5 HAL PENTING YANG HARUS DIAJARKAN PADA ANAK 4 TAHUN

5 hal penting yang harus diajarkan pada anak 4 tahun ini perlu untuk orang tua mulai tanamkan kepada anak mereka saat usianya memasuki 4 tahun, karena di usia ini si kecil sudah bisa berkomunikasi dengan cukup lancar dan kemampuannya dalam mengingat juga sudah cukup baik.

Pada usia ini juga anak-anak sudah mulai bisa berinteraksi dengan sangat baik dengan orang lain yang ada di sekitarnya. Jadi, disamping cara mendidik anak yang baik, hal penting apa saja yang tidak boleh terlewatkan & harus orang tua ajarkan pada buah hatinya pada saat menginjak usia tersebut? Inilah 5 hal penting yang harus diajarkan pada anak 4 tahun.

5 hal penting yang harus diajarkan pada anak 4 tahun

Image: bobishi.bigcartel.com

Ajarkan anak agar tidak mudah tersesat atau hilang

Tindakan yang harus diajarkan orang tua kepada anaknya adalah belajar tentang cara meminta bantuan kepada orang lain dan juga memberitahukan nama ayahnya atau ibunya saat tersesat. Selain itu, ajarkanlah anak Anda untuk dapat mengingat nomor telepon ayahnya, ibu, atau telepon rumahnya dan juga alamat rumah.

Ajarkan & beritahu anak bahwa tak semua orang asing itu berbahaya

Kita memang seringkali mengajarkan bahwa mereka perlu berhati-hati pada orang asing. Namun mereka juga harus tahu ciri-ciri umum dari orang asing yang kemungkinan tidak berbahaya. Misalnya saja seorang ibu ataupun bapak yang sedang bersama dengan anaknya, ataupun para petugas keamanan. Baca juga: 5 Tips Mudah Agar Balita Tak Gampang Sakit.

Ajarkan anak agar tidak menjadi korban pele-cehan

Buah hati Anda juga perlu diajarkan bahwa yang menentukan boleh atau tidak mencium, memeluk ataupun menyentuh bagian privasinya adalah mereka sendiri. Sehingga, si kecil boleh menolak apabila orang lain menyentuh atau memegang bagian-bagian tersebut. Pada intinya, tubuhnya ialah milik mereka pribadi & tubuh saya ialah milik saya pribadi.

Sebaliknya, anak-anak juga diajarkan untuk tidak boleh menyentuh bagian privasi orang lain. Orang tua juga sekaligus mengajarkan anak-anak agar tidak mengganggu bagian tubuh dari anak lain. Contohnya seperti cubitan, jotosan, tendangan atau lainnya yang bisa dikategorikan sebagai bullying. Lalu bagaimana jika ada orang lain yang dengan sengaja menyentuh beberapa bagian privasi tersebut? Ajarkanlah agar  si kecil berteriak dengan keras dan juga memberontak, serta agar berusaha untuk melarikan diri serta mencari bantuan terdekat.

Ajarkan anak agar tidak menerima makanan, minuman & pemberian orang asing

Anak-anak biasanya cenderung menyukai permen, es krim ataupun berbagai hadiah lucu. Ajarkan anak Anda bahwa tidak boleh menerima makanan & minuman pemberian orang yang tidak ia dikenal. Karena bisa saja makanan atau minuman tersebut telah mengandung obat-obatan berbahaya yang membuat dia tertidur serta tidak sadar. Ajarkanlah agar mereka hanya boleh menerima sesuatu atau pemberian dari orang asing hanya apabila sedang bersama ayah ataupun ibunya, ataupun kerabat yang lainnya & si kecil sudah kenal.

Ajarkan anak agar menolak bila diajak oleh orang lain

Banyak terjadi suatu hari ada seorang ibu atau bapak lain yang datang ke sekolah dan menjemput anak, namun ia tidak mengenalnya. Mungkin orang tersebut mengatakan bahwa orang tuanyalah yang meminta dia untuk menjemputnya. Ajarkan agar anak Anda tidak percaya dan agar segera menghubungi gurunya di sekolah, sehingga pihak sekolah bisa menghubungi Anda lebih dahulu. Baca juga: 10 Faktor Penunjang Kecerdasan Balita.

Itulah 5 hal penting yang harus diajarkan pada anak 4 tahun. tentu saja banyak hal penting lainnya yang harus Anda ajarkan pada buah hati. Lima hal di atas bisa Anda kembangkan sesuai dengan lingkungan tempat tinggal & aktifitas anak.

Related Post "5 HAL PENTING YANG HARUS DIAJARKAN PADA ANAK 4 TAHUN"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini