5 CARA MENCEGAH GIGI BERLUBANG PADA ANAK BALITA

5 cara mencegah gigi berlubang pada anak balita ini perlu diperhiatikan para orang tua dalam menjaga kesehatan gigi si kecil. Apabila tidak menjaganya dengan baik, gigi balita bisa cepat rusak & kemudian membusuk atau yang sering disebut dengan gigi berlubang. Oleh sebab itu, para orangtua harus lebih serius memperhatikan kesehatan gigi si kecil agar terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan, terutama mengenai gigi berlubang.

Gigi berlubang sendiri merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang banyak dialami oleh anak-anak, terutama di usia 6 hingga 11 tahun dan pada remaja usia 12 hingga 19 tahun. Namun demikian, pencegahan harus dilakukan sejak balita. Berikut adalah 5 cara mencegah gigi berlubang pada anak balita yang perlu Anda ketahui.

cara mencegah gigi berlubang pada anak balita

Image: fasttoothacherelief.com

Rutin ke dokter gigi sejak dini

Sejak usia 1 si kecil tahun, Anda perlu membiasakannya untuk mengajak anak mengunjungi dokter gigi. Pencegahan sejak dini akan membuat anak terhindar dari berbagai masalah kesehatan gigi yang lebih serius. Baca juga: Tips Membujuk Anak Pergi Ke Dokter Gigi.

Selalu merawat kesehatan gigi

Anda bisa menyikat gusi dan gigi si kecil dengan lembut, gunakanlah air pada sikat gigi khusus bayi yang bertekstur lembut, atau hanya sekadar membersihkan gigi anak Anda dengan memakai kain lap yang lembut. Baca juga: 14 Tips Mudah Ajarkan Anak Menyikat Gigi.

Jangan membiasakan anak tidur sambil mengisap botol

Dokter anak dan dokter gigi telah memberi peringatan para orang tua agar tidak membiasakan bayi ataupun anaknya yang lebih tua untuk tidur siang sambil menghisap sebotol jus ataupun susu formula di mulutnya.

Cairan yang manis dalam botol bisa melekat pada gigi bayi serta menyediakan makanan untuk bakteri-bakteri yang hidup di dalam mulut. Bakteri akan menghasilkan asam yang bisa memicu penyebab gigi berlubang.

Hati-hati dengan obat dengan beragam rasa

Banyak obat-obatan untuk anak saat ini yang sudah diberi berbagai macam perisa. Apabila itu menempel di gigi, risiko rusaknya gigi juga akan naik. Antibiotik dan juga beberapa macam obat asma juga bisa menjadi sebab pertumbuhan yang berlebih dari kandida (ragi), ini dapat menyebabkan terjadinya infeksi jamur yang dinamakan sariawan mulut.

Oleh karena itu, setelah buah hati Anda minum obat yang berperisa, segeralah berikan segelas air minum agar anak  langsung berkumur. Cara ini akan menghindarkan plak untuk tidak semakin menumpuk pada gigi.

Gantilah botol dengan cangkir

Sejak dini, sebaiknya biasakanlah agar anak Anda selalu minum melalui cangkir ataupun gelas, bukannya botol. Hindari juga kebiasaan Anda memberikan jus buah bagi anak karena hal tersebut bisa menempel di gigi dan dapat meningkatkan risiko munculnya gigi berlubang.

Itulah 5 cara mencegah gigi berlubang pada anak balita. Biasakanlah sejak dini agar si kecil dapat terhindar dari bahaya gigi berlubang, karena akan merepotkan juga apabila si kecil sudah sakit dan uring-uringan karena giginya yang berlubang.

Related Post "5 CARA MENCEGAH GIGI BERLUBANG PADA ANAK BALITA"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
4 PENYEBAB ANAK KURUS & BERAT BADANNYA SUSAH NAIK
Ada 4 penyebab anak kurus & berat
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang