4 TIPS JIKA BAYI MENANGIS SAAT MANDI

4 tips jika bayi menangis saat mandi ini bisa bunda aplikasikan di rumah, agar si kecl tidak rewel saat dimandikan. Apakah bayi Bunda langsung menangis dengan kencang setiap kali dia menyentuh air atau saat dimasukkan ke dalam bak mandi? Berbagai macam upaya sudah Bunda lakukan, mulai dengan mengisi bak mandinya dengan berbagai macam mainan, memutar musik yang lembut untuk menemani si kecil mandi. Namun, tidak ada satu pun yang berhasil membuat si buah hati menikmati momen mandinya.

Sebetulnya itu bukan merupakan hal aneh, jika buah hati Anda sering berlaku seperti itu. Tapi tak akan selamanya dia menangis ketika mandi Bun. Setelah si kecil semakin besar, ia akan bisa menikmati acara mandinya tersebut kok. Jadi, sebaiknya bersabarlah dalam menghadapinya. Namun, di saat bunda menghadapi tangisnya & mungkin sedikit ada pemberontakan, biasanya Bunda cenderung tegang & juga agak panik. Nah, bagaimana agar acara mandi buah hati Anda berjalan lancar? Cobalah Bunda terapkan 4 tips jika bayi menangis saat mandi ini, siapa tahu bisa berhasil untuk menenangkan si kecil.

4 tips jika bayi menangis saat mandi

Image: adclinic.com

Tetaplah tenang & relaks

Sikap Bunda yang sering ikut cemas dan juga panik akan membuat buah hati Bunda semakin tidak nyaman. Jadi saat si kecil tidak nyaman & mulai menangis, tetaplah tenang dan jangan terbawa situasi.

Periksa suhu air mandinya

Pastikan bahwa suhu air mandi si kecil tidak terlalu panas ataupun tidak terlalu dingin & bunda selalu menjaga dia dengan baik selama berlangsungnya proses mandi.

Celupkan kakinya terlebih dulu

Biarkan si kecil mencelupkan kaki mungilnya dahulu, sebelum mulai pelan-pelan Bunda meletakkannya ke dalam air. Sentuhannya yang tiba-tiba dengan air bisa membuat bayi Anda merasa tegang. Atau bisa juga Bunda membiarkan ia tetap memakai pakaian ketika pertama kali masuk ke dalam air. Lantas, bukalah dengan pelan-pelan pakaiannya setelah si kecil merasa lebih nyaman saat di dalam air. Sebaiknya, kenakan baju dari bahan yang cukup ringan & modelnya juga mudah dilepas.

Sesekali mandilah bersama si kecil di dalam bak mandi

Keberadaan Anda mungkin saja akan membuatnya menajdi merasa lebih tenang. Begitu dia mulai terbiasa, Anda bisa mengajaknya untuk bermain dengan beberapa cangkir-cangkir plastik yang dapat diisi air & ditumpahkan, atau bisa dengan rubber duckie yang dapat Bunda sertai cerita sederhana karangan Bunda sendiri. Baca juga: 11 Langkah Memandikan Bayi Bagi Bunda Pemula.

Nah Bunda, cobalah aplikasikan 4 tips jika bayi menangis saat mandi ini, siapa tahu bisa berhasil untuk menenangkan si kecil saat dimandikan. Lakukan dengan sabar dan lembut ya serta jangan panik agar kegiatan memandikan bayi Anda jadi menyenangkan.

Tags: Merawat Bayi

Related Post "4 TIPS JIKA BAYI MENANGIS SAAT MANDI"

5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
BAHAYA BEDAK BAYI & CARA AMAN MENGGUNAKANNYA
Bunda, ketahui bahaya bedak bayi dan cara
4 MANFAAT IKAN UNTUK MPASI BAYI, TIPS & RESEP
Bunda, ketahui 4 manfaat ikan untuk MPASI