BAYI MUNTAH BERWARNA HIJAU, BAHAYAKAH?

Bayi muntah berwarna hijau, bahayakah? Pertanyaan tersebut mungkin pernah ditanyakan beberapa Bunda yang panik saat bayinya muntah dan warnanya hijau. Waspada apabila bayi Bunda yang baru lahir mengalami muntah muntah dan berwarna hijau, baik itu sebelum ataupun sesudah diberikan ASI. Kemungkinan 80 persen penyebab hal tersebut adalah terdapatnya obstruksi ataupun sumbatan pada bagian saluran pencernaan bagian atas bayi (setinggi usus 12 jari).

Pada kondisi seperti ini, bayi Anda bisa mengalami dehidrasi dikarenakan cairan tubuhnya yang keluar terus menerus & kemungkinan terjadi aspirasi atau tersedak karena dari cairan lambungnya masuk ke dalam bagian saluran pernapasan, sehingga buah hati Anda harus segera dibawa ke rumah sakit ataupun klinik yang mempunyai tempat perawatan intensif NICU (Neonatal Intensive Care Unit). Apabila tidak segera mendapatkan penanganan yang serius, kondisi seperti ini bisa berlanjut pada kejang berat sampai henti jantung karena terjadinya ketidakseimbangan elektrolit tubuh bayi. Baca juga: Penyebab Diare Pada Bayi & Cara Mengatasinya.

Bayi muntah berwarna hijau, bahayakah?

Image: woman.ru

Apa yang jadi penyebab bayi muntah berwarna hijau ini? Meskipun penyebabnya masih belum diketahui banyak, sebagian besar para ahli menyatakan karena terjadinya kegagalan terbentuknya saluran usus 12 jari atau dalam istilah medis disebut revakuolisasi duodenum. Biasanya, jika pemeriksaan dengan USG saat kehamilan selalu dilakukan dengan teratur & rutin, calon ibu bisa segera mengetahuinya bahwa janin menderita kelainan ini atau tidak, agar setelah lahir, dapat segera ditangani dengan komprehensif, baik itu oleh dokter anak atau oleh dokter bedah anak.

Satu-satunya upaya pengobatan, jika memang telah terbukti terjadinya sumbatan dalam saluran pencernaan bagian atas si kecil adalah dengan jalan operasi. Namun operasi juga tidak mudah, karena membutuhkan kecermatan & kerjasama antar bagian medis, yaitu bagian anak, bagian bedah anak & anestesi. Hal itu dikarenakan pada bayi baru lahir, melakukan tindakan operasi sekecil apapun mempunyai risiko yang cukup besar, mulai dari adanya ancaman hipotermi  atau penurunan pada suhu tubuh bayi, kehilangan banyak cairan tubuh & darah, serta pengaruh dari obat bius yang diberikan selama operasi.

Namun, dengan penanganan yang baik & benar oleh para ahli sejak sebelum operasi, saat masa operasi & pasca operasi yang intensif, harapan bayi untuk sembuh akan tinggi. Jadi jika bayi muntah berwarna hijau, sebaiknya jangan ditunda lagi untuk segera memeriksakannnya ke rumah sakit atau dokter anak terdekat ya Bun.

Tags: Bayi Baru Lahir Merawat Bayi

Related Post "BAYI MUNTAH BERWARNA HIJAU, BAHAYAKAH?"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa