3 CARA BERKOMUNIKASI DENGAN BAYI BARU LAHIR

Bagaimana cara berkomunikasi dengan bayi baru lahir? Menjadi orang tua tentu merupakan salah satu hal terbaik dan diharapkan hampir setiap orang. Namun, dengan lahirnya seorang anggota yang baru di tengah keluarga Anda, Anda juga harus siap menanggung tanggung jawab lebih. Menjalin komunikasi dengan baik bahkan dengan si kecil yang baru lahir merupakan salah satu tanggung jawab Anda.

Tapi ada atau tidak ya cara berkomunikasi dengan bayi baru lahir dan bagaimana agar hal tersebut terjalin dengan baik dengan si buah hati sejak ia terlahir ke dunia ini serta menjadi anggota baru keluarga? Berikut 3 tips yang bisa Anda lakukan untuk menjalin komunikasi dengan anak yang baru lahir.

 

Tersenyum padanya dengan penuh perhatian

Bayi bisa mengerti emosi yang sedang Anda rasakan meskipun memang mereka tidak mengerti dengan apa yang Anda katakan. Mereka juga mampu mengerti akan arti sentuhan Anda. Pada saat Anda mencoba untuk menjalin komunikasi dengan mereka, tentu saja mereka berusaha untuk balik merespon Anda dengan sebuah senyuman atau beberapa gerakan kecil.

cara berkomunikasi dengan bayi baru lahir

Image: www.optibacprobiotics.co.uk

Berikanlah senyuman terbaik Anda dengan sepenuh perhatian, maka buah hati Anda yang baru lahir pun akan memberikan respon positif terhadap apa yang Anda lakukan. Baca juga: Studi Ilmiah, Sentuhan Ibu Ternyata Membawa Efek Ajain Bagi Bayi.

Mengajak bayi bicara

Anda juga perlu mengajak ngobrol bayi mulai sejak ia baru lahir. Bayangkan saja bahwa bayi Anda sudah memasuki masa anak-anak. Ajaklah mereka berbicara seperti seakan mereka sudah mengerti & si kecil akan mulai merespon pembicaraan Anda. Dengan mempraktekkan cara ini, mereka akan cepat dalam mengingat dan mampu merasakan apa yang Anda katakan. Baca juga: Keajaiban Suara Ibu Bagi Anak-Anaknya.

Sering-seringlah berbicara pada bayi Anda

Meskipun buah hati Anda belum bisa melihat, namun penelitian membuktikan bayi sudah mampu mendengar sejak ia lahir. Mereka sangat mencintai suara Anda sebagai orangtuanya, terutama sang ibu. Sering-seringlah untuk mengajak mereka berbicara. Bahkan, Anda juga bisa mulai mengenalkan beberapa kosakata sederhana pada bayi Anda.  Baca juga: Cara Hebat Mengasuh Bayi 0 Hingga 4 Bulan.

Cobalah 3 cara berkomunikasi dengan bayi baru lahir di atas, karena akan memberikan manfaat besar bagi perkembangan motorik halusnya serta panca inderanya. Jadi bersenang senanglah bersama buah hati Anda dengan seringnya mengajak berkomunikasi.

Related Post "3 CARA BERKOMUNIKASI DENGAN BAYI BARU LAHIR"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini