6 TIPS MERAWAT BAYI KEMBAR & CARA MENGASUHNYA

6 tips merawat bayi kembar & cara mengasuhnya ini didedikasikan bagi Anda yang punya 2 momongan menggemaskan. Kita harus akui bahwa punya bayi satu saja tentu sudah cukup melelahkan. Lantas, bagaimana apabila bayinya ada 2 alias kembar? Wah, pasti rasa capek Anda lebih menumpuk. Ketakutan akan mengalami kelelahan ini tentunya tidak akan terjadi apabila Anda tahu bagaimana tips mengasuh & merawatnya.

IRT Ini Menghasilkan 38,7jt/bln via Internet 

Dia melakukannya dirumah sambil masak dan momong anak. Simak kisah lengkapnya..

 

>>oke saya mau<<

Seperti yang dikutip dari web babycenter.com, berikut ini adalah 6 tips merawat bayi kembar & cara mengasuhnya yang bisa Anda praktekkan. Siapa tahu bisa mengurangi rasa capek dalam mengurusi 2 bayi lucu Anda.

Buatlah jadwal yang sama bagi segala hal

Pastikanlah bahwa jadwal untuk memandikan, minum ASI serta jadwal lainnya dibuat secara bersamaan sejak bayi Anda baru lahir. Hal tersebut untuk memudahkan Anda dalam mengurusi berbagai hal lain. Misalnya saja pada saat keduanya tidur, Anda dapat membersihkan rumah. Apabila jadwal keduanya tidak dibuat sama, Anda nantinya akan terus menerus sibuk dengan mengurus buah hati dan tidak dapat melakukan hal-hal lain.

tips merawat bayi kembar

Image: lavdan.com

Menyusui disaat bersamaan

Untuk dapat menghemat waktu, berikanlah ASI untuk si kembar pada waktu yang bersamaan. Satu pada dada sebelah kanan & satunya di dada sebelah kiri. Untuk dapat membuat keduanya merasa nyaman, tempatkan saja mereka di dalam posisi yang nyaman. Tapi apabila Anda sendiri yang merasa kurang nyaman dengan cara menyusui 2 bayi di dalam waktu yang bersamaan, ada baiknya apabila salah satu bayi Anda disusui dengan memakai botol. Tempatkanlah mereka berdua di pangkuan Anda.

Tempat tidur yang sama

Pada saat bayi masih baru lahir, Anda dapat menempatkan bayi kembar pada tempat tidur bayi yang sama. Kebanyakan pengalaman para Bunda, bayi kembar akan dapat tidur dengan lebih nyenyak pada saat mereka tahu bahwa kembarannya ada di sampingnya. Di saat buah hati Anda mulai besar & mereka tidur dengan tingkahnya sendiri-sendiri, sudah waktunya Anda mulai memisahkan tempat tidurnya. Baca juga: 50 Daftar Perlengkapan Bayi Yang Baru Lahir.

Temukan perbedaan mereka

Yang tidak kalah pentingnya adalah membedakan buah hati Anda sejak dini. Punya dua bayi kembar membuat Anda perlu secepatnya menemukan perbedaan dari diri mereka sehingga Anda dapat ‘mengenali’ si kembar. Dengan bisa membedakan mereka, Anda juga dapat dengan mudah untuk membedakan tingkah laku si kecil.

Pastikan kesehatan pernafasannya

Hal lainnya mengenai bayi kembar yang harus Anda ketahui adalah bayi kembar biasanya berpotensi untuk mengalami gangguan pada pernafasannya. Hal tersebut dikarenakan paru-paru mereka yang masih belum berkembang dengan cukup baik. Jadi, di awal kelahirannya Anda harus segera memastikan apakah mereka kesulitan bernafas atau tidak. Baca juga: 20 Cara Merawat Bayi Yang Benar.

Nikmati saat merawatnya

Bayi kembar sebenarnya akan memudahkan hidup Anda. Memang pada masa awal kelahirannya, mungkin saja kesibukan Anda akan 2x lipat lebih berat. Tapi seiring dengan terus berjalannya waktu, keduanya akan tumbuh bersamaan & otomatis mempunyai teman bermain. Pada saat mereka sudah menginjak usia tiga tahun ke atas, kesibukan Anda otomatis akan mulai berkurang. Jadi nikmati saja saat – saat sekarang, karena moment yang membuat Anda lelah akan menjadi kenangan manis nantinya, toh tidak selamanya Anda disibukkan dengan mereka, bahkan mungkin Anda akan merindukan saat saat merawat mereka seperti sekarang ini nantinya. Baca juga: 50 Fakta Menakjubkan Bayi Baru Lahir.

Itulah 6 tips merawat bayi kembar & cara mengasuhnya. Meskipun trik ini hanya garis besarnya saja, namun Anda pasti sudah memahami bagaimana menangani buah hati kembar yang dianugerahkan Tuhan bagi Anda.

Tags: Bayi Baru Lahir Merawat Bayi

Related Post "6 TIPS MERAWAT BAYI KEMBAR & CARA MENGASUHNYA"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa