4 TIPS AMAN INTERNET BAGI ANAK

4 tips aman internet bagi anak ini sangat penting untuk diperhatikan orang tua di era digital seperti sekarang ini. Internet sekarang ini sudah bukan termasuk hal baru atau ha lasing lagi bagi anak-anak. Games dan juga berbagai hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan mereka seringkali butuh akses internet.

Namun, mungkin sebagai orang tua, Anda juga sering was-was jika membiarkan buah hati mengakses internet. Maraknya nncaman p*rnografi, cyber bully dan berbagai hal lainnya yang bersifat provokatif bisa saja jadi alasan bagi ketakutan Anda. Namun anak-anak tetap membutuhkan internet, banyak berbagai hal baik yang bisa mereka temukan dengan mengakses internet.

Tenang saja Bunda, berikut ini adalah 4 tips aman internet bagi anak agar dapat agar anak-anak Anda tetap aman saat mengakses internet, pastikan Anda sudah menerapkannya jika menyediakan akses internet di rumah bagi si buah hati.

4 tips aman internet bagi anak

Image: www.broadbandin.co.uk

Filter Content

Fitur pada search engine sebenarnya bisa Anda atur agar dapat memblokir berbagai situs yang tidak boleh diakses oleh anak-anak. Misalnya situs p*rno dan yang berbau provokatif.

Berteman di Sosial Media

Dengan menjadi teman di sosial media, Anda juga bisa memantau timeline akun sosial media anak-anak. Dari situ juga Anda bisa mengetahui dengan siapa saja dia berteman, apa yang sering mereka bicarakan, hal apa saja yang sedang dipikirkan atau hal disukai oleh anak Anda dan berbagai hal lain. Selain itu, pada beberapa sosial media, misalnya seperti facebook,  Anda juga bisa membuat sebuah grup pribadi khusus untuk anggota keluarga Anda.

Monitoring Software

Anda bisa memakai Internet Software Monitoring. Software sepeti ini akan terhubung langsung dengan email Anda, jadi Anda akan mengetahui situs apa saja yang sedang diakses, konten apa saja yang didownload dan juga percakapannya.

Bluetooth

Aturlah penggunaan bluetooth, supaya hanya bisa menerima kiriman file-file secara manual. Hal tersebut membatasi anak-anak Anda dari menerima berbagai kiriman file yang tak terduga. Baca juga: Plus Minus Facebook Bagi Anak.

Itulah 4 tips aman internet bagi anak, Anda juga harus menjelaskan kepada anak-anak mengenai fungsi internet & kenapa mereka diperbolehkan untuk menggunakannya. Jelaskan juga mengenai hal-hal yang dilarang atau tak boleh mereka lakukan disertai alasannya. Yakinkan anak-anak Anda agar mereka mau untuk terbuka kepada Anda mengenai internet tanpa harus merasa tertekan. Orang tua zaman sekarang memang tidak boleh kalah dengan anak dalam masalah iptek.

Related Post "4 TIPS AMAN INTERNET BAGI ANAK"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang