TIPS & CARA MENGASUH BAYI BARU LAHIR – 4 BULAN

Tips & cara mengasuh bayi baru lahir hingga 4 bulan ini akan sangat bermanfaat bagi ibu baru yang akan atau baru melahirkan anak petamanya. Menjadi ibu memang sebuah anugerah yang sangat indah bagi setiap wanita. Apalagi di saat pertama kali menyaksikan si buah hati yang baru saja lahir ke dunia ini, Anda pasti akan merasa sangat bahagia. Hal berikutnya yang Anda pikirkan adalah bagaimana cara mengasuh dan juga mendidik buah hati Anda.

Bagi Anda yang baru menjadi seorang ibu baru, mengasuh si kecil adalah sebuah pengalaman baru dan tidak jarang membuat Anda jadi merasa bingung. Nah untuk dapat membantu para Bunda, berikut ini merupakan tips & cara mengasuh bayi baru lahir hingga 4 bulan dari web thebump.com.

0 Bulan: Berayun-ayun

Di usia si kecil yang masih sangat dini ini, bayi Anda sangat suka jika berada di dalam pelukan hangat sambil diayun ayunkan. Anda dapat menggendong buah hati Anda sambil mengayun ayunkannya ataupun dengan membuat sebuah ayunan kecil untuk bayi Anda sambil menyanyikan lagu yang menenangkan saat ia diayun-ayunkan. Kegiatan seperti ini mampu meningkatkan kekuatan tulang dan juga otot bayi, namun jangan lupa untuk mengayunnya dengan pelan ya Bunda. Baca juga: 50 Fakta Bayi Baru Lahir Yang Menakjubkan.

Cara mengasuh bayi

Image: itcolossal.com

1 Bulan: Menggendong Bayi

Ketahuilah bahwa bayi Anda sangat suka dengan kontak antar kulit yang membuatnya jadi merasa hangat dan juga nyaman, apalagi jika hal ini dilakukan dengan orangtuanya. Tapi, Anda tentu tidak ingin juga kalau seharian bermain di kasur bersama dengan si kecil bukan? Oleh karena itu, Anda dapat menggendong bayi sambil melakukan berbagai macam aktivitas lainnya sehingga bayi Anda juga dapat mengenal dunia yang ada di sekitarnya. Baca juga: Cara Menggendong Bayi Yang Benar.

2 Bulan: Jalan-jalan

Saat baru lahir, tentu saja penghlihatan bayi masih sangat terbatas dan akan terus berkembang hingga di usianya memasuki 2 bulan. Di usia inilah si kecil sudah mulai mengenal dan juga tertarik berbagai macam warna yang berada di sekitarnya. Anda dapat menggambar berbagai bentuk sederhana di atas sebuah kertas sambil menyebutkan warna apa yang sedang digunakan. Selain itu, Anda juga bisa mengajak buah hati untuk jalan-jalan serta melihat berbagai objek yang menarik.

3 Bulan: Bermain Bola

Bayi Anda membutuhkan ‘tummy time’ untuk dapat menguatkan otot-otot yang terdapat di bagian di perut, leher serta punggungnya, namun kebanyakan bayi ternyata tidak suka jika saat ia tidur menghadap ke bawah. Nah, Anda dapat mencoba meletakkan bayi di atas sebuah bola sambil memeganginya serta mengayunkannya ke arah depan, belakang, kanan dan juga kiri. Letakkanlah mainan di sekitarnya sehingga bayi Anda akan tertarik untuk dapat meraih mainan tersebut. Baca juga: 5 Macam Permainan Bayi 1-3 Bulan Yang Edukatif.

4 Bulan: Membuat Suara

Memasuki usianya yang ke 4 bulan, buah hati Anda sudah mulai berusaha untuk membuat suara untuk mengungkapkan sesuatu yang dia inginkan. Andadapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengenalkan pada si kecil tentang suara atau kata-kata apa saja yang hampir mirip dengan yang dia ucapkan. Misalnya seperti saat si kecil bersuara da-da-da-da, maka Anda bisa menjawab dengan ‘Wah, adek lagi manggil Bunda ya.’ Baca juga: 5 Jenis Pemainan Bayi Edukatif Usia 3-6 Bulan.

Itulah tips & cara mengasuh bayi baru lahir hingga 4 bulan yang bisa Anda coba terapkan. Tentu saja Anda bisa mengembangkannya dengan kreatifitas sendiri untuk memaksimalkan stimulasi motorik si kecil.

Tags: Bayi Baru Lahir Merawat Bayi

Related Post "TIPS & CARA MENGASUH BAYI BARU LAHIR – 4 BULAN"

4 TIPS JIKA BAYI TIDAK MAU MENYUSU PADA IBU
4 tips jika bayi tidak mau menyusu
PENYEBAB BERAT BADAN BAYI TIDAK BERTAMBAH NAIK
Berat badan bayi tidak bertambah naik juga?
USIA BERAPA BAYI BOLEH TIDUR MEMAKAI BANTAL?
Usia berapa bayi boleh tidur memakai bantal?
17 NAMA BAYI TERPOPULER DI TAHUN 2017
Apa saja nama bayi terpopuler di tahun