4 MASALAH IBU SAAT MERAWAT BAYI BARU LAHIR

4 masalah ibu saat merawat bayi baru lahir ini seringkali dialami, terutama oleh para ibu baru. Ketika mempunyai bayi untuk yang pertama kalinya, biasanya akan terdapat beberapa hal yang membutuhkan penanganan khusus. Di saat bayi berusia belum genap satu minggu, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui.

Jika dalam tulisan sebelumnya tentang 50 perlengkapan bayi baru lahir Anda harus memilih keperluan si kecil saat baru dilahirkan, maka dalam merawatnya setidaknya ada 4 masalah ibu saat merawat bayi baru lahir & penting untuk diketahui. Berikut penjelasannya.

Waktu Tidur Bayi

Bayi yang baru lahir bisa tidur lelap selama 20 jam per harinya. Namun waktu 20 jam tersebut bukan waktu untuk dis sekali tidur. Artinya, bayi Anda bisa tidur dan juga bangun beberapa kali di dalam sehari. Sebagai ibu, tentu hal ini bisa saja sangat mengganggu. Apabila Anda tidak dapat tidur dengan waktu ataupun jam yang lompat-lompat, mungkin Anda dapat meminta bantuan kepada orang terdekat. Misalnya saja Anda dapat meminta bantuan pada suami dan juga ibu Anda untuk dapat bergantian jaga agar Anda bisa mendapatkan waktu untuk tidur yang tepat dan juga bisa segar kembali di saat terbangun. Baca juga: 9 Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari.

4 masalah ibu saat merawat bayi baru lahir

Image: www.wholeparent.com

Menenangkan Bayi

Kebanyakan bayi yang baru lahir biasanya akan sering rewel. Salah satu penyebab rewelnya adalah karena terdapat perubahan suasana. Setelah sebelumnya si kecil berada di dalam kandungan untuk waktu selama beberapa bulan lamanya dan sudah merasa nyaman, kemudian harus keluar & menghirup udara dunia, maka dia harus kembali beradaptasi. Baca juga: 50 Fakta Penting Bayi Baru Lahir Yang Menakjubkan.

Cara untuk menenangkan bayi Anda yang rewel adalah mencoba untuk dapat membuat suasana yang nyaman untuknya, misalnya seperti mengayun-ayun tubuhnya atau menggendongnya dengan sisi miring & membiarkan si kecil menghisap jari Anda. Atau bisa Anda coba untuk memakaikan sebuah baju hangat pada bayi dan kemudian membawanya keluar rumah agar ia mendapatkan udara yang segar. Baca juga: Cara Memahami Arti Tangisan Bayi.

Memandikan Bayi

Memandikan bayi ini bisa menjadi kegiatan yang paling menjadikan seorang ibu muda merasa grogi dan juga dipenuhi rasa khawatir. Untuk dapat mengatasinya cobalah Anda untuk tetap tenang & melakukannya dengan perlahan. Gunakanlah spons mandi yang lembut untuk memandikan bayi Anda. Letakkanlah semua alat-alat mandinya dalam sebuah tempat yang mudah untuk dijangkau ataupun diraih. Pada saat sudah selesai memandikannya, balutlah si kecil Anda dengan handuk. Baca juga: 11 Langkah Memandikan Bayi Untuk Ibu Pemula.

Sembuh dari Rasa Sakit Pasca Melahirkan

Agar dapat cepat sembuh dan kemudian fokus dalam mengembalikan kekuatan tubuh Anda, sebaiknya jangan ragu untuk dapat meminta bantuan kepada orang-orang terdekat Anda. Delegasikanlah pekerjaan rumah tangga Anda ke orang lain sehingga Anda dapat tetap fokus dalam menjalani proses kesembuhan Anda. Karena merawat bayi saja sudah merepotkan bagi ibu pemula saat pemulihan ini, jadi bagilah beban Anda dengan meminta bantuan orang lain. Baca juga: 20 Perawatan Dari Ujung Rambut Hingga Ujung Kaki Untuk Bayi Baru Lahir.

Itulah 4 masalah ibu saat merawat bayi baru lahir. Merawat bayi yang berusia belum genap seminggu mungkin bagi kebanyakan ibu baru akan terasa sangat berat & melelahkan. Namun, tidak perlu menjadikan hal tersebut sebagai beban, karena ternyata Anda tidak sendiri. Banyak ibu muda lainnya di luar sana juga mempunyai kesulitan serta tantangan yang sama dengan yang Anda hadapi.

Tags: Merawat Bayi

Related Post "4 MASALAH IBU SAAT MERAWAT BAYI BARU LAHIR"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa