KAPAN WAKTU TERBAIK MENYAPIH ANAK BAYI?

Kapan waktu terbaik menyapih anak bayi? Pertanyaan tersebut sering diungkapkan oleh para ibu muda yang baru pertama kali memiliki momongan. Menentukan kapan si kecil perlu disapih, kadang kadang bukan sebuah keputusan yang mudah. Walaupun memang sudah waktunya, terkadang justru seorang bunda belum siap secara mental untuk menyapih buah hatinya.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan perhatikan mengenai kapan waktu terbaik menyapih anak bayi berdasarkan saran dari para ahli. Sesuaikan saja dengan kondisi yang Anda alami.

Ibu ingin menyapih, bayi belum siap

Alasan ibu ingin segera menyapih karena tidak dapat menikmati kegiatan menyusuinya, kelelahan atau karena sibuk bekerja.

Kapan waktu terbaik menyapih anak bayi

Image: prebabyblog.com

Saran dari ahli:

Apabila anak masih dalam rentang usia menyusui, pikirkanlah kembali apakah buah hati Anda perlu disapih? Jika alasannya tidak terlalu mendesak, tunda saja dulu niat menyapih. Jika Anda kurang menikmati aktifitas menyusui, atasi saja pencetus masalahnya. misalnya, bila put!ng ibu sakit, atasilah dengan cara menyusui yang benar. Jika kegiatan menyusui serasa membosankan, ubahlah jadi menyenangkan, misalnya sambil mendengarkan musik. Baca juga: Cara Menyususi Bayi Yang Benar.

Bayi ingin disapih, ibu belum siap

Anak sudah tidak tertarik lagi untuk minum ASI dari pay-udara & ingin minum dari gelas atau cangkir. Padahal Anda masih ingin menyusui & ASI Anda banyak.

Saran dari ahli:

Tunda saja penyapihan Anda dengan menciptakan suasana aktifitas menyusui yang tenang, jauh dari bebagai hal yang dapat membuyarkan konsentrasi si kecil. Apabila anak sudah dapat diajak berkomunikasi, berilah pengertian tentang manfaat ASI dengan mengunakan bahasa yang sederhana. Jika si kecil ingin tetap disapih, maka berpikirlah positif & jangan merasa sedih atau kecewa, karena hal itu dapat mengganggu kinerja hormon prolaktin & oksitosin sehingga akan menghambat produksi ASI Anda. Karena inisiatif-nya datang dari buah hati Anda, biasanya proses menyapih akan jadi lebih mudah. Tetaplah berikan ASI, tapi melalui cangkir. Baca juga: 8 Manfaat Inisiasi Menyusui Dini

Ibu dan bayi sama-sama tidak siap

Anjuran untuk menyapih anak datang dari pihak luar, bukan keinginan ibu ataupun anak. Misalnya saja, lingkungan yang menganggap anak sudah tumbuh besar sehingga perlu disapih.

Saran dari ahli:

Pemberian ASI ini dianjurkan hingga anak Anda berusia 2 tahun. Namun apabila ibu & anak masih nyaman, boleh saja terus dilanjutkan. Kekurangannya adalah anak Anda bisa menjadi manja, kurang mandiri dan tergantung pada ibunya serta kadang jadi bahan ejekan. Pada kasus ibu yang hamil lagi, keputusan untuk menyapih atau tidak tergantung juga pada kesehatan kandungan.

Penyapihan sementara

Hal ini bisa dialami seorang bunda yang mendapatkan tugas karena pekerjaannya, sehingga mau tidak mau harus meninggalkan anaknya. Atau bunda perlu minum obat sehingga ASI-nya ‘tercemar’ dan dokter menyarankan tidak boleh diminumkan pada bayi.

Saran dari ahli:

Jika Anda bepergian lama, lakukanlah penyapihan sementara, kemudian setelah itu relaktasi. Selama Anda pergi, si kecil minum ASI dari gelas atau cangkir. Begitu Anda kembali, anak bisa menyusu lagi dari pay-udara. Jika Anda menjalani pengobatan, ASI-nya tetap diperah tapi dibuang hanya untuk tetap menjaga produksinya. Setelah masa pengobatan selesai, lakukanlah relaktasi. Baca juga: 15 Cara Mudah Menyapih Anak Bayi .

Nah, terjawab sudah bukan pertanyaan kapan waktu terbaik menyapih anak bayi? Tentu saja Anda bisa menjalankan tips di atas sesuai dengan salah satu kondisi yang dialami berdasarkan saran para ahli.

Tags: Merawat Bayi perkembangan anak Perkembangan Bayi tumbuh kembang bayi

Related Post "KAPAN WAKTU TERBAIK MENYAPIH ANAK BAYI?"

5 CARA AGAR RAMBUT ANAK BAYI LEBAT & TEBAL ALAMI
5 cara agar rambut anak bayi lebat
7 TIPS & CARA MENGHILANGKAN BAU PADA BOTOL SUSU BAYI
Bagaimana cara menghilangkan bau pada botol susu
10 TANDA ANAK BAYI SEDANG TUMBUH GIGI
Bunda, 10 tanda anak bayi sedang tumbuh
4 TIPS JIKA BAYI TIDAK MAU MENYUSU PADA IBU
4 tips jika bayi tidak mau menyusu