GEJALA & CARA MENGATASI ALERGI SUSU SAPI PADA BAYI

Gejala & cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi ini harus diketahui oleh para orang tua agar selalu waspada dengan perkembangan bayinya. Alergi susu sapi adalah suatu reaksi yang berlebihan di dalam tubuh yang terjadi sebagai akibat dari pemberian susu sapi ataupun karena makanan yang memiliki kandungan susu sapi. Reaksi seperti ini bisa terjadi segera setelah si kecil minum susu atau cukup lambat.

Cara paling mudah untuk dapat mengetahuinya ialah dengan cara eliminasi & provokasi. Artinya dihindarkan dari paparan yang jadi penyebab alergi & dilihat apakah gejalanya menghilang atau tidak. Setelah Anda tidak melihat ada gejala, dicoba lagi untuk Anda berikan makanan atau minuman tersebut sedikit demi sedikit. Selengkapnya tentang hal ini silahkan membaca: Cara Mudah Mengetahui Alergi Makanan Pada Bayi.

Alergi susu sapi pada bayi

Image: healtharticles.work

Penyebab alergi susu sapi adalah kandungan protein yang ada di dalam susu sapi. Umumnya, gejala dari alergi susu sapi ini dikenali pada usia bayi 0 hingga 6 bulan, dan keluhan bisa saja muncul pada saat anak masih berusia 3 hari sampai berusia 1 bulan setelah ia minum susu. Pada bayi ada 3 sistem organ tubuh yang cukup sering terkena alergi ini, yaitu kulit, saluran pernapasan dan juga saluran pencernaan.

Gejala Alergi Susu Sapi Pada Bayi

Gejala yang tampak jika bayi terkena alergi ini adalah pada kulitnya kemerahan, kering serta bersisik. Pada saluran napasnya terjadi hidung tersumbat, batuk yang berulang, sesak, mengi dan lain-lain serta pada saluran cernanya seperti muntah, kolik, diare, konstipasi & pup berdarah.

Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Bayi

Apabila bayi Anda terdapat keluhan dan juga gejala seperti tersebut di atas, terlebih lagi pada usia 6 bulan pertama, maka kemungkinan ia terkena alergi susu sapi. Banyak dari orang tua yang merasa khawatir apabila anaknya mengalami alergi pada susu sapi.  Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi alergi susu sapi pada bayi seperti berikut:

Langkah utama untuk dapat mengatasi alergi ini ialah dengan menghindari paparan protein dari susu sapi pada diet bayi atau anak. Pada bayi yang masih diberi ASI eksklusif, ASI tetap harus diteruskan dan Anda jangan dulu mengonsumsi produk susu sapi dan produk turunannya pada berbagai makanan sehari-harinya hingga usia bayi 9 hingga 12 bulan atau minimalnya 6 bulan. Baca juga: Mengatasi Alergi Bayi Dengan Ikan.

Untuk bayi yang selalu mengonsumsi susu formula standar, sebaiknya gantilah susu formulanya dengan susu formula khusus dan diberikan hingga usia bayi 9 – 12 bulan atau minimalnya 6 bulan.  Pada bayi yang telah mengonsumsi makanan padat, hindarilah pemberian protein susu sapi di dalam makanan yang jadi pendamping ASI (MPASI). Baca juga: Tips Cerdas & Sehat MPASI Untuk Bayi.

Bawalah segera anak ke dokter jika ditemukan gejala atau tanda yang berat serta tidak respon terhadap terapi rumahan yang diberikan, apalagi jika sampai mengancam nyawanya atau mengganggu pada tumbuh kembangnya.

Itulah Gejala & cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi. Mungkin ada diantara orang tua yang bertanya apakah alergi ini bisa hilang seiring dengan terus bertambahnya usia si kecil? Benar, alergi susu sapi ini bisa hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia anak Anda.

Tags: bayi sehat

Related Post "GEJALA & CARA MENGATASI ALERGI SUSU SAPI PADA BAYI"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa