BAYI SERING MENJAMBAK RAMBUT, BAHAYAKAH?

Bayi sering menjambak rambut, bahayakah? Jangan coba-coba mendekati Hasni (bayi berusia 7 bulan) dengan rambut yang terurai apabila tidak ingin rambut Anda ditarik-tariknya. Setiap kali ada seseorang yang mendekat, terutama jika orang tersebut punya rambut yang panjang, tangan Hasni pasti akan begitu saja langsung terulur dan ‘menjambak’ Anda. Tangan mungil bayi tersebut mencengkeram dengan erat & menarik-narik, sambil diiringi dengan ocehan senang serta seringkali juga diwarnai oleh tawanya yang lebar & menggemaskan. Atau terkadang ia menjangkau rambutnya sendiri yang mulai tumbuh untuk dijambaknya.

Nah, jika bayi sering menjambak rambut, bahayakah? Atau haruskah Bunda merasa khawatir dengan kebiasaan si kecil tersebut? Sebetulnya, pada usia tersebut buah hati Anda belum benar-benar mengerti dengan apapun yang dia lakukan. Mungkin saja awalnya ia cuma sekedar merasa senang untuk bermainmain dengan rambut Bundanya yang terasa lembut di genggaman tangannya & berbau wangi. Hal tersebut membuatnya jadi merasa tenang dan juga nyaman. Lama kelamaan, si kecil akhirnya menjadi benar-benar merasa senang bermain-main dengan rambut punya siapa pun yang ada di dalam jangkauannya.

Bayi sering menjambak rambut, bahayakah

Image: www.popsugar.com

Alasan lainnya mungkin saja karena pada usia tersebut si kecil mulai belajar untuk mengeksplorasi dunia yang ada di sekelilingnya lewat sentuhan. Dia akan menyentuh apa pun, menggenggam serta memainkannya. Pada saat dia mendengar ada seseorang yang berteriak dan juga melihat sebuah ekspresi wajah berbeda pada saat dia menarik atau menjambak rambut seseorang, ia mungkin mengira hal tersebut lucu & menyenangkan. Pantaslah apabila dia malah tertawa-tawa kegirangan. Baca juga: Ini Dia Tips & Waktu Terbaik Bagi Bayi Untuk Disapih.

Nah terjawab sudah pertanyaan bayi sering menjambak rambut, bahayakah? Hal itu tidak ada efek bahaya bagi si kecil. Terkadang hal itu juga disebabkan oleh tindakan dari orang orang yang ada di sekitarnya. Mungkin saja, justru kakaknyalah yang sering iseng ‘menyodorkan’ kepalanya agar rambutnya dapat ditarik-tarik. Sang sang kakak kemudian pura-pura menjerit sambil dia mengusap-usap perut adiknya dengan menggunakan hidungnya. Itu juga bisa saja terjadi pada saat ia bercanda dengan Bunda, dengan Ayah, ataupun dengan pengasuhnya sendiri. Pantaslah apabila bayi Anda kemudian menjadi suka menarik atau menjambak rambut karena menganggap hal tersebut sebagai sebuah permainan yang sangat menyenangkan.

Related Post "BAYI SERING MENJAMBAK RAMBUT, BAHAYAKAH?"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini