5 JENIS TANDA LAHIR PADA BAYI & ARTINYA

5 jenis tanda lahir pada bayi & artinya ini harus Bunda ketahui, karena tidak semuanya aman bagi kesehatan si kecil. Dilihat dari segi penampilan, tanda lahir pada anak seringkali menimbulkan masalah. Perlukah Bunda merasa khawatir?

Yuk kenali serta cari tahu 5 jenis tanda lahir pada bayi & artinya agar Bunda bisa waspada terhadap berbagai kemungkinan yang ada. Berikut penjelasannya.

Hemangioma

Hemangioma merupakan sekelompok pembuluh darah pada bayi yang tidak ikut aktif di dalam peredaran darah umum & muncul pada permukaan kulit. Warnanya biasanya merah muda, merah cerah, ataupun merah kebiruan.

5 jenis tanda lahir pada bayi & artinya

Image: www.hammihan.com

Hemangioma biasanya muncul pada saat minggu pertama pasca si kecil lahir. Dalam satu tahun, tanda lahir tersebut akan membesar 2x dari ukuran semula, kemudian stabil. Warnanya akan semakin memudar & menghilang saat anak Anda sekolah atau puber.

Mongolian spot

Mongolian spot ataupun bercak Mongol terjadi karena terperangkapnya sel pigmen pada bagian belakang tubuh bayi ketika pembentukan sistem saraf. Warnanya biasanya biru, biru hitam ataupun abu-abu. Bentuk & ukurannya bervariasi.

Umumnya bercak akan muncul pada sisi punggung bawah, bagian paha belakang, kaki, bagian punggung atas & bahu. Mongolian spot ini biasanya memudar seiring dengan pertumbuhan anak, meskipun demikian ada pula yang terus menetap hingga anak de-wasa.

Bercak cafe’ au lait

Bercak cafe’ au lait ini berbentuk bintik warna cokelat muda atau berwarna cokelat tua. Bentuknya tampak tidak teratur & mendatar pada bagian permukaan kulit dengan ukurannya sekitar 3-5 mm. Lokasinya dapat menyebar di bagian mana saja. Meskipun tidak berbahaya, Bunda perlu berkonsultasi dengan doker apabila terdapat 5 atau lebih bercak yang diameter lebih dari 5 mm. Bisa jadi hal itu merupakan pertanda si kecil menderita penyakit genetik.

Nevus congenital

Nevus congenital ini bentuknya berupa tahi lalat dengan ukuran antara 1 cm hingga lebih dari sekitar 20 cm. Warnanya tampak kecokelatan sampai hitam & terkadang diselingi rambut. Apabila ukurannya membesar, segera temui dokter. Karena kemungkinan tanda lahir tersebut berkembang menjadi keganasan.

Akrosianosis

Akrosianosis ini berupa bercak kemerahan pada permukaan kulit yang sering ditemui pada jari tangan & kaki. Di saat bayi menangis atau sedang kedinginan, warna bercaknya akan berubah menjadi agak kebiruan & kian jelas. Dibandingkan dengan bayi laki-laki, bayi perempuan jauh lebih sering mengalami akrosianosis. Akrosianosis sendiri tidak berbahaya & akan hilang sendiri. Baca juga: 50 Fakta Penting Bayi Baru Lahir Yang Jarang Diketahui.

Itulah 5 jenis tanda lahir pada bayi & artinya menurut medis yang perlu Bunda ketahui. Kebanyakan memang tidak berbahaya, hanya beberapa saja diantaranya yang harus Bunda waspadai.

Related Post "5 JENIS TANDA LAHIR PADA BAYI & ARTINYA"

5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
BAHAYA BEDAK BAYI & CARA AMAN MENGGUNAKANNYA
Bunda, ketahui bahaya bedak bayi dan cara
4 MANFAAT IKAN UNTUK MPASI BAYI, TIPS & RESEP
Bunda, ketahui 4 manfaat ikan untuk MPASI