10 PANDUAN MEMILIH NAMA BAYI YANG UNIK

10 panduan memilih nama bayi yang unik ini bisa Anda pertimbangkan. Karena menyiapkan nama untuk buah hati yang akan lahir bukan hanya makna & keindahannya saja yang harus dipertimbangkan. Tapi ada beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan, karena nama nantinya akan disandang seumur hidup.

Untuk Anda yang saat ini sedag mencari nama bayi laki-laki ataupun nama bayi perempuan dan sudah menemukan banyak alternatif, sebaiknya pertimbangkan dulu 10 panduan memilih nama bayi yang unik ini agar tidak salah langkah.

Unik dan original

Secara umum, sebagaimana halnya seorang penyair serta seniman bagi karyanya, para orang tua juga harus memberi nama pada anaknya dengan sebuah nama yang unik serta original, agar mudah untuk diingat dan tentunya berkesan. Itulah sebabnya, kenapa dari masa ke masa para orang tua berusaha mencari sebuah nama yang original dan terdengar unik. Meskipun begitu, tentu saja ada orang tua yang memberi nama anaknya dengan pertimbangannya yang lebih konvensional, seperti memberikan nama bayi berdasarkan tradisi turun temurun, nama yang berkaitan dengan latar belakang budaya atau keyakinan.

10 panduan memilih nama bayi yang unik

Image: www.express.co.uk

Cari nama lebih awal

Apabila Anda dan juga pasangan merupakan keluarga muda yang memiliki kebebasan untuk menentukan nama si buah hati, Anda berdua harus mencari beberapa nama nama, mencoba memadu-padankannya dan bahkan mungkin mengkreasikan sebuah nama anak yang sama sekali baru. Masa hamil dan saat menanti kelahiran merupakan waktu yang tepat. Jangan sampai Anda terlanjur memilih tanpa melalui pertimbangan & pada akhirnya nanti buru-buru mengganti namanya lagi.

Masalah seputar nama

Memberikan nama untuk anak, orang tua bebas untuk mencari sumber ide, bebas berkreasi & memutuskan nama yang terbaik. Namun sebaiknya Anda berhati-hati, karena orangtua seringkali lupa dalam mempertimbangkan efeknya bagi anak. Beberapa hal yang juga perlu dipertimbangkan adalah nama buah hati Anda sebaiknya tidak menyulitkan anak nantinya dalam kehidupan & ia juga harus merasa nyaman dengan nama yang sudah Anda berikan. Baca juga: Daftar Nama Bayi Laki-Laki Islami & Artinya.

Mengikuti trend

Secara umum biasanya ada semacam tren, orang tua di masa kini memberi nama untuk anaknya berdasarkan sesuatu hal yang sedang in. Selain harus memikirkan nama lengkapnya, kadang-kadang orang tua juga sering kebingungan dalam pemberian nama kecil ataupu sebuah panggilan. Sebagian orang tua memang ada yang membuat nama panggilan anaknya berdasarkan penggalan atau merupakan singkatan dari nama lengkapnya. Namun tidak jarang orang tua membuat sebuah nama panggilan yang terdengar berbeda dari nama lengkap anaknya. Meskipun tidak mutlak harus mmiliki sebuah makna, tapi nama kecil juga perlu Anda pertimbangkan dengan cermat.

Aneka sumber

Para orang tua banyak yang mengakui bahwa inspirasi memberi nama buah hatinya itu penting. Jika Anda termasuk keluarga modern yang tidak lagi mengikuti tradisi dalam pemberian nama, Anda dapat mencarinya dari berbagai macam sumber.  Misalnya dari majalah, film, buku, iklan, kitab suci, dan lainnya.

Mewakili karakter

Pastikan arti dari nama anak Anda sebelum mulai memilih & memutuskan. Sebaiknya, nama juga mewakili karakter, makna serta asosiasi positif.

Cocok sepanjang masa

Meskipun nama yang Anda pilih untuk anak merupakan ‘ciptaan’ Anda sendiri, pastikanlah agar namanya akan cocok disandang si anak di semua tahapan perkembangan dan juga usianya.

Ejaan yang tepat

Pastikan bahwa ejaannama anak Anda nya tepat jika berasal dari bahasa asing dan tentunya yang untuk mudah dituliskan.

Jangan terlalu panjang

Hindarilah pemberian nama lengkap anak yang terlalu panjang, karena nantinya akan menyulitkan anak, misalnya saja dalam hal administrasi nantinya. Baca juga: Daftar Nama Bayi Perempuan Islami & Artinya.

Diskusikan

Diskusikan dulu gagasan Anda dengan pasangan. Ini tentu saja harus, karena namanya juga anak Anda berdua, jadi harus disepakati berdua juga bukan?!

Itulah 10 panduan memilih nama bayi yang unik untuk Anda yang sedang menanti hadirnya momongan di tengah keluarga. Semoga saja dengan beberapa tips di atas Anda bisa menemukan nama yang paling sesuai untuk si kecil nantinya.

Related Post "10 PANDUAN MEMILIH NAMA BAYI YANG UNIK"

5 CARA AGAR RAMBUT ANAK BAYI LEBAT & TEBAL ALAMI
5 cara agar rambut anak bayi lebat
7 TIPS & CARA MENGHILANGKAN BAU PADA BOTOL SUSU BAYI
Bagaimana cara menghilangkan bau pada botol susu
10 TANDA ANAK BAYI SEDANG TUMBUH GIGI
Bunda, 10 tanda anak bayi sedang tumbuh
4 TIPS JIKA BAYI TIDAK MAU MENYUSU PADA IBU
4 tips jika bayi tidak mau menyusu