6 CARA MENGENALKAN WARNA PADA ANAK BALITA

6 cara mengenalkan warna pada anak balita ini mungkin bisa dijadikan referensi bagi orang tua yang masih bingung bagaimana cara memulainya. Memang setiap orang tua punya tips tersendiri untuk mengajarkan anaknya tentang warna.

Mengenalkan berbagai warna sedini kepada si kecil akan membuat anak lebih mudah memahami ragam warna. Berikut 6 cara mengenalkan warna pada anak balita yang menyenangkan agar si kecil bisa belajar sambil bermain.

Sajikan makanan berwarna

Suguhkan bahan makanan yang punya aneka warna di atas piring makan buah hati Anda. Misalnya, wortel berwarna oranye, tomat berwarna merah, paprika berwarna kuning & roti berwarna cokelat. Bisa juga menggunakan selai stroberi ataupun satu sendok selai mangga. Pastikan bahwa Anda tidak selalu memakai warna-warna yang monoton atau itu itu saja. Cara ini akan membuat acara makan si kecil menjadi lebih kreatif serta informatif.

6 cara mengenalkan warna pada anak balita

Image: www.gryphonhouse.com

Mainan berwarna

Ajak si kecil untuk mengelompokkan mainan dan juga benda-benda lain dalam satu macam warna yang sama. Lakukanlah kegiatan ini selama dalam satu minggu, dengan ragam warna yang berbeda tiap harinya. Setiap kali si kecil mengumpulkan barang-barang tersebut, pastikan bahwa Anda memotretnya. Di akhir hari ke 7, cetaklah foto-foto yang sudah Anda ambil saat si kecil sedang bermain. Percayalah, bahwa anak akan sangat senang menyaksikan hasil kegiatannya selama seminggu itu. Baca juga: 10 Cara Mudah Ajarkan Anak Membaca.

Permainan tebakan

Saat sedang berada di mobil atau di manapun, Anda dapat melakukan sebuah permainan tebakan. Misalnya, menyebutkan nama dari benda-benda yang berwarna merah yang pernah kalian temui. Yang menebak dengan jumlah paling banyak dialah pemenangnya. Cara seperti ini akan menyenangkan untuk si kecil.

Ajak anak berbelanja

Jika memungkinkan, ajak anak Anda berbelanja dan mintalah dia untuk menemukan sayuran dengan warna tertentu. Anda bisa meminta dia untuk membeli beberapa jenis buah-buahan ataupun sayuran dengan warna favoritnya. Kegiatan tersebut akan membantu si kecil untuk mengidentifikasi warna dan juga varian yang berbeda dari berbagai barang kelontong, juga untuk meningkatkan rasa percaya dirinya. Baca juga: Manfaat Dahsyat Bermain Di Luar Rumah Bagi Kesehatan & Kecerdasan Anak.

 

Minta Anak Memilih Pakaiannya

Mintalah si kecil memilih pakaiannya untuk hari itu. Dan secara bertahap, minta anak untuk memilih baju dengan warna tertentu. Apabila anak sudah terbiasa, Anda dapat meminta dia untuk memilih padanan yang cocok untuk baju dan juga celana yang akan dipakainya. Baca juga: Tips Cerdas Ajarkan Anak Menulis.

Ajari tentang arti warna

Karena tiap warna itu berbeda-beda, ajari anak Anda mengenai makna warna. Misalnya, lampu lalu lintas. Jelaskan juga pada anak bahwa merah itu artinya tanda kendaraan harus berhenti, hijau artinya boleh berjalan & lampu kuning agar para pengendara berhati-hati. Kegiatan seperti ini akan membantu untuk mengembangkan keterampilan buah hati Anda.

Itulah 6 cara mengenalkan warna pada anak balita. Kemampuan tiap anak tentunya berbeda. Ada beberapa orang anak yang mulai mengenal warna pada saat mereka berusia 2 tahun, yang lainnya mungkin butuh lebih banyak waktu. Jangan pernah Anda memaksa anak agar dapat menghapal setiap warna serta artinya dalam waktu yang singkat. Ajari dengan lembut & penuh kesabaran!

Related Post "6 CARA MENGENALKAN WARNA PADA ANAK BALITA"

5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
5 TANDA PERKEMBANGAN ANAK BAYI YANG TERLAMBAT
Ada beberapa tanda perkembangan anak bayi yang
4 CARA MELATIH BAYI BELAJAR TENGKURAP
Bunda saat ini sedang mencoba cara melatih
CARA MENGETAHUI & MELATIH BAKAT TERPENDAM ANAK
Tahukah Anda bahwa ada cara mengetahui &