7 TIPS AGAR ANAK TIDAK KETERGANTUNGAN GADGET

7 tips agar anak tidak ketergantungan gadget ini perlu diperhatikan para orang tua di zaman modern saat ini. Sekarang ini, semua orang sudah tentu mengikuti pesatnya perkembangan teknologi dan tidak dipungkiri hampir semuanya punya smartphone ataupun gadget. Bukan cuma orang orang yang cukup umur saja yang memilikinya, namun para orang tua yang memiliki harta berlebih biasanya sudah membelikan sebuah gadget canggih bagi anak-anak mereka.

Sisi negatifnya, anak menjadi ketergantungan dalam main gadget dan sering lupa dengan hubungan sosial yang sebenarnya perlu di bangun saat masa kanak-kanaknya. Nah, untuk dapat mencegah anak dalam mengalami ketergantungan pada gadget, ada baiknya para orang tua mulai perhatian & melakukan 7 tips agar anak tidak ketergantungan gadget ini di rumah ya.

7 tips agar anak tidak ketergantungan gadget

Image: www.femalefirst.co.uk

Ketahui alasan mereka suka gadget

Pertama, tanyalah tentang alasan mereka menyukai gadget. Jangan pernah menjadi salah satu dari orangtua yang terlalu mendukung pemakaian gadget dengan alasan tidak dapat memberikan perhatian yang cukup pada anak. Dengan perlahan, ini juga menjadi cara anak Anda untuk lari dari realita & tidak bisa menghadapi problema kehidupan sosial dengan baik nantinya.

Support anak melakukan aktivitas outdoor

Mintalah anak Anda bermain di luar rumah dengan teman-temannya atau dengan anak-anak lainnya. Melakukan kegiatan outdoor atau bermain akan membangun kebugaran mental anak dan fisinya, terutama apabila mereka bermain dalam kelompok. Baca juga: Manfaat Bermain Outdoor Bagi Kecerdasan Juga Kesehatan Anak.

Batasi waktu anak main gadget

Untuk anak-anak yang lebih besar, mungkin mereka membutuhkan sebuah gadget untuk mendukung pendidikan yang mereka sedang tempuh, misalnya seperti mencari berbagai bahan atau materi tambahan untuk tugas sekolah mereka. Berilah waktu untuk hal tersebut, namun tetap batasi. Anak harus diberi batasan spesifik tentang berapa lama dia boleh memegang gadgetnya dan diajari berdisiplin menggunakan barang-barang yang belum seharusnya dia miliki.

Sediakan permainan fisik

Permainan fisik yang dimaksudkan adalah permainan yang dapat menuntut mereka untuk bermain secara fisik, misalnya seperti lompat tali, bermain boneka, main masak-masakan, main robot-robotan, mewarnai, menggambar dan lainnya yang membuat mereka dapat aktif secara fisik & lepas dari gadgetnya. Baca juga: 6 Tips Memilih Mainan Edukatif Anak.

Kembangkanlah hobi anak

Akan lebih baik apabila anak Anda menunjukkan ketertarikannya dalam suatu bidang. Hal tersebut bisa dijadikan sebuah hobi yang dapat menjauhkan anak Anda dari gadget. Anak tentu akan lebih antusias lagi dengan menekuni hobinya tersebut daripada menghabiskan waktunya dengan gadget. Dukunglah dan fasilitasi anak Anda untuk dapat melakukan hobinya.

Ajarkan anak keterampilan

Ada berbagai keterampilan seni ataupun olahraga yang dapat membantu fisik motorik dan juga kognitif anak sehingga buah hati Anda lebih kreatif dan memiliki hubungan sosial yang baik. Ajaklah anak untuk dapat membuat barang-barang yang bisa dibuatnya sendiri, ataupun berlatih berenang, les musik atau lain sebagainya untuk dapat mengembangkan bakat dan juga kemampuannya.

Ajak anak piknik atau berlibur ke alam

Sesekali ajaklah anak untuk lebih dekat lagi dengan alam agar ia menyadari bahwa isi dunia ini sangatlah indah & ada berbagai hal yang dapat di eksplor selain hanya berkutat dengan gadgetnya. Biarkanlah anak-anak Anda menikmati waktunya untuk bermain di alam dan agar dapat menemukan banyak hal penting yang belum pernah ia alami. Baca juga: Dampak Negatif Video Game Bagi Anak.

Itulah 7 tips agar anak tidak ketergantungan gadget. Ada berbagai alternatif permainan & kegiatan yang jauh lebih asyik & seru di luar sana dibandingkan hanya memandang layar gadget saja. Bukannya anak tidak boleh mengenal teknologi gadget dengan lebih dekat, tapi alangkah baiknya apabila waktu yang dihabiskan anak Anda dengan gadget tidak lantas malah merusak interaksinya dengan teman-temannya dan merenggut waktu bermainnya dengan anak-anak lain.

Related Post "7 TIPS AGAR ANAK TIDAK KETERGANTUNGAN GADGET"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang