5 TIPS AGAR ANAK & BALITA TIDAK MUDAH SAKIT

5 tips agar anak & balita tidak mudah sakit ini harus jadi perhatian para orang tua. Karena jika sudah sakit, ini akan jadi kekhawatiran tersendiri bagi Anda. Apakah buah hati Anda di rumah gampang sakit? Hal tersebut membuat Anda sebagai orang tua merasa khawatir dengan kondisi kesehatannya?

Untuk dapat membuat tubuhnya menjadi lebih kuat, Anda perlu mengajarkan beberapa kebiasaan sehat padanya. Apa sajakah itu? Nah, berikut ini adalah 5 tips agar anak & balita tidak mudah sakit yang perlu Anda ajarkan pada buah hati Anda. Ini bisa membantu si kecil untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh & membuatnya tidak gampang sakit.

tips agar anak & balita tidak mudah sakit

Image: www.wmur.com

Perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran

Buah-buahan dan juga sayuran segar mengandung aneka fitonutrien, misalnya seperti karotenoid & vitamin C, yang bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh buah hati Anda. Buah-buahan dan juga sayuran yang segar seperti wortel, stroberi, bit, jeruk & kacang hijau juga bisa membantu untuk meningkatkan sel darah putih, yang berfungsi mencegah infeksi.

Pastikan anak tidur malam yang cukup

Kurang tidur dapat membuat buah hati Anda rentan pada berbagai infeksi dan juga penyakit. Pada saat anak atau balita Anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, sel imun dalam tubuhnya tidak bisa berfungsi dengan baik. Anak-anak selalu dianjurkan untuk tidur sedikitnya 10 jam sehari. Singkirkanlah semua perangkat yang dapat mengganggu tidur buah hati Anda, misalnya seperti televisi, alat musik, komputer dan lain-lain dari kamarnya.

Ajarkan dia hidup bersih sejak dini

Untuk dapat meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh buah hati Anda, ajarkanlah beberapa kebiasaan sehat sejak dini padanya. Ajarkanlah pada balita untuk selalu mencuci dulu tangannya setiap kali dia memegang sesuatu benda yang kotor atau saat baru datang dari luar rumah. Si kecil juga harus dibiasakan mencuci tangannya sebelum & setelah makan. Baca juga: 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Si Kecil.

Ajak si kecil olahraga

Anda perlu untuk membawa buah hati Anda ke area terbuka hijau dalam waktu sesering mungkin. Ajaklah dia untuk dapat berpartisipasi di dalam latihan fisik yang Anda lakukan seperti jogging, lari, berjalan kaki, bersepeda dan lainnya. Olahraga yang teratur mampu meningkatkan sel-sel di dalam tubuh buah hati Anda, yang dapat membuat imunnya semakin kuat dalam melawan berbagai infeksi kuman & virus.

Jangan terlalu bergantung pada antibiotik & obat

Sebagai orang tua, tentunya Anda mungkin ingin buah hati Anda cepat sembuh. Itu akan membuat Anda langsung saja membawanya ke dokter agar mendapatkan sebuah pertolongan medis. Tapi jangan terlalu sering juga memberikan obat kimia dan obat antibiotik pada anak Anda, sebab itu dapat menghilangkan kemampuan alami tubuhnya untuk dapat melawan infeksi kuman. Baca juga: Anak Suka Permen, Ini cara Menjaga Kesehatan Giginya.

Inilah 5 tips agar anak & balita tidak mudah sakit, ini  merupakan cara efektif dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh si kecil. Daripada nantinya si kecil mudah sakit, sebaiknya secara perlahan Anda mengajarkan kebiasaaan-kebiasaan sehat tersebut secara perlahan sejak dini.

Related Post "5 TIPS AGAR ANAK & BALITA TIDAK MUDAH SAKIT"

4 PENYEBAB ANAK KURUS & BERAT BADANNYA SUSAH NAIK
Ada 4 penyebab anak kurus & berat
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang
4 PENYEBAB BAYI TIDAK BISA TIDUR NYENYAK
Bunda, ada 4 penyebab bayi tidak bisa
7 MAKANAN AGAR ANAK TUMBUH TINGGI SECARA ALAMI
Pastikan si kecil mengonsumsi 7 makanan agar