5 TIPS MENGATASI HOMESICK PADA ANAK BALITA

5 tips mengatasi homesick pada anak balita yang bisa diterapkan oleh Bunda pada si kecil ini cukup efektif. Kerinduan akan rumah sendiri atau homesick dapat dialami oleh siapa saja, termasuk buah hati Bunda. Meskipun dalam waktu yang relatif singkat, si kecil bisa mengalami hal ini, apalagi saat harus berjauhan dengan Anda. Misalnya saja ketika dititipkan ke daycare, saat pergi sekolah, atau saat dia menginap di rumah kerabatnya.

Jangan Bunda jangan khawatir berlebihan. Masalah rindu akan rumah ini bisa diatasi dengan cara & tips yang cukup mudah. Berikut 5 tips mengatasi homesick pada anak balita yang bisa Anda coba terapkan pada buah hati.

Tetapkan Jadwalnya

Apabila buah hati Anda menjadi sedih dan juga murung karena rindu akan rumah, cobalah atur jadwal kegiatannya. Anak Anda biasanya akan merasa lebih nyaman jika mengetahui apa sebenarnya yang akan terjadi nanti pada dirinya. Beritahukanlah kegiatan rutin apa saja yang harus ia lakukan, misalnya seperti sehabis makan, bermain, membuat sebuah prakarya, makan siang, bobo siang, jalan-jalan & bermain lagi.

5 tips mengatasi homesick pada anak balita

Image: www.abigailcristo.com

Jika buah hati Anda dititipkan ke tempat daycare, samakan saja jadwal harian si kecil di rumah dengan jadwal aktifitas rutin di daycare tersebut. Sementara jika terpaksa harus menginap di rumah salah satu kerabat tanpa bisa Anda dampingi, pastikan bahwa Anda menginformasikan mengenai jadwal hariannya tersebut kepada orang atau kerabat yang akan menjaganya.

Berikan Perhatian Ekstra

Peluk, ajaklah berbicara, atau mengusap punggung buah hati pada saat ia tampak gundah dikarenakan harus berpisah sementara dengan Anda cukup efektif. Hal tersebut akan membuatnya merasa nyaman & lebih percaya diri pada saat akan ditinggalkan. Dengan demikian, pikirannya tidak akan lagi tertuju kepada rumah dan buah hati Anda bisa nyaman untuk bermain di daycare atau di tempat lainnya. Harus dipahami bahwa rindu akan rumah kadang-kadang muncul karena buah hati Anda merasa bahwa hanya di dalam rumah dia dapat dengan bebas bertemu Anda.

Alihkan Kerinduan anak

Menyibukkan buah hati Anda akan membuat kerinduannya segera teralihkan. Apabila menginap di rumah kerabat, pastikanlah bahwa Anda membekalinya dengan beberapa mainan kesayangannya. Dan sekali lagi, selalu informasikan benda tersebut kepada orang atau kerabat yang akan mengasuhnya.

Penuhilah Kebutuhan Fisiknya

Pastikanlah bahwa Anda memenuhi berbagai kebutuhan fisik anak. Apabila ia lapar, mengantuk, atau merasa lelah, si kecil akan menjadi sangat rewel & rindu akan rumah.

Beri Kesempatan Untuk Menelepon

Informasikanlah nomor telepon Anda ataupun suami pada orang yang akan menjaga si Kecil. Apabila ia sedang merasa rindu, ajarkanlah untuk mengatakan hal tersebut pada pengasuh sementaranya, agar ia dapat menelepon Anda. Baca juga: 7 Tips Membangun Rasa Percaya Diri Anak Pemalu.

Nah itulah 5 tips mengatasi homesick pada anak balita Anda. Semoga saja si kecil akan lebih tegar saat harus berpisah sementara dengan Anda & tidak rewel lagi, lakukan dengan sabar & bertahap serta peenuh kasih sayang.

Related Post "5 TIPS MENGATASI HOMESICK PADA ANAK BALITA"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang