5 TIPS MEMAKAI BEDAK BAYI YANG BENAR

5 tips memakai bedak bayi yang benar bagi para Bunda ini mungkin tampak sepele, namun  hal ini sangat penting dan erat kaitannya dengan kesehatan buah hati Bunda. Apalagi jika Anda baru saja mempunyai momongan, informasi seperti ini diharapkan agar bisa membantu para Bunda baru dalam perawatan bayi kecilnya.

Apa saja tips yang harus diketahui para Bunda dalam membedaki bayinya? Berikut 5 tips memakai bedak bayi yang benar bagi para ibu pemula agar memberikan rasa aman dan nyaman kepada si kecil.

Jauhkan dari wajah bayi

Taburkan dulu bedak pada bagian telapak tangan Anda, namun jauhkanlah dari wajah si kecil agar terhindar dari terhirupnya bedak yang akan menganggu pernapasannya, bahkan yang yang paling parah bedak bisa masuk ke dalam paru-paru si kecil, setelah itu usap dengan lembut pada tubuh si kecil ya Bunda.

Tips memakai Bedak bayi

Image: www.theguardian.com

Pastikan kulit bayi kering

Saat Anda mengganti popok, pastikan bagian pan-tat & sela-sela lipatan pada kulit bayi Anda benar-benar kering. Anda juga dapat menepuk-nepuknya secara lembut. Hindarilah penggunaan bedak pada bagian pantat bayi, karena belum ditemukan bukti yang mampu menunjukkan bahwa bedak bayi bisa mencegah munculnya ruam popok. Untuk dapat mencegah ruam, sebaiknya Anda menggunakan krim, salep, ataupun jeli petroleum. Pastikan juga Anda mengolesny dengan tipis. Baca juga: Tips Mudah Menghilangkan Ruam Popok.

Hindari area ini

Selain pada daerah bokong bayi, sebaiknya di hindari juga menabur bedak di area gen!tal. Meskipun hingga sekarang masih jadi perdebatan, namun apabila terlalu sering bedak ditaburkan pada area tersebut bisa menyebabkan timbulnya iritasi pada kelam!n bayi atau dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemihnya.

Hindari area luka

Cek juga setiap jengkal kulit buah hati Anda. Jangan menggunakan bedak apabila ada area kulit yang terluka karena hal itu bisa mengakibatkan terjadinya peradangan lokal.

Selalu berhati-hati

Saat Anda ingin menggunakan bedak bayi untuk si kecil, pastikanlah tidak ada angin yang dapat mengembuskan bedak atau butirannya ke udara. Ini untuk dapat menghindari partikel bedak agar tidak terhirup bayi. Selain itu hindari juga meletakkan wadah atau kemasan bedak di dalam jangkauan si kecil untuk mengurangi risiko bedak tumpah & kemudian terhirup.

Itulah 5 tips memakai bedak bayi yang benar agar si kecil tetap aman dan nyaman. Meskipun tampak sepele, namun demi kasih sayang terhadap anak, tentu hal ini tidak boleh dilewatkan bukan?

Related Post "5 TIPS MEMAKAI BEDAK BAYI YANG BENAR"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
BAHAYA BEDAK BAYI & CARA AMAN MENGGUNAKANNYA
Bunda, ketahui bahaya bedak bayi dan cara
4 MANFAAT IKAN UNTUK MPASI BAYI, TIPS & RESEP
Bunda, ketahui 4 manfaat ikan untuk MPASI