5 MANFAAT BERMAIN CATUR BAGI ANAK

Tidak banyak yang tahu manfaat bermain catur bagi anak. Mengetahui cara untuk bermain catur pada kenyataannya mampu membantu seseorang dalam banyak hal di dalam kehidupannya. Pada saat  Anda menyadarinya, Anda mungkin akan segera mengajarkan anak untuk bermain permainan catur ini.

Nah jika Anda termasuk orang tua yang senang melihat buah hati belajar main catur dan sedang mengenalkannya, berikut adalah 5 manfaat bermain catur bagi anak.

Membuat anak berpikir kritis

Bermain catur membutuhkan keterampilan untuk berpikir kritis. Buah hati Anda perlu berpikir beberapa langkah ke depannya sebelum mulai berpindah. Terkadang sebagai orang tua Anda cukup sering memanjakan anak & berpikir juga untuk mereka. Apabila Anda mempunyai masalah untuk menarik sikap Anda tersebut yang telah terlanjur demikian, ajari saja mereka untuk bermain catur, hal ini nantinya akan membuat anak untuk belajar dan berpikir sendiri.

manfaat bermain catur bagi anak

Image: examinedexistence.com

Meningkatkan kemampuan otak anak

Saya tidak tahu dengan persis tapi ada sesuatu yang dinamakan dandrit otak yang dapat tumbuh dengan pesat pada saat anak-anak Anda terlibat dalam permainan catur. Baca juga: 13 Cara Mudah Memotivasi Belajar Anak.

Mengajarkan keterampilan hidup

Dengan bermain catur, buah hati Anda akan mampu mengembangkan cara berpikir analitis, sitetis dan juga keterampilan untuk dapat mengambil sebuah keputusan dengan tepat dan cermat yang dapat ia terapkan di kehidupan nyata.

Membuat anak punya pemikiran yang tinggi

Permainan catur mengharuskan para pemainnya harus berpikir tingkat tinggi, ini membantu anak Anda untuk menganalisis tindakan, konsekuensi dan juga memvisualisasikan kemungkinan di masa depan.

Melatih anak untuk disiplin

Salah satu bagian yang terbaik dari manfaat mengajarkan catur pada anak adalah catur ini mengajarkan anak Anda untuk lebih disiplin. Catur dapat mengajarkan anak cara untuk mengantisipasi & merencanakan masa depannya. Dan apabila mereka mampu merencanakannya dengan sangat baik, mereka akan dapat menerima imbalan dalam permainan catur. Apabila mereka tidak merencanakannya dengan cukup baik, maka mereka juga akan merasakan konsekuensinya dan dihukum. Baca juga: Cara Yang Tepat Dalam Menghukum Anak.

Bagaimana bunda? Sudah tahu mengenai manfaat bermain catur bagi anak dan pentingnya manfaat tersebut dimiliki oleh anak? Apabila sudah, segera saja ajarkan buah hati Anda permainan ini atau biarkan anak belajar di klub catur di sekitar Anda.

Related Post "5 MANFAAT BERMAIN CATUR BAGI ANAK"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang