4 TIPS AGAR YOUTUBE AMAN BAGI ANAK ANAK

4 Tips Agar Youtube Aman Bagi Anak – Bunda, 10-15 tahun lalu, sepulangnya sekolah anak-anak generasi kita mungkin menghabiskan waktunya dengan bermain di luar rumah ataupun nonton acara anak-anak di TV. Sebut saja seperti Tralala-tralili atau telenovela anak populer seperti Amigos, menjadi penghibur yang menyenangkan sesudah seharian lelah belajar. Berbeda dengan zamannya kita dulu, anak-anak di zaman sekarang sudah berbeda. Kini dengan sangat gesitnya mereka bisa mengakses Youtube dari gadgetnya ataupun PC. Mulai dari berbagai video unboxing mainan, aneka tutorial sampai menonton vlog dari para artis Youtube favoritnya.

Perlu diakui bahwa Youtube ini memang sangat menarik. Selain dapat memberikan aneka pengetahuan, sebaliknya mengakses Youtube juga bagaikan dua sisi mata pedang. Sisi kelam dari Youtube tidak dapat kita abaikan. Apa saja kita dapat temukan di sana, mulai lumrahnya p*rnografi, hate speech, tindak kekerasan sampai tayangan radikal yang berkaitan dengan kebencian terhadap orang lain. Mengerikan? Memang, lebih-lebih lagi anak Kita juga punya kesempatan untuk dapat membuat dan juga membagikan video sama seperti ketika mereka memiliki kesempatan mengaksesnya dari Youtubers lain.

4 Tips Agar Youtube Aman Bagi Anak

Image: ourpact.com

Anak-anak di masa kini merupakan anak-anak generasi Z. Mereka begitu cepat beradaptasi dengan berbagai kecanggihan teknologi baru, tanpa harus bertanya pada orang lain lagi bagaimana caranya. Buku panduan manual? Mereka sudah tidak membutuhkannya lagi. Namun, kecepatan mereka dalam memahami suatu perangkat teknologi secara teknis, belum diimbangi secara baik dengan bagaimana cara mereka memahami dunia maya ini secara etis. Jelas tugas orang tualah yang jadi penyaring informasi-informasi yang masuk, misalnya seperti tayangan Youtube. Bagaimana caranya? Berikut 4 tips agar Youtube aman bagi anak.

Buatlah akun keluarga

Buatlah akun Gmail yang bisa diakses oleh semua anggota keluarga. Lewat akun ini orang tua bisa melihat history dari tayangan yang ditonton & sekaligus mengatur penyaringan tontonan.

Nyalakan mode Safety Mode

Youtube sendiri memiliki fitur Safety Mode yang berfungsi untuk mengatur tayangan apa saja yang boleh ditonton oleh anak-anak ataupun berbagai tayangan yang secara acak bisa muncul di kolom rekomendasi ataupun autoplay. Baca juga: 5 Tips Agar Anak Lebih Suka Buku Ketimbang Gadget.

Buatlah playlist khusus

Kadang-kadang saat kita sedang menonton video di Youtube, maka secara acak akan muncul pula tayangan lain yang tidak sesuai dengan video yang ditonton sebelumnya. Ini tentu akan berbahaya jika tayangan yang acak tersebut menampilkan berbagai video yang tidak seharusnya ditonton oleh anak-anak. Maka, buatlah sebuah playlist khusus bagi anak Anda. Daftarkanlah akun ke channel yang memang family friendly, misalnya saja seperti Disney Channel, Pixar atau Sesame Street. Maka video nantinya akan dimainkan secara otomatis & akan sesuai usia dan pilihan orangtua.

Alternatif Lainnya Selain Youtube

Anda bisa mencoba beberapa alternatif lainya selain situs Youtube yang resmi ini, misalnya seperti SprogTube ataupun apps Youtube Kids. SprogTube & Youtube Kids telah dikurasi berdasarkan konten-konten yang ramah untuk ditonton anak-anak. Baca juga: 4 Tips Internet Aman Bagi Anak.

Silahkan dicoba 4 tips agar Youtube aman bagi anak tersebut ya Bun. Yang paling penting adalah jangan pernah membiarkan anak Anda mengeksplorasi keingintahuannya melalui dunia maya sendirian. Temanilah mereka & berikan sebuah pemahaman bahwa internet itu memiliki dua sisi baik & buruk. Bantulah anak-anak Anda untuk berkreasi namun dengan cara yang tepat, yang sesuai dengan usianya.

Tags: Anak pintar cerdas mendidik anak perkembangan anak

Related Post "4 TIPS AGAR YOUTUBE AMAN BAGI ANAK ANAK"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang