TENYATA BAYI LEBIH CERDAS JIKA DEKAT DENGAN AYAH

Tahukah Anda bahwa ternyata bayi lebih cerdas jika dekat dengan ayah? Peran aktif dari seorang ayah dalam merawat buah hatinya sejak masa awal kelahirannya ternyata sangat dibutuhkan untuk dapat mendukung dan juga memaksimalkan potensi perkembangan si kecil di masa-masa emas pertumbuhannya, yaitu di usia 0 hinggga 4 tahun. Khususnya di waktu 0-6 bulan pertamanya, anak yang cukup mendapatkan perawatan dari ayahnya terbukti mempunyai nilai perkembangan motorik yang jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapat perawatan dari sang ayah.

Menurut data Pyramid of Learning (Willoam And Schellenberger) kematangan dari sistem saraf pusat & perkembangan optimal tujuh sistem sensorik jadi dasar bagi tercapainya perkembangan gerak, kognitif dan fungsi sensor yang akan berujung pada pencapaian intelektual majemuk. 7 sistem sensorik yang perlu distimulasi secara optimal yaitu stimulasi taktil, ini merupakan stimulasi yang berhubungan langsung dengan indera peraba yang berupa stimulasi rang-sang taktil lewat sentuhan & tekanan.

ternyata bayi lebih cerdas jika dekat dengan ayah

Image: www.singleparentcenter.net

Anne Gracia, seorang Praktisi Neurosains Terapan seperti dikutip dari laman Vemale.com menyebutkan bahwa satu hal yang pasti jika anak-anak mengenal sentuhan dari ibu & ayahnya, maka itu artinya susunan syaraf si kecil yang tertidur langsung akan terbangunkan, itulah yang namanya aktivitasi.

Selain itu, stimulasi dari penciuman yang berhubungan langsung dengan rang-sangan pada penciuman & aroma. Stimulasi visual yang berhubungan langsung dengan rang-sangan pada indera penglihatan. Kemudian juga auditori, yaitu yang berhubungan dengan rang-sangan pada bagian indera pendengaran.

Pada saat sang ayah membuka baju bayinya, sebaiknya jangan diam saja, tapi harus sambil komunikasi, misalnya saja dengan berbicara pada bayi, bicarakan hal-hal yang sederhana saja, misalnya seperti ayo sayang angkat tangannya ya, kemudian pada nadanya dibedakan, maka buah hati Anda akan mendengar dan juga mengetahui suara ibu & ayahnya.

Selanjutnya adalah stimulasi pengecapan, ini yang berhubungan dengan rang-sangan pada bagian indera pengecap. Vestibular ini berhubungan dengan rang-sangan pada keseimbangan tubuh anak dengan ayunan. Dan juga stimulasi propioseptif yang berhubungan langsung dengan rang-sangan pada setiap persendian tubuh.  Ya, ternyata bayi lebih cerdas jika dekat dengan ayah, karena kedekatan dengan Ayah mampu menstimulasi 7 sistem sensorik tersebut.

Jadi terdapat banyak hal yang dapat dilakukan oleh para orangtua sedini mungkin. Sering melakukan kebersamaan sedini mungkin ini akan sangat dibutuhkan bayi Anda. Misalnya saja seperti sejak dini sering memandikan bayi itu akan berdampak sangat bagus sekali bagi peran seorang ayah yang aktif. Baca juga: 5 Manfaat Ajaib Sentuhan Ibu Bagi Bayi.

Nah ketujuh sistem sensorik yang disebutkan di atas harus mendapatkan stimulasi tambahan juga dari sang ayah. Karena dengan seringnya seorang Ayah memberikan bantuan pada Bunda dalam merawat bayinya, secara tidak langsung akan memberi stimulasi maksimal yang dibutuhkan oleh ketujuh sensorik si kecil & terbukti ternyata bayi lebih cerdas jika dekat dengan ayah.

Tags: Merawat Bayi Perkembangan Bayi

Related Post "TENYATA BAYI LEBIH CERDAS JIKA DEKAT DENGAN AYAH"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa