5 BUAH TERBAIK UNTUK BAYI 6 BULAN & RESEPNYA

5 buah terbaik untuk bayi 6 bulan & resepnya ini merupakan jenis buah-buahan yang mengandung vitamin dan juga mineral yang nyaris lengkap. Oleh karena itu, buah-buahan apapun yang baik bagi kesehatan sebaiknya mulai dikenalkan kepada anak sedini mungkin. yaitu, setelah pemberian ASI secara eksklusif 6 bulan.

Saat mulai memberikan MPASI atau makanan pendamping ASI yang pertama, sayur dan buah merupakan jenis makanan yang harus Anda coba berikan bagi si buah hati. Karena hal ini akan bermanfaat hingga dia besar nantinya. Berikut 5 buah terbaik untuk bayi 6 bulan dan resep penyajiannya yang bisa Anda coba di rumah.

Pisang

Buah ini diberikan untuk bayi 6 bulan ke atas.  Kandungan gizi utama yang terdapat dalam pisang antara lain kalium, fosfor, asam folat dan vitamin A. Ide penyajiannya bisa dengan mengupas kulit pisang, kemudian keruk daging buahnya dan sajikan secara langsung kepada bayi.

5 buah terbaik untuk bayi 6 bulan & resepnya

Image: www.globalcitizen.org

Alternatif lainnya adalah membuat pure pisang. Caranya potong-potong dulu daging buah pisang, setelah itu tambahkan air dari perasan jeruk beberapa sendok saja untuk memberi rasa segar serta untuk memperlambat perubahan dari warna pisang. Kemudian masukkan ke dalam blender & tuangkan ASI ataupun susu formula. Blender hingga halus dan sajikan untuk si kecil. Baca juga: Contoh Jadwal Makan MPASI Bayi Berusia 6 Bulan

Jeruk

Buah ini juga untuk bayi 6 bulan ke atas. Kandungan gizi utama yang terdapat dalam jeruk adalah kalium, asam folat, vitamin c, kalsium, vitamin A dan juga serat. Ide atau resep penyajiannya cukup cuci bersih buah jeruknya, kupas kemudian peras & saring airnya. Berikan pada si kecil. Jeruk juga dapat dijadikan sebagai pemanis yang sangat menyegarkan pada aneka pure buah. Baca juga: 5 Resep Bubur Bayi 6 Bulan Terbaik

Apel

Apel sangat baik untuk makanan bayi 6 bulan ke atas. Kandungan gizi yang utama dalam kalium, magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A & vitamin C. Ide penyajiannya bisa dengan membuat pure apel.

Caranya setelah apel di cuci bersih, kupas kulit apel, kemudian potong kecil-kecil. Masukkan potongan apel ke dalam panci, tambahkanlah air hingga potongan apelnya terendam. Rendam apel hingga lunak. Angkat dan blender hingga lembut sebelum disajikan untuk bayi. Jika bayi sudah berusiar 8 bulan, Anda boleh menambahkan sereal dan juga kayu manis sebagai varaisi serta tambahan rasa baru.

Pir

Buah ini tak kalah baik untuk bayi 6 bulan ke atas. Kandungan gizi yang dimiliki buah ini antara lain kalium, kalsium, fosfor dan vitamin C. Ide penyajiannya bisa dengan membuat pure pir. Caranya mudah saja, cuci bersih buah pir, kemudian kupas kulitnya. Potonglah kecil-kecil daging buahnya & kukus hingga lunak. Blender hingga halus sebelum disajikan.

Pure pir ini bisa juga dicampur dengan pure apel. Untuk bayi dengan usia 8 bulan, bisa juga ditambahkan sereal supaya pure ini menjadi padat. Baca juga: 5 Resep Kreatif Buat Si Kecil Usia 6 Bulan.

Tomat

Tomat ini bisa disajikan untuk bayi 8 bulan ke atas.  Kandungan gizi dalam tomat antara lain protein, serat, fosfor, kalisum, kalium, magnesium, vitamin A, natrium & asam folat. Ide penyajiannya bisa dibuat saus tomat.

Caranya cuci bersih tomat dan rebus sampai empuk di dalam panci dengan tambahan air secukupnya hingga kulitnya mudah untuk dikupas. Setelah dikupas, potong tomat jadi 4 bagian. Blender saja hingga halus, kemudian saring menjadi saus tomat. Untuk variasi rasanya dapat Anda tambahkan air jeruk. Saus tomat juga bisa disajikan bersama dengan pure kentang ataupun sayuran.

5 buah terbaik untuk bayi 6 bulan dan resep penyajiannya yang bisa Anda coba di rumah. Semoga si kecil suka dan makin sehat dengan asupan buah-buahan yang memiliki kandungan gizi terbaik bagi perkembangan mereka.

Tags: Merawat Bayi

Related Post "5 BUAH TERBAIK UNTUK BAYI 6 BULAN & RESEPNYA"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa