BOLEHKAH ANAK MINUM KOPI?APAKAH BAHAYA?

Bolehkah anak minum kopi? Apakah bahaya? Kopi memang identik dengan minuman orang de-wasa. Rasanya kurang lengkap apabila dalam sehari saja tidak minum secangkir kopi panas sebelum Anda mulai bekerja bukan? Namun saat ini ternyata anak-anak juga mulai banyak yang suka minum kopi.

Yang menjadi pertanyaan adalah bolehkah anak minum kopi? Apakah bahaya jika si kecil mengonsumsinya? Ada berbagai penelitian yang menemukan manfaat minum kopi untuk kesehatan tubuh. Misalnya seperti yang dilansir oleh laman web kidzworld.com, yang menjelaskan bahwa 6 cangkir kopi dalam sehari mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes, penyakit Parkinson, penyakit kanker usus hingga penyakit alzheimer. Namun ternyata disaat yang bersamaan, terlalu banyak mengonsumsi kopi juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Bolehkah anak minum kopi? Apakah bahaya?

Image: 123rf.com

Dr. Tomas De Paulis, yang merupakan seorang peneliti & mengkhususkan dirinya pada kopi serta efeknya pada anak, menjelaskan bahwa sebetulnya kopi ini tidaklah buruk jika dikonsumsi oleh anak-anak sekalipun. Pada anak-anak, kopi terbukti mampu meningkatkan konsentrasi sehingga akan bermanfaat jika di minum sebelum anak mulai menjalani ujian misalnya. Sebuah penelitian ilmiah di Brazil, negara yang menjadi penghasil kopi paling besar di dunia, membuktikan bahwa anak-anak yang meminum kopi dengan susu di tiap pagi akan terhindar dari depresi dibanding dengan yang tidak mengkonsumsinya.

Namun yang perlu diingat, mengonsumsi kopi juga mempunyai efek negatif terkait dengan jumlah kandungan kafeinnya. Kafein yang terkandung di dalam kopi akan menimbulkan beberapa masalah pada jantung & saraf serta bisa memperbesar kemungkinan anak jadi hiperaktif. Disamping itu, terbiasa mengkonsumsi kafein bisa membuat anak Anda kecanduan. Baca juga: Minuman Bersoda Membuat Anak Nakal.

Jadi apabila Anda ingin memberikan kopi pada anak, berikanlah dalam batas kewajaran saja, misalnya dalam satu minggu sekali hanya diberikan secangkir kecil saja. Tentu Kita sebagai orang tua tidak mau jika kebaikan yang terkandung di dalam kopi ini justru merusak kesehatan si buah hati bukan? Sekarang sudah terjawab bukan pertanyaan bolehkah anak minum kopi? Apakah bahaya jika si kecil mengonsumsinya? Sekarang tergantung Anda sebagai orang tua yang bijak memberikannya pada anak.

Related Post "BOLEHKAH ANAK MINUM KOPI?APAKAH BAHAYA?"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan