7 NUTRISI TERBAIK BAGI KESEHATAN ANAK

7 nutrisi terbaik bagi kesehatan anak ini perlu difahami betul oleh para orang tua. Kesehatan seorang anak tentu saja secara langsung berkaitan dengan pola makannya. Penerapan pola makan sehat & baik sejak usia dini akan sangat penting bagi perkembangan anak Anda di masa depannya.

Inilah yang harus Anda ketahui mengenai 7 nutrisi terbaik bagi kesehatan anak dan juga sumber makanan terbaik bagi kesehatan anak-anak yang perlu Bunda ketahui

Protein

Protein dibutuhkan untuk untuk dapat membangun sel, melawan timbulnya infeksi, menghasilkan energi dan juga mengangkut oksigen. Makanan yang kaya protein ini misalnya seperti daging tanpa lemak, kacang-kacangan, susu, buncis, Ikan, telur & kedelai.

7 nutrisi terbaik bagi kesehatan anak

Image: www.wtjohnson.com

Karbohidrat

Karbohidrat termasuk sumber penting bagi energi. Anak Anda perlu makan lebih banyak pati dan juga serat selama dalam masa pertumbuhannya. Makanan yang kaya karbohidrat ini meliputi pasta, beras merah, kentang, sereal gandum dan roti.

Lemak

Lemak adalah sumber energi yang sangat baik bagi anak-anak dan juga mudah disimpan di dalam tubuh mereka. Makanan yang memiliki kandungan lemak sehat seperti kacang-kacangan, produk olahan susu, daging, lemak ikan dan minyak nabati seperti minyak kelapa, minyak zaitun,  minyak kedelai serta minyak bunga matahari.

Kalsium

Untuk membantu membangun tulang dan juga gigi anak yang sehat, buah hati Anda butuh asupan kalsium selama dalam masa pertumbuhannya. Kalsium juga sangat penting untuk otot, saraf & fungsi jantung anak. Makanan yang kaya kalsium seperti sayuran hijau, es krim, susu, brokoli, tahu, yogurt, keju, kuning telur.

Zat Besi

Besi termasuk nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan buah hati Anda. Besi diperlukan dalam memproduksi hemoglobin, pigmen yang berfungsi membawa oksigen dalam darah & mioglobin, pigmen yang dapat menyimpan oksigen di dalam otot. Makanan yang memiliki kandungan banyak zat besi tersebut antara lain hati, kacang-kacangan, unggas, daging merah, polong-polongan, bayam & oats.

Serat

Asupan serat bagi anak yang cukup dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung & kanker di saat ia tumbuh besar. Makanan yang punya kandungan banyak serat seperti kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran, sereal gandum serta jagung.

Folat

Folat juga sangat penting bagi anak-anak Anda. Folat merupakan vitamin B yang sangat penting bagi perkembangan tubuh anak yang sehat & fungsi sel anak. Makanan yang kaya folat antara lain seperti sayuran yang berwarna hijau seperti bayam & brokoli, sereal gandum serta polong-polongan. Baca juga: 15 Makanan Anak Yang Sehat & Bergizi.

Itulah 7 nutrisi terbaik bagi kesehatan anak. Selama dalam masa pertumbuhan, anak-anak Anda membutuhkan banyak kandungan nutrisi bagi tubuh mereka. Dengan demikian, tubuh mereka dapat tumbuh dengan sempurna serta sehat di saat sudah besar nanti.

Tags: perkembangan anak

Related Post "7 NUTRISI TERBAIK BAGI KESEHATAN ANAK"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
4 PENYEBAB ANAK KURUS & BERAT BADANNYA SUSAH NAIK
Ada 4 penyebab anak kurus & berat
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang