MANFAAT MAINAN BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK

Manfaat Mainan Bagi Tumbuh Kembang Anak – Siapa bilang jika mainan anak hanya dapat  dipakai untuk bermain semata? Mainan anak ini ternyata dapat membantu proses tumbuh kembang si kecil juga. Mainan dapat membantu perkembangan anak dalam 3 hal. Pertama ialah perkembangan fisik anak, misalnya seperti bagaimana anak Anda bergerak. Yang kedua adalah dalam perkembangan kognitif anak, misalnya seperti bagaimana si anak berpikir. Yang ketiga  adalah perkembangan sosial emosional si anak, misalnya seperti bagaimana seorang anak berinteraksi.

Vera Itabiliana Hadiwidjojo, seorang psikolog anak, seperti dikutip oleh laman Fimela mengatakan bahwa selain itu anak juga membutuhkan stimulasi yang tepat untuk dapat mendukung tumbuh kembangnya. Mainan merupakan salah satu bentuk stimulasi yang sangat baik untuk anak, misalnya saja untuk membantu mengembangkan aspek sensorik & motorik anak. Stimulus juga dapat diberikan melalui suara & warna-warna. Itulah kenapa mainan anak banyak yang dilengkapi dengan bunyi-bunyian dan juga biasanya berwarna-warni. Karena hal tersebut bisa menstimulasi pendengaran serta penglihatan anak. Baca juga:

Manfaat Mainan Bagi Tumbuh Kembang Anak

Image: www.lysol.com

Mainan yang tepat juga mampu menstimulasi kemampuan motorik buah hati Anda, misalnya saja untuk bayi. Orang tua dapat memberikan mainan yang cukup mudah untuk digenggam. Pada 3 bulan pertama usia si kecil, mainan seperti itu mampu menstimulasi perkembangan fisik ataupun motoriknya.

Memilih jenis mainan harus juga disesuaikan dengan usia buah hati Anda. Pada seorang anak yang mulai belajar untuk berjalan misalnya, Anda bisa memberikan mainan yang bisa menopang si kecil sambil berdiri. Contohnya seperti mainan yang memiliki roda sehingga anak mampu mendorong-dorongnya sambil berdiri. Baca juga: Game Lucu & Edukatif Untuk Anak.

Agar manfaat mainan bagi tumbuh kembang anak bisa optimal dalam menstimulasi si kecil, ada dua buah prinsip yang harus Anda penuhi. Pertama, selalu mendampingi saat anak sedang bermain. Karena jika anak bermain begitu saja tanpa melakukan pendampingan, stimulasi bagi pertumbuhan & perkembangannya juga tidak akan maksimal. Kita sebagai orangtua juga bisa mengajak si kecil memainkan mainan dengan cara bernyanyi & bergerak. Jadi penting sekali untuk mengagendakan aktifitas bermain bersama dengan anak setiap harinya.

Yang berikutnya, orang tua harus memberikan mainan kepada anak disesuaikan dengan kategori usianya agar mampu mengoptimalkan stimulasinya. Jika kategori usia mainan anak lebih rendah dari usianya, nantinya anak akan lebih gampang merasa bosan karena tidak adanya tantangan. Dan sebaliknya, jika terlalu tinggi dari kategori usianya, umumnya anak tidak akan bisa menikmati mainan-mainan yang diberikan. Jadi mainan anak yang dipilih harus juga sesuai dengan usianya dan kebutuhan anak.

Nah jelas bukan manfaat mainan bagi tumbuh kembang anak ini, jadi sangat penting peran mainan bagi anak serta bukan sekedar untuk menyenangkan si kecil saja. Jadi pilihlah mainan buah hati Bunda dengan bijak ya!

Tags: mendidik anak perkembangan anak Perkembangan Bayi tumbuh kembang bayi

Related Post "MANFAAT MAINAN BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK"

4 TIPS JIKA BAYI TIDAK MAU MENYUSU PADA IBU
4 tips jika bayi tidak mau menyusu
PENYEBAB BERAT BADAN BAYI TIDAK BERTAMBAH NAIK
Berat badan bayi tidak bertambah naik juga?
USIA BERAPA BAYI BOLEH TIDUR MEMAKAI BANTAL?
Usia berapa bayi boleh tidur memakai bantal?
17 NAMA BAYI TERPOPULER DI TAHUN 2017
Apa saja nama bayi terpopuler di tahun