OBESITAS TERNYATA MEMPERCEPAT PUBERTAS ANAK

Obesitas ternyata mempercepat pubertas anak. Ini merupakan fakta yang dihasilkan oleh studi ilmiah. Harus di akui bahwa obesitas saat ini telah menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling serius, bahkan menempati nomor 1 di dunia. Tren seseorang yang mengalami obesitas bagaikan sebuah virus penyakit yang begitu berbahaya sekali dalam penyebarannya.

Bukan cuma orang de-wasa, namun banyak balita sampai usia anak anak juga sudah mengalami obesitas ini sejak usia dini. Dan Anda juga harus mengetahui bahwa hal tersebut sangat berbahaya sekali. Bukan  hanya mampu menyebabkan munculnya berbagai penyakit yang serius, obesitas ternyata mempercepat pubertas anak Anda juga atau membuat anak-anak mengalami pubertas lebih dini.

Awalnya, pendapat seperti ini hanya dianggap sebagai sebuah mitos. Tapi sejak tahun 1997 silam, penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Herman Giddens et al berhasil menemukan bukti bahwa beberapa orang anak di Amerika Serikat telah mengalami pubertas pada saat awal memasuki sekolah dasar.

obesitas ternyata mempercepat pubertas anak

Image: www.tag-pictures.com

Hasil penelitian tersebut menyebutkan adanya sebuah hubungan timbal balik antara massa lemak dalam tubuh anak yang berlebih dengan pubertas dini. Lemak di dalam jumlah berlebih untuk ukuran anak usia pra-pubertas di dalam tubuh akan dapat memicu produksi hormon tertentu. Hormon tersebutlah yang kemudian dapat mempercepat pubertas si anak.

Lebih lanjut lagi, penelitian tersebut juga membuktikan bahwa mengonsumsi susu formula serta penambahan pada berat badan yang cepat di saat bayi yang membuat buah hati Anda tampak menggemaskan juga berhubungan erat dengan masa pubertasnya yang datang lebih cepat. Baca juga: 6 Tips Menghadapi Anak Yang Sedang Pubertas.

Cukup jelas fakta ilmiah bahwa obesitas ternyata mempercepat pubertas anak ini bukan? Sebenarnya, obesitas pada anak di usia dini mempunyai konsekuensi yang jauh lebih menyeramkan jika dibandingkan dengan timbulnya pubertas dini. Sudah cukup banyak penelitian yang membuktikan bahwa kegemukan di saat anak-anak akan berimbas juga pada kegemukan di usia de’wasa nanti. Oleh sebab itu, sebaiknya jagalah berat badan buah hati Anda agar tetap ideal dengan cara menerapkan pola makan yang baik dan juga pola hidup yang sehat.

Related Post "OBESITAS TERNYATA MEMPERCEPAT PUBERTAS ANAK"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
4 PENYEBAB ANAK KURUS & BERAT BADANNYA SUSAH NAIK
Ada 4 penyebab anak kurus & berat
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang