5 KESALAHAN MENCUCI DOT & BOTOL SUSU BAYI

5 kesalahan mencuci dot & botol susu bayi ini seringkali dilakukan oleh sebagian orangtua. Dari sekian banyaknya penyakit yang cukup rentan menyerang kesehatan si buah hati, diare termasuk salah satu yang bisa dikatakan paling mematikan. Berdasarkan sebuah laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dalam setiap tahunnya ada 1,5 juta anak balita yang meninggal dunia karena diare. Fakta inilah yang akhirnya membuat diare menjadi salah satu penyebab kematian paling besar kedua pada anak balita.

Salah satu faktor utama yang jadi penyebab penyakit diare pada bayi adalah karena kesalahan mencuci dot & botol susu bayi, hal ini menyebabkan banyaknya virus & kuman berbahaya yang masih tertinggal di dalam botol, yang pada akhirnya dapat membuat bayi Anda sakit. Nah, agar Bunda tidak salah di dalam mencuci botol bayi, yuk simak & hindari kesalahan-kesalahan berikut ini. 

5 kesalahan mencuci dot & botol susu bayi

Image: buro-sovetov.ru

Lupa Mencuci Tangan

Bisa jadi, tangan Andalah yang menjadi sumber dari penyebaran bibit penyakit. Karena kuman-kuman yang tadinya melekat ataupun terbawa oleh tangan kemudian berpindah ke dalam botol susu si kecil dan bisa saja menyebabkan penyakit pada si kecil. Singkatnya, Bunda tidak mungkin dapat membersihkan sebuah ruangan yang kotor apabila sapu yang Bunda pakai untuk menyapu ruangan tersebuat juga kotor kan?

Tidak Sempurna Dalam Membersihkannya

Sebagian dari kita mungkin saja hanya fokus untuk dapat membersihkan bagian dalam dari botol dan dot-nya, namun melupakan bagian pengencang pada leher dot ataupun gelang dot pada botol. Padahal, di saat membersihkan, setiap bagian botol bayi Anda harus dilepas & dibersihkan satu per satu agar mengusir seluruh kuman & bakteri penyebab penyakit yang mungkin saja bersarang pada bagian-bagian tersebut.

Kurang Telaten

Merendam botol dengan memakai air panas saja ternyata tidak menjamin semua kuman & bakteri jahat yang menempel pada semua bagian botol luntur. Meskipun secara kasat mata tampk bersih, boleh jadi ada beberapa bagian botol yang kurang bersih sehingga jadi sarang kuman & bakteri untuk dapat berkembang biak.

Tidak Memakai Air Mengalir

Hanya merendam botol susu di dalam air saja tidak akan membuat seluruh kuman & bakteri luntur dari dalam botol bayi Anda. Yang ada, malah kebiasaan tersebut akan membuat kotoran justru menempel lagi. Baca juga: Tips Aman Memilih Botol & Dot Susu Untuk Bayi.

Terlalu Lama Merendam Botol Setelah Disterilisasi

Kebiasaan tersebut akan membuat sterilisasi botol susu bayi menjadi percuma, karena bakterinya akan kembali & menempel lagi pada botol. Sebaiknya, setelah disterilisasi, tiriskanlah botol susu tersebut & keringkan dengan memakai lap ataupun handuk bersih yang digunakan khusus hanya untuk lap botol susu si kecil, setelah itu simpan botol susu di dalam sebuah wadah plastik yang bersih.

Nah, itulah 5 kesalahan mencuci dot & botol susu bayi. Pastikan Bunda menghindari kesalahan-kesalahan tersebut ya. Karena jika Bunda salah dalam mencuci botol, kemungkinan virus, bakteri & parasit yang terdapat dalam botol susu bisa membuat si kecil sakit. Untuk dapat membantu memudahkan Bunda dalam mencuci botol & dot susu si kecil, sebaiknya Bunda memilih botol susu yang memiliki bagian leher lebar yang cukup mudah dibersihkan secara menyeluruh.

Related Post "5 KESALAHAN MENCUCI DOT & BOTOL SUSU BAYI"

TIPS & CARA AGAR BULU MATA BAYI LENTIK ALAMI
Bagaimana tips & cara agar bulu mata
MANFAAT BOTOL SUSU BAYI & KAPAN MULAI MENGGUNAKANNYA
Botol susu bayi merupakan sebuah alat bantu
5 CARA AGAR RAMBUT ANAK BAYI LEBAT & TEBAL ALAMI
5 cara agar rambut anak bayi lebat
7 TIPS & CARA MENGHILANGKAN BAU PADA BOTOL SUSU BAYI
Bagaimana cara menghilangkan bau pada botol susu