6 CARA MENGATASI DEMAM ANAK DI MUSIM HUJAN

Bunda harus tahu tentang 6 cara mengatasi demam anak terutama saat musim hujan tiba. Karena pada saat musim hujan, kesehatan si kecil harus selalu dipantau dengan ketat oleh orangtua. Banyak virus dan juga bakteri yang sering datang di musim hujan. Penyakit yang seringkali jadi langganan di musim hujan ialah pilek, batuk serta flu. Dan tidak jarang juga demam ringan sampai demam berbahaya bisa menyerang Anda juga keluarga.

Usia anak-anak merupakan usia yang rentan sekali terhadap segala macam penyakit, salah satunya demam. Tidak jarang juga orangtua yang mengalami kekhawatiran ketika anak demam tinggi di saat musim hujan. Pada saat anak mengalami demam yang tinggi, vemale.com menyarankan Bunda untuk mengikuti 6 cara mengatasi demam anak seperti berikut ini.

cara mengatasi demam anak

Image: theorangetreedaynursery.co.uk

Cari Tahu Suhu Anak

Cari tahu dulu suhu anak dengan tenang memakai termometer. Pastikan Anda telah mengambil suhu yang benar di dalam tempat yang benar juga. Tempat yang paling baik untuk mengetahui suhu tubuh si kecil adalah mulut, ketiak & lipatan siku tangannya. Pada saat Anda telah mengetahui bagaimana suhunya, maka Anda bisa memutuskan pertolongan pertama apa bagi anak.

Kompres Dahi Anak

Bagi sebagian orang, mengompres anak adalah hal sepele. Tapi jangan salah, mengompres dahi si kecil merupakan pertolongan pertama yang harus dilakukan untuk dapat menurunkan suhu demam anak. Gunakanlahlah air dingin untuk dapat mengompres anak.

Pastikan Anak Cukup Minum

Demam pada tubuh mampu mempengaruhi cairan di dalam diri anak. Usahakanlah agar anak Anda bersedia minum cukup ketika dirinya demam. Dengan asupan air yang cukup, sirkulasi cairan yang ada dalam tubuh & bakteri penyebab panas bisa ikut terbuang bersama dengan keringat ataupun urin.

Bawa Ke Dokter Anak

Ketika anak Anda mengalami panas tinggi di dalam kurun waktu lebih dari sehari semalam atau 24 jam, jangan pernah ragu untuk membawanya ke dokter anak. Dokter anak bisa memeriksa anak dan juga memberikan resep yang tepat untuknya. Baca juga: 3 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak

Berikan Pakaian Hangat

Pastikan anak Anda menggunakan pakaian yang hangat di saat musim hujan apalagi ketika tidak enak badan. Dingin dikarenakan hawa musim hujan ataupun pendingin ruangan, bisa saja merupakan pemicu yang menyebabkan kekebalan tubuh anak berkurang sehingga buah hati Anda  mengalami demam.

Kebersihan Makanan & Tubuh

Kebersihan makanan dan juga tubuh sangat perlu untuk dijaga di musim hujan. Ketika anak demam pastikan untuk memberinya makanan yang bernutrisi dan juga harus bersih. Meskipun di dalam keadaan demam, anak Anda juga harus selalu dijaga kebersihan tubuhnya. Tidak usah mandi untuk dapat menjaga kebersihannya, cukup saja dengan mengelap tubuh si kecil menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan menggunakan air hangat. Baca juga: 15 Makanan Sehat & Penting Untuk Anak

Itulah 6 cara mengatasi demam anak di saat musim hujan. Kesehatan si kecil harus terus dipantau ketat oleh para orangtua. Banyak virus dan juga bakteri yang seringkali datang di musim hujan, jadi Anda harus selalu waspada, jangan lupa tetap memberi asupan nutrisi yang baik pada anak.

Related Post "6 CARA MENGATASI DEMAM ANAK DI MUSIM HUJAN"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
4 PENYEBAB ANAK KURUS & BERAT BADANNYA SUSAH NAIK
Ada 4 penyebab anak kurus & berat
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang