdasan bayi

Image: www.parents.com

Berikan respon yang baik pada perilaku bayi

Otak bayi Anda yang masih muda & berkembang akan belajar untuk dapat mengenal dunia lebih baik lagi dengan mempelajari respon yang Bunda berikan pada perilaku mereka. Oleh karena itu, berikanlah respon yang konsisten, bisa diprediksi, menentramkan hatinya & dilakukan dengan cara-cara yang baik dan tepat.

Bangunlah ikatan dengan bayi saat mengganti popoknya

Penelitian terkini menunjukkan bahwa bayi yang sering mendapat sentuhan orang tuanya mempunyai ukuran otak yang lebih besar dibandingkan bayi yang jarang mendapat sentuhan dari orang tuanya. Oleh karena itu, manfaatkanlah saat sedang mengganti popok si kecil dengan menyentuh tubuh bayi lucu Anda sambil terus mengajaknya untuk berbicara. Baca juga: Studi Ilmiah, Bayi Lebih Cerdas Jika Sering Diajak Ngobrol.

Bangunlah kepercayaan dengan bayi Anda

Bayi yang sangat dekat secara emosi bersama dengan orang tuanya akan bisa menghabiskan waktu lebih banyak lagi untuk mengeksplor dunia ini dengan cara terus belajar berbagai hal yang baru baginya. Nah, sangat penting juga bagi Bunda untuk dapat membangun kepercayaan dengan bayi mungil Anda dengan jalan memberikan perhatian & fokus hidup yang cukup bagi buah hati Anda.

Memijat tubuh bayi

Pijatan Anda yang lembut pada tubuh bayi mampu mengurangi tingkat stres & sekaligus mampu meningkatkan kemampuan bayi Anda secara emosional. Jangan ragu juga untuk memijat kaki-kaki mungilnya di saat ia akan tidur ataupun memijat tubuhnya yang sedang lelah saat mandi. Bahkan bayi prematur yang sering dipijat sehari 3 kali akan segera siap untuk meninggalkan rumah sakit. Baca juga: 11 Tips Pijat Bayi Bagi Bunda Pemula.

Membangun lingkungan yang aman

Bunda, pastikan juga kondisi rumah Anda sudah aman bagi bayi untuk dapat bermain di dalamnya. Buatlah benda-benda yang terdapat di dalam rumah menjadi ramah terhadap bayi sehingga ia akan merasa aman untuk bisa berkeliling di dalamnya. Dengan cara demikian, bayi kecil Anda akan belajar untuk mengeksplor sekaligus mengenal lingkungan tempat dia tinggal dengan aman & nyaman. Baca juga: 7 Tips Rumah Yang Aman Bagi Bayi.

Menyanyi

Menyanyikan lagu anak-anak ataupun nina bobo pada bayi terbukti sangat baik untuk mengembangkan kemampuan berbahasanya. Jadi, jangan pernah ragu untuk menyanyikan lagu terbaik untuk buah hati Anda.

Nah silahkan Bunda praktekkan 7 cara mengasah kecerdasan bayi tersebut. Maka bayi Bunda akan dengan sendirinya bisa belajar mengeksplorasi kemampuannya secara maksimal. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkannya ya!

Tags: Anak pintar cerdas mendidik anak Perkembangan Bayi

Related Post "7 TIPS & CARA MENGASAH KECERDASAN BAYI"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa